ABOUT THIS BLOG

Hayo.. pada kepo kan pengen tau tentang blog ini lebih dalam yah.. sedalam cintaku padamu??? hehehe.. Gak apa-apa kok.. TK senang kalau kalian pada kepo.. hahaha so apa sih yang kepengen kalian tahu tentang blog ini? kalau ada pertanyaan bisa kalian taruh di comment di bawah yah... Nanti TK pasti jawab.. oke TK ceritain singkat tentang blog ini deh yah...

Jadi Blog ini TK buat pertama kali pada tanggal 29 Maret 2009, dan sejak pertama kali dibuat, blog ini sudah mengalami banyak sekali perubahan... tentunya TK berharap semakin kesini semakin baik....

Berawal dari liat temen-temen kos (semasa kuliah dulu) yang cerita2 tentang hobi baru mereka menulis blog... akhirnya TK merasa penasaran dan beli buku cara nge-blog... dan buat deh... ternyata TK menemukan diri TK di sini... dan sejak itulah karir TK di dunia perblogan di mulai... dari ga ada yang baca sampe ratusan orang yang baca perharinya (dilihat dari statistiknya.... terharu lagi.....)

Oke... Karena sekarang sudah banyak yang mengenal TK... terutama teman2 pembaca blog ini... pasti pengen tau dong perjalanan blog ini kaya apa??? terutama dari segi tampilannya... yuu kita telusuri....

Pertama kali buat blog (29 Maret 2009) TK menggunakan header ini:


tampilannya kurang lebih kaya gini:


Hahahahah... polos banget kan??? sebenernya TK gak sempet print screen blog yg dulu... saat pertama kali bikin gak ada widget sama sekali... bener2 polos... cuman ada side bar yang isinya chat box dan body blog berupa teks... bener2 plain banget...

Sejak awal buat blog... TK mau bikin blog ini bernuansa biru dan putih... dan TK ingin menggunakan awan sebagai ciri khasnya... cuz warna biru (terutama biru yang TK pake) menggambarkan langit.. sedangkan putih itu melambangkan awan di langit yang cerah... 

Semua orang pasti suka donk klo liat langit cerah dan berhiaskan awan-awan... TK sih suka banget... berasa tenang aja... dan rileks saat melihatnya... oleh karena itu TK angkat konsep ini ke blog TK.... 

"Sebuah langit cerah di dunia perblogan...
yang dapat memberikan sebuah hiburan yang bikin pembacanya rileks..." 

itulah konsep awalnya ^^

Postingan awal TK tuh kurang laku di dunia maya... very SUCK... hahahaha.. TK akuin... soalnya TK masih gak tau mau nulis apa... so TK nulis tentang artikel2 ilmiah... atau tentang sejarah2 para seniman2 yang TK sukai...  dan kebanyakan orang gak tertarik akan hal ini... hingga TK mulai menuliskan kisah2 hidup TK yang ternyata lebih laku!!! ^^

Seiring perkembangannya... TK mulai mencoba berbagai fariasi untuk membuat blog ini semakin ciamik... sampe akhirnya TK buat backdrop awan langit cerah.... dan jadilah seperti ini...


Setelah lewat setahun menggunakan tampilan seperti di atas... TK berfikir saatnya membuat tampilan yang baru untuk blog ini... cuz TK mulai agak bosen juga sih... jadi mau bikin sesuatu yang lebih ciamik... ^^ tepatnya pada tanggal 26 April 2010... tampilan blog TK ganti lagi.... yang berubah itu adalah header dan backdropnya.... 


ini headernya.... TK masih tetap menggunakan awan.. karena mau pertahankan konsep blog TK... cuman kali ini TK mau tonjolin langit malam yang cerah dan berbintang... dan disini TK kasih tagline "welcome to my cloudy land"... seperti yang kalian ketahui.. TK tuh senang banget bermimpi... dan senang berimajinasi.. so TK mau buat blog TK menjadi negeri awan yang penuh dengan imajinasi...

ini tampilannya...


Pada blog ini kalian sudah bisa melihat ada logo "Awan" yang hingga saat ini tetap ada... jadi begini kisahnya....

Kalian juga tahu klo blog TK kebanyakan pake foto... padahal dulu enggak sama sekali loh!! cuman dikit paling... 1 atau 2 foto aja... kebanyakan tulisan semua... tapi ada seseorang yang kasih saran ke TK untuk pake foto2 sebagai materi blog... 

Dimulai saat TK mulai posting tentang perjalanan TK di China... TK banyak menggunakan foto hasil jepretan sendiri.. dan untuk itu TK sepertinya perlu sebuah logo untuk dijadikan watermark pada foto supaya foto yang di publish aman... atau tidak disalah gunakan... so TK buat logo sederhana sebagai watermark...

Berikut perjalanan logonya:

Jadi sejak saat itulah logo awan ini terus eksis di blog TK... dari sebagai watermark... sampai sebagai icon dari blog ini sendiri... dan TK punya rencana.. TK bakal menjadikan logo awan ini menjadi sebuah branding... oneday kalau TK sudah punya modal sendiri TK bakal realisasikan hal ini ^^... kalian akan menjadi saksi hidupnya ^^... Oke TK kenalin deh icon blog ini:



Namanya ToM de Cloud... si awan yang selalu ceria dan cerah... awan ini adalah perkembangan dari konsep awal blog ini dibuat yaitu langit cerah berawan... dan Negeri awan... so si ToM de Cloud inilah yang mewakili itu semua....

Saat itu blog TK bener2 berat deh... cuz TK banyak gunain ini dan itu... kalau kalian pernah mampir... kalian bisa liat dulu backdrop TK tuh bintangnya bisa kelap kelip... dan loadingnya lama banget... jadi banyak terjadi kesalah pahaman dalam tampilan... terutama banyak yang mengeluh klo mereka sulit membaca karena masalah background padahal sebenarnya background untuk teksnya lambat banget... jadi terjadi kesalah pahaman...

Karena banyak yang mulai komplen masalah berat bukanya dan lama lodingnya... biasanya teks dah keluar duluan tapi background polos body teks belum keluar jadi pembaca susah baca blog ini...Oleh karena itu blog ini pun ganti tampilan lagi tepat tanggal 6 Oktober 2010... menjadi seperti ini:

Header Utama - TK's Life theme

Bukan saja header yang diubah... tapi semuanya diperbaiki... dari background dan backdrop yang menggunakan warna putih.... hingga kualitas foto yang digunakan dalam isi postingan... dan ini penjelasan tentang header utama ini:

KONSEP : TK's LIFE


Jadi dalam header ini TK masukin semua hal yang berhubungan dengan TK :

  1. Foto TK yang sedang imut2nya : foto owner yang memberikan kesan bahwa sang owner sangat fotogenik, ganteng, lucu, dan NARSIS!!
  2. Notes : TK senang menulis... melambangkan TK senang mencatat hal2 yang TK suka...
  3. Pinsil Warna : TK senang menggambar dan melukis dan melambangkan TK seorang ilustrator...
  4. Ketiga Anjing (Chopper, Bobo, dan Bon2) : Anjing2 TK dan menggambarkan kalau TK seorang dog lover... ^^
  5. Kamera SLR Canon D400 : Kamera TK... menggambarkan TK seorang photographer juga... dan tentunya TK senang moto... baik foto model atau foto2 lainnya... tapi akhirnya sih TK banyak moto untuk kepentingan blog ^^.
  6. IPOD : TK gak bisa lepas dari musik dan lagu... jadi TK selalu mendengarkan musik... dan TK gunain New Ipod Nano... (bisa rekam video loh!!) ukurannya kecil dan mudah dibawa2 ^^
  7. Gitar : Gitar pribadi TK... Salah satu hobi TK tuh main gitar... bikin lagu... trus bikin video sendiri... hahahaha (narsis)
  8. Lampu : Mencerminkan klo TK perlu lampu... hahaha cuz TK itu orangnya sering begadang... jadi lampu disini mencerimkan TK hidup di malam hari ^^
  9. Frame Foto : ini adalah konsep baru dari blog ini... yaitu TK mau gambarin blog ini seperti sebuah album foto... dimana TK mau share semua pengalaman TK lewat tulisan... juga lewat foto.... dan liat... masih tetep ada langit cerahnya kan??!
  10. Tangan TK : disana TK kasih foto tangan TK yang sedang menempelkan Icon Tom de Cloud.. dengan arti... blog ini masih tetap seperti yang dulu... dan icon ini akan selalu tetap ada ^^
  11. MacBook White : ini adalah senjata paling penting dalam menulis blog... TK menulis blog dengan laptop ini soalnya.. walau awalnya TK nulis blog di komputer PC... tapi setelah punya Macbook White... Tk merasakan bahwa benda ini lebih canggih dan memberikan banyak kemudahan buat TK...
  12. Bintang Kejora : hahahaha sebenernya ini hanya ornamen... tapi TK senang sama bentuk bintang... cuz TK ngerasa "Gue Banget!!" hahahaha... TK mau jadi bintang kejora... hahahahaa

Selanjutnya... untuk menghindari TK ganti2 tampilan lagi... akhirnya TK memiliki ide untuk menggunakan header bertema... di mana TK dalam pembuatannya ada beberapa hal yang harus di pertahankan... (agar mempertahankan integritas dari blog ini...) jadi harus tetap ada Frame, tangan TK yang pegang Tom de Cloud,  Lampu, dan Sapaan... dan posisinya gak boleh diubah!!!


Dan TK akhirnya puas dengan ide ini... so TK gak perlu edit2 ini itu... cuman bikin header2nya aja... biar gak bosen juga ^^... berikut adalah header2 yang sudah TK buat dan sudah pernah di publish:


Holiday (Beach) Themes  dan Birthday Themes 


Autumn Themes dan Imlek Themes


Jurrasic Themes (ada 2 versi)


Movie Themes : Megamind dan Glee


Valentines Day Theme....

Christmas Theme
Halloween Theme

Harry Potter Theme

Lady Gaga Theme

How To Train Your Dragon Theme

Gloomy Mei Theme

New Year 2012 Theme

Owl Theme

Marvel Avengers Theme


Dan tahun 2013.. TK mulai mengubah tampilan blog TK lagi.. lebih tepatnya mulai meminimalisir dari layout headernya.. sehingga dibuat lebih simple aja... mungkin karena TK lagi suka yang simple-simple...


Berlanjut dari sana.. TK merubah bentuk tampilan header menggunakan ilustrasi... 
Edisi Natal :
Lalu seiring berjalannya perubahan gaya ilustrasi TK.. akhirnya semua juga mulai berubah lagi menjadi seperti ini :
dan ini di tahun 2014 :
 Gak sampai setahun.. TK akhirnya memutuskan untuk merubah semuanya lagi.. akhirnya TK menghilangkan ornamen frame, awan dan ilustrasi.. menggantinya dengan header foto GIF yang menurut TK lebih dewasa.. yah disesuaikan dengan cerita-ceritanya TK juga yang semakin kesini semakin dewasa.. hahaha so ini header yang baru :


Tetap masih ada nuansa Biru, Putih, Hitam dan Pink.. sesuai dengan warna corporate logo TK :


cumn bedanya.. TK gak akan taruh lagi logo awan ini di header sih.. mungkin akan tetap ada di foto-foto yang TK gunakan.. ^^ Tapi kemungkinan bakal TK ganti juga sih dengan logo yang lebih dewasa... we'll see yah...

Dan seperti itulah perjalanan tampilan blog ini... tetap cintai blog ini yah walau berat... ahhahaha... dan doakan blog ini supaya bisa jadi blog yang dicintai banyak kalangan... amin... semoga semua terhibur dan mengenal TK lebih dalam... akhir kata...

Kalau ada saran atau masukan jangan lupa yah tulis aja di komen bawah ini :D

2 comments:

  1. Whao! you're so multi-talented! love to see your great works! :D

    ReplyDelete
  2. your blog is very inspiring and keep up your works tom! God bless you :)

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...