Friday, October 22, 2010

Maine Coon - Kucing Raksaksa


Guys... Pernah denger ga nama jenis kucing yang satu ini "Maine Coon" ???? TK sih baru tau loh keberadaan kucing ini... kebetulan kemarin TK liat berita di Kompas.Com tentang kucing ini... berikut berita yang TK baca....

KOMPAS.com — Lomba panjang-panjangan badan kucing akhirnya menobatkan Stewie sebagai kucing dengan badan terpanjang di dunia. Sertifikasi dari Guinness World Record sebagaimana catatan Yahoonews.com pada Kamis (21/10/2010) menunjukkan, panjang Stewie adalah empat kaki atau 121,92 cm.



Stewie adalah jenis kucing maine coon. Jenis ini adalah kucing ras terbesar. Beratnya bisa mencapai 15 kilogram. Sementara itu, panjangnya bisa mencapai semeter. 

Bulu kucing jenis ini tebal di bagian perut, kaki belakang, dan ekor. Lazimnya, kucing ini punya sifat sangat baik, mudah beradaptasi dengan manusia, dan kucing dari ras lain. Maine coon juga lebih aktif dari kucing persia dan senang bermain. Kucing ini sangat pandai menangkap tikus dan menyenangi alam sehingga sangat cocok untuk teman bermain. 

Kucing yang dimiliki oleh Robin Hendrickson dan Erik Brandsness sudah berusia lima tahun.
============================================================

Sehabis baca artikel berita tadi.. TK jadi penasaran sama nih kucing... kok kesannya gede banget yah ukurannya... beneran gede gak sih?? jadi TK langsung googling deh nyari tau tentang si kucing raksasa ini.. dan cukup kaget juga ngeliat ternyata di muka bumi ini ada kucing rumahan yang ukuran badannya bisa sebesar anjing...



Selain itu bulu kucing ini juga tebal banget dan panjang... keren juga yah... sudah bisa dipastikan jenis kucing ini hidup di bagian belahan bumi yang memiliki musim dingin...

Jujur TK dulu suka banget sama kucing dan takut banget sama anjing... tapi lama kelamaan malah sebal sama kucing dan berpaling kepada anjing... hahahaha... tapi setelah liat jenis kucing ini... wuih.... kayanya asik deh klo punya satu atau dua ekor dirumah... hahahahah ^^



Biar lebih lengkap informasi tentang kucing ini... ini TK cariin dari wikipedia ^^


MAINE COON
Sejarah

Maine Coon adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine (Amerika serikat). Berbagai mitos dan legenda berhubungan dengan asal ras kucing ini. Meskipun secara biologi tidak mungkin terjadi, banyak orang percaya Maine Coon dihasilkan dari perkawinan kucing setengah liar dengan Racoon. Mitos ini muncul karena bentuk dan warna ekor kucing maine coon banyak yang menyerupai ekor racoon. Selain itu nama racoon juga kemudian diadopsi membentuk nama ras kucing ini, maine - berasal dari nama negara bagian dan coon - kependekan dari racoon.


Racoon

Cerita lain yang cukup populer adalah, maine coon berasal dari enam ekor kucing peliharaan Marie Antoinette yang dikirim ke Wiscasset (Maine) ketika ia merencanakan untuk melarikan diri dari Perancis pada saat terjadi revolusi Perancis.


Kebanyakan pembiak kucing berpendapat ras ini dihasilkan dari perkawinan kucing domestik dengan kucing-kucing berbulu panjang dari negara lain. Dua ras kucing yang diduga menjadi nenek moyang Maine Coon adalah kucing Angora (diduga dibawa oleh para pedagang Inggris) dan Norwegian Forest Cat (dibawa ke Amerika oleh bangsa viking). Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan tersebut, bentuk fisik norwegian Forest cat memang mirip dengan Maine Coon.


Norwegian Forest

Angora Cat

Maine Coon pertama tercatat sebagai peserta kontes kucing pada tahun 1861. pada tahun 1895 seekor kucing Maine Coon betina berwarna brown tabby dengan nama Cosey, memenangkan kontes kucing di Madison square garden.

Cosey - 1895

Popularitas ras ini menurun pada tahun 1900-an, kalah oleh popularitas kucing persia. Baru pada 1950 ras ini mulai kembali dikembangkan, didaftarkan dan diikutkan dalam kontes kucing. Pada tahun 1968 enam orang pembiak kucing Maine coon bergabung dan membentuk "Maine Coon Breeders and Fanciers Association (MCBFA)" untuk mempertahankan dan melestarikan ras ini. Pada tahun 1980 Maine Coon diakui oleh semua organisasi penggemar kucing sebagai satu ras dengan karakteristik dan standar tersendiri. Saat ini di Indonesia pun telah ada beberapa pembiak Maine Coon.



Maine coon "asli" mempunyai jari kaki lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Kelebihan jari ini disebut polidactyl dan bersifat genetik dominan. Meskipun ada beberapa pembiak kucing yang khusus memelihara sifat asli ini, sebagian besar maine coon modern tidak lagi membawa gen polidactyl. Kebanyakan organisasi dan klub kucing dunia tidak mengijinkan kucing polidactyl ikut kontes, akibatnya maine coon polidactyl tidak banyak dikembangbiakkan lagi.


Karakteristik Maine Coon

Semua anggota tubuh maine coon merupakan hasil dari fungsi adaptasi terhadap iklim dan cuaca yang ekstrim. Bulu yang mengkilap, tebal dan "anti air", serta bulu tebal di bagian leher, perut dan kaki berfungsi melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin. Ekor panjang dengan bulu tebal, pada saat tidur dilingkarkan melindungi tubuh dari suhu dingin. Mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.



Maine coon mempunyai badan tinggi, berotot dan bertulang besar. Kucing jantan dewasa biasanya mempunyai berat badan 6- 9 Kg dengan panjang badan 1m, sedangkan betina biasanya lebih kecil dengan berat badan 4-6 kg. Dengan tambahan bulu musim dingin yang bisa mencapai panjang 7 cm, maine coon terlihat sangat besar. Kucing Maine coon terbesar yang pernah tercatat mempunyai panjang badan (dari kepala sampai ekor) 121 cm.


perbandingan kucing biasa dengan Maine Coon


Sepertihalnya Norwegian forest cat dan kucing-kucing besar lainnya, Maine coon termasuk yang tipe pertumbuhan dan perkembangannya lambat. Ukuran dan bentuk tubuh dewasa baru dicapai pada umur 3 - 5 tahun.



Temperamen

Maine Coon adalah kucing yang dekat dengan manusia, tidak sepenuhnya independen tetapi juga tidak selalu mencari perhatian pemiliknya. Dibandingkan persia yang lebih suka tidur dipangkuan, maine coon lebih aktif dan suka berada dekat disekitar pemiliknya.




Ciri Fisik

Ciri utama fisik maine coon terdapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu dan bulu disekitar leher yang menyerupai surai singa.


Badan besar, panjang hampir berbentuk segi empat, pertulangan dan perototan kuat. Kepala berukuran sedang dan lebar, dahi sedikit melengkung, tulang pipi menonjol dengan perototan yang jelas. Hidung lebar dan sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam.

Telinga besar dan lebar pada bagian bawah, sedikit membentuk lancip pada bagian ujungnya, dan didalam telinga ditumbuhi bulu yang cukup panjang. Mata lebar dan agak oval, terlihat bulat ketika terbuka lebar.



Panjang leher sedang dan kuat, serta sedikit melengkung. Kaki sedang panjangnya dengan pertulangan dan perototan yang kuat. Ekor panjang dan lebar pada bagian pangkal serta menipis ke ujung, bulu ekor cukup lebat. Bulunya tebal dan halus, pendek pada bagian kepala, bahu dan kaki, sedikit panjang di bagian punggung dan paha, sedangkan diperut dan leher lebih panjang. Undercoat lembut dan tahan terhadap air, karena bulunya sedikit berminyak



Keren kan?? Pingin piara jadinya... cuman resiko pelihara Maine Coon harus sering bawa kesalon dan kandangnya harus dikasih AC... ^^ di Indonesia ada yang ternakin jenis ini gak yah??





Ngeliat jenis kucing ini jadi teringat sama Garfield... gede gitu badannya... tapi garfield lebih mirip ke kucing persia... ^^




TK jadi tertarik sama kucing nih,... Oke TK bakal post artikel lagi deh tentang kucing jenis lainnya ^^....


~ THANK FOR READING ~

8 comments:

  1. Aku punya 1 nih kucing kayak gini... Warnanya belang kuning, coklat, putih...
    Maklum, ayah pengen bisnis pet shop kucing... :)

    ReplyDelete
  2. wow!! TK juga dulu punya cita-cita bikin pet shop loh... cuz TK seneng sama binatang juga... wah boleh nih nanti TK main ke petshop mu kapan2... ^^

    ReplyDelete
  3. lucu bulu nya
    tp rada serem klo ke gedean gitu ya..:D hehehee

    ReplyDelete
  4. udah banyak di indonesia tom, dlu pas kuliah 4-5 tahun lalu sering lho ngurus di ICA buat cat show... banyak yg udah bawa maine coon. :) skrg udah setahun terbit artikel kn? udah punya maine coon?

    ReplyDelete
  5. waah lucu ya tomm,, itu udah lama lho ada di indonesia, dulu 4-5 tahun yang lalu pernah gabung buat ngurus ICA Cat show, duh cattery banyak yg udah bawa maine coon, skrg udah 1 tahun artikel, di rumah kamu udah ada maine coon belum? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yah? Pasti mahal yah harganya....

      Hahaha tentu belum punya.. Sekarang lum ada binatang peliharaan lagi nih...

      Delete
  6. maine coon sama menkun itu beda gk yaa

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...