Friday, October 22, 2010

American Shorthair Cat


TK post lagi nih tentang kucing lain yang menurut TK unik... AMERICAN SHORT HAIR atau disingkat ASH... dari bentuknya sendiri sih kucing ini seperti kucing kucing berbulu pendek lainnya... yang unik dari jenis ini adalah pola belangnya yang cantik...

Selain itu Bulu ASH sangat tebal... dan sepertinya lembut... pasti enak banget dipeluk... di Indonesia ada gak yah? kayanya ada deh... cuz TK pernah liat kucing dengan pola belang kaya gini...

anak-anak ASH

Berikut ulasan tentang kucing jenis ini:


American Short Hair

Sejarah

American Shorthair (ASH) merupakan keturunan/perkembangan dari ras European Shorthair dan British Shorthair. Sejarah & perkembangan ASH dimulai pada tahun 1620, ketika kucing rumahan pertama tiba di benua Amerika. Kucing tersebut dibawa oleh para pendahulu dari benua Eropa, naik kapal Mayflower, untuk membuat koloni baru di Amerika.

European Short Hair

British Short Hair

Kolonisasi pertama dimulai di Amerika bagain utara. Begitu pula dengan ASH, perkembangan pertama berasal dari daerah amerika bagian utara yang beriklim keras. ASH beradaptasi dengan baik dan secara bertahap mengikuti perkembangan manusia hingga menyebar ke seluruh Amerika.


Pada awalnya ras ini dikenal dengan sebutan Shorthair, kemudian populer dengan sebutan Domestic Shorthair pada tahun 60-an. Pada tahun 1966 namanya dirubah menjadi American Shorthair.

Bahkan seekor ASH warna brown tabby ditawarkan dengan harga US$ 2.500 pada kontes kucing kedua yang diadakan di Madison Square Garden, pada tahun 1896.

Brown Classic Tabby - American Short Hair


Karakteristik

ASH adalah kucing dengan ukuran badan sedang sampai besar dengan kaki dan cakar yang kuat. Moncong berbentuk seperti kotak, seluruh badan ditutupi bulu pendek yang tebal, padat dan agak kaku. Berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan lembab. Bulu ini menebal pada musim dingin dan rontok pada musim semi.




Meskipun termasuk kucing berukuran sedang-besar, ASH lebih ringan dan langsing bila dibandingkan dengan British Shorthair. ASH termasuk kucing Late Maturity, dewasa dan mencapai ukuran maksimal pada umur 3-4 tahun.


Ukuran telinga sedang dan lebar dengan bagian ujung melengkung. Jarak antar telinga dekat. ASH termasuk salah satu kucing dengan kekuatan tubuh & kesehatan yang baik. Tidak seperti kucing persia yang banyak mempunyai banyak cacat genetik.


Warna dan pola warna ASH sangat bervariasi. Kecuali warna colorpoint (seperti pada kucing siam), untuk kepentingan registrasi semua warna diakui. Warna yang populer saat ini adalah silver tabby.


Silver Tabby



Temperamen

ASH adalah kucing dengan watak yang bagus, cerdas dengan kemampuan berburu yang baik. ASH mudah beradaptasi, relatif tenang tetapi tidak setenang Persia. American shorthair cocok untuk anak-anak dan dapat berteman baik dengan anjing. Perawatannya relatif mudah dan cocok untuk orang-orang yang sibuk.



Ternyata banyak juga yah jenis kucing yang bagus... hm... nanti TK bakal selidikin lagi deh tentang ras-ras kucing yang ada... penasaran jadinya... ^^

3 comments:

  1. aku punya lho di rumah.... :))))
    kucing ini pinter bngt..........

    ReplyDelete
  2. saya pengen banget pelihara kucing American Short Hair,

    ada yg jual kah? saya di Meruya Jakarta Barat.

    atau ada yg mau kasih saya cuma"? :p

    ReplyDelete
  3. Hi jual american tabby ginger gak?

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...