Saturday, September 12, 2009

Hari Pertama


Hari pertama, 3 Sept 2009

MAMPUS DEH GW!!!! satu kalimat yang menggambarkan nasib gw sekarang... gw dah ga ngerti deh bakal jadi apa kehidupan gw besok..... sumpah pengen nangis and pengen balik..... HUAAAAAA... apa yang sudah gw lakukan??!!! tak sadar sudah berada sangat jauuuuuuhhhhh dengan rumah dan tanah air...... Mamaaaaa......... TT__TT where the hell are we.... TT__TT

Bingung kan mau tau apa yang terjadi sama gw??!!!
Hari ini merupakan hari keberangkatan gw untuk pertukaran mahasiswa ke China... gw berangkat dari bogor pukul stengah 4 kurang 20 menit (subuh) untuk pergi ke terminal bus damri yang khusus untuk transportasi ke airport soekarno hatta... dengan di temani mama dan koko gw... akhirnya kita berangkat....

Tepat pukul stengah 4 bus yang kita tumpangi akhirnya berangkat juga.... dan jam 5 kita dah sampe di terminal 2 soekarno hatta... disana sudah ada bu esa dan keluarganya serta ci widya yang bakal mimpin perjalanan kita semua.... Mahasiswa yang berangkat tuh 24 orang termasuk para mahasiswa beasiswa full dan kami para mahasiswa pertukaran...

Setelah kumpul semua jam setengah 7an itu.. kita masuk ke dalam bandara, dengan mendorong troli2 yang berat2 itu.. kita mulai sibuk dengan barang2 bawaan kita.... sibuk juga foto2.... dan gak lupa melepas kepergian alias perpisahan sama orang tua... walau perpisahannya bentar banget cuz... tadi itu serba di buru2... jadi para mahasiswa tiba2 dah di suru keluarin paspor dan tiket lalu disuruh bikin barisan dan masuk... jadi gw cuman bisa peluk dan cium mama gw... ga lupa juga peluk koko gw...walau akhirnya ada accident minuman yang dy beli tumpah disana dan cukup bikin heboh orang2 di airport sana... sebelumnya di rumah dah doa bareng juga sih ma papa juga... bener2 perpisahan yang singkat..... mau sedih2an juga gimana gt... cuz semuanya serba buru2, jujur gw berat banget ninggalin mama gw... yang cuman bisa ngingetin gw untuk selalu ati2 disana.... selalu taruh tas di depan dan jangan teledor TT__TT (sedih nih)

Akhirnya kita semua mulai masuk ke NERAKA!!!! hhuuuhhh.. tuh airport menurut gw gak beda jauh ma neraka yang menyiksa.... gw sih ngerasa airport tuh tempat penyiksaan... mana di suruh dorong2 troli yang berat... di suruh timbang ini dan itu... trus masukin tas ke mesin deteksi... lu kira enteng !!!! hhhrrr...... terus yah ada lagi satu kejadian yang bikin gw keringetan dan mau nangis..... bukan gw aja sih... tepatnya gw ma melissa.... Tau gak?!!!! Koper kita pas mau dimasukin kedalam bagasi pesawat kelebihan berat dan si petugasnya minta di kurangin barang bawaannya... MAMPUSSSS gak??!!! padahal gw dah kurangin cukup banyak baju dll loh sebelom berangkat ke bandara....

Berat maksimal buat koper tuh 25 kilo... dan ternyata koper gw 27.5 kilo... so gw harus kurangin 2.5 kilo.... si petugasnya sih dengan enteng banget suruh bongkar tuh koper,... gak ngerasain aja pusingnya kita.... HUHHHHHHH~~~~~

akhirnya dengan memutuskan urat malu... kita jongkok disana dan mulai ngebongkar koper yang dah di susun dengan rapi dan ciamik... gw langsung keluarin aja beberapa mantel dan kaos2... gak lama kemudian di timbang ternyata sudah pas... tapi gimana nasib2 baju2 yang di keluarin?!!! Damn.... untungnya gw bawa extention bag yang rencananya mu dipake buat tas kuliah di cina... jadi mau gak mau tas itu gw pake... dan gw jadi bawa 4 tas..... walau satu tas masuk ke bagasi.. Tapi bayangin dong!!!! tas ransel gw jah dah beratnya minta ampun... 8 kilo sih ada... belom lagi tas pinggang yang mau gak mau di taro di perut.... terus tas jinjing yang beratnya ampir 10 kilo... di tambah tas kuliah gw yang isinya baju2 yang tak diharapkan itu....

Gw ngeliat yang laen tuh bener2 simpel banget.... cuman bawa koper 1 dan tas ransel 1... jadi mereka sih santai aja jalannya juga gak perlu seret2 apapun juga... gw ngerasa jadi yang paling "riweh+rujit"... untung ada si golden yang sangat baik... yang membawakan satu tas gw di sepanjang perjalanan....

Terus pas waktu check in juga gw mulai di buat pusing dengan huruf2 han zi yang bakal jadi makanan gw dikemudian hari.... gw mau gak mau harus ngisi2 form2 yang gak penting (Penting banget padahal.. cuman gw kesel aja....) mana gak ada form yang pake bahasa indo... klo ga mandarin inggris.... haiiihhh~~~ padahal gak jauh sih isinya tuh klo ga no password... no pesawat ... nama dll... haaahhhhh rujit~~~~


andre, zen (golden), and me.... Three Boys (3B)

Terus utungnya gw bebas viskal cuz masih di bawah 21 tahun... tapi yah gak ngurangin keribetan gw sih.... heuuuuuhhh~~~ dah gitu tetep aja gw kudu masuk2in tas2 gw ke mesin2 yang ga jelas.... gila ga inget gw masukin berapa kali tas2 bawaan gw ke kotak "heran" itu... kenapa sih gak sekali aja gitu... gw tau demi keamanan... tapikan ga usah sampe di setiap pintu harus di periksa dan di bongkar2 kan??? mana petugas2nya judes2 lagi....

udah mau masuk ke pesawat....

OH yah tadi tuh mesin "heran" ngedeteksi tas jinjing gw dengan sesuatu yang aneh dan si petugas dengan ketus nyuruh gw keluarin makanan yang gw bawa... Halloooo??!!!! gw ga bawa makanan kali... trus dy nunjuk2 di komputer... ada sebuah kotak dengan garis2 gak beraturan yang mencurigakan.. dan dy tuh kekeh tuh benda berbahaya, sampe akhirnya gw buka tas gw dan tau ga sih itu apa?!!! itu kamus mandarin gw yang gw rasa bakal berguna buat gw disini.... tapi yah ga tau lah guna pa ngga....


si andre lagi di buat rese ma petugas.... di pereksa ini itu...

si penjaga pintu neraka... yang rese....

Keberangkatan ke luar Negeri tuh ga sesingkat yang gw bayangkan... dimana u dateng checkin trus masuk pesawat dan... flunggg.... terbang.... taunya gw disuruh kesana lah kesinilah...cek inilah itulah.... sampe akhirnya masuk ke dalam pesawat.... SIALnya gw terpisah sendiri... temen2 gw di bangku nomor 20an ke atas... sedangkan gw.... di bangku no 10a... tepat di sayap pesawat dan tepat di pinggir jendela.... dan sederetan itu (3 bangku...) kosong.... jadi cuman gw yang duduk di deretan 10 a,b, dan c.... haihhh.... yang laen tuh pasti ramean.... gw dah parno aja... mana penerbangan pertama gw.... terus pramugari dan pramugaranya dengan percaya diri ngomong bahasa mandarin pula (ya iyalahhhh~~~~ orang mereka asli orang cina!!!) mata sipit kulit putih cantik2 dan ganteng2... tapi gak bisa bahasa indonesia... inggrisnya juga gak jelas..... mereka tuh ga nanya2 dulu gt gw bisa ngomong mandarin pa ngga.... langsung aja nyerocos... sampe gw bilang, "Sorry.... i cant speak chinese..." baru deh dy orang ngomong dengan inggris yang gw gak ngerti... Heran,..... susah banget sih mereka buka mulutnya,,, buka mulutnya kecil betulll suaranya juga pelan.... mana kedengeran... haiiihhhh ~~~~~

terus gw ngerasa gw salah masuk pesawat deh!!!! (ini dikarenakan gw terpisah sendiri) hampir semua orang disekeliling gw semua ncek2 dan ncim2 yang ngomongnya gak karuan mandarinnya...~~~ pdahal gw tau, tuh orang2 semua orang2 indo yang sok2an jadi zhong guo ren sejati!!!! palingan lagi pada mau tur tuh!!!

Untungnya ada si Golden lagi yang menyelamatkan hidupku lagi... ternyata dy juga terpisah dari rombongan... dy duduk di seat 9 d... jadi deket ma bangku gw... akhirnya setelah pesawat lepas landas...dan mulai mengudara..... si golden pindah duduk di sebelah gw yang kosong... sejak saat itu gw jadi ada temen ngobrol.... gw tegang banget tuh.... tiba2 di jendela yang keliatan cuman putih dan bunderan2 kapas yang besar2 alias awan~~~~ "loh koq ga jalan yah???!!" gw bilang sambil ngeliat jendela... disana begitu aja pemandangannya... lama2 boring juga... untung si golden dengan pintarnya mengeluarkan kamera dan mulai jepret2 sampe akhirnya ada dokumetasi sampe pada akhirnya....

zen (golden / tzeng khai chuin) & gw...

Teringat gw belum minum dari di airport.... secara tuh tempat adalah tempat penyiksaan yang bener2 parah~~~ gak boleh bawa minuman... mulailah gw dehidrasi... leher kering dan kepala puyeng... gw bilang sih ke si golden suruh mintain air pramugarinya.... cuz gw males ngomongnya (gak bisa masalahnya) hahahaha... akhirnya setelah si Golden menekan sebuah tombol ajaib yang ada tepat diatas kursi kita,... tiba2 muculah sesosok lelaki botak nyengir di pinggir bangku sambil ngomong dengan bahasa negeri bambu yang gak gw ngerti.... cuz cepet banget dia ngomongnya,.... gak ngerti dy belajar dari kapan ngomongnya.... (ya iyalah dy orang asli.... hrrrr...)

trus si golden langsung deh menjelaskan apa yang gw sedang butuhkan... tapi tetep aja tuh lelaki heran masih nanya ke gw... "一杯水是吗? " gak ngerti kan loe!!! hahahaha.... gw cuman bilang ha??? sampe dy ngomong 2x baru deh gw nangkep tuh... "yi bei shui shi ma?" yang artinya "segelas air yah?".... dengan di bantu si golden dy menekankan maksud si pramugara itu.... trus gw bilang... "yes... please..." akhirnya dalam hitungan detik si jejaka itu muncul lagi dengan membawa segelas air... dikit banget... gelasnya kecil pula... pelit banget sih gw pikir... susah aer mungkin yah..... ya udah lah... sebagai gantinya gw sita gelas plastik itu... (yah gelasnya memang boleh di ambil sih...)

Selang beberapa jam.... perut mulai keroncongan.... mau foto2 juga dah bosen.... eh Tuhan memang baik sampe akhirnya muncullah lagi para wanita cantik sipit2 membawa gerobak dengan makanan2 yang menggiurkan.... wow... sepaket bento gt lengkap dengan salad sayur, salad buah, roti dan temannya (keju ma mentega), dan gak lupa makanan utamanya yang disediakan dengan dua pilihan... nasi atau mie.... gw sih milih mie dan si golden milih nasi... dan nasi pun ada dua pilihan... ikan apa sapi.... dan si golden milih daging ikan.... sapa bilang makanan pesawat gak enak... Enak koq!!! kaya makanan restoran!!! hahahaha gak lama pun santapannya semua habis.... dan gak ngerti apakah ada obat tidur didalamnya... abis makan langsung ngatuk banget (puguh kebiasaan~~~ ^^)....


gw yang sedang gembira.. karena dikasih makanan enak... (biasa aja sih)


makanan gw... mie yang mirip kwetiau... pake udang lagi... alergi~~~

menu makan siang si Zen... nasi pake daging ikan...

terdengar suara2 kresek2 di bangku depan... ternyata si encim2 dan encek2 yang sok jalan2 gt lagi sibuk mencuri properti pesawat.... piring, gelas, pisin dll yang disediakan para pramugari cantik... mereka masukin tuh barang2 ke tas mereka dengan secepat kilat... pasti bingung tuh pramugari yang ngumpulin sampah2nya... koq ini piring2nya ngilang yah?? cuman ada nampannya aja.... swt -_-'

setelah makanan usai bukan berarti si pramugari pramugara ini selesai kerjanya... mereka masih aja mondar mandir dengan bawa2 gerobak... yang pertama bawa gerobak minuman,... banyak banget minuman disana!!! dari aer putih, susu, juice, teh, sari buah, sampe wine.... lu bisa minta deh....!!! kali ini gw minta ajarin ke si golden gimana caranya ngomong kalo gw mau minta segelas sari buah apel pake es... trus dy ngajarin (tapi gw lupa) pada akhirnya gw bilang gini "apple juice with ice please..." untungnya si pramugari engeh (ngerti)... jadi lancar semuanya... hahahaha beberapa kali gw terus minta minum.... kering banget sih.... sampe bosen deh kayanya... klo gw minta lagi bakal di getok mungkin pala gw!!.... selain itu mereka sempet2nya jualin parfum donk!!! swt deh... -_-'a


minta segelas jus apel mba!!!


abis makan langsung tidur... gw rasa ada obat tidurnya deh,,.

Perjalanan yang panjang itu menyita waktu sekitar 6 jam lamanya... terbang di atas awan yang bentuknya ga beraturan.... sampe menembus dinding2 awan yang sangaaaaaaaaat besar, dan saat nembus langsung pesawat goyang.... "bruk gubruk gubruk...." make me syock banget deh... (maklum baru pertama kali)... akhirnya gw udah gak nora lagi disana... udah bisa beradaptasi.... gw udah lebih rileks.... udah berani manggil2 si pramugari... tapi yang dateng si pramugra mulu... heran.... akhirnya kita landing dengan selamat.. puji Tuhan~~~

Sesampainya di Guang zou kita semua mulai heboh... wah kenapa panas banget yah... pas turun dari pesawat pun langsung turun hujan... walau panas loh saat itu!!! terik banget tapi ujan.... memang gitu kali yah musim di Guangzou... suka yang dobel2,.... hahahaha... trus kita di jemput sebuah bus yang membawa kita dari lapangan pesawat landing ke bandara.... disana kita dempet2an gak karuan sama encim2 dan encek2 yang gak okey pijon... kebanyakan pada masang masker mulut gitu.... kurang ajar mereka... gak sopan... memangnya mereka pikir gw bau ketek apa??? mulutnya aja tuh yang ga da giginya... jadi malu (-_-)... udah puguh sieun ku flu bagong)...


takut flu babi pada awalnya.... swt -_-'



Akhirnya setibanya di bandara kita langsung harus masuk ke mesin2 aneh lagi dimana sekarang petugas2nya murni asli JUTEKKKKKZZ..... koko2 gitu... yah tampangnya sih gak jauh ganteng sama andy lau... tapi ketus banget dan sangat katro!!! masa mereka gak bisa bahasa Indonesia??? apa kata dunia Heyyy?!?!!!!

Jujur gw agak takut sih disana... abisnya semua orang ngomongnya tanpa senyum dan nadanya kaya marah semua.... bisa stress lama2.... setelah terjadi beberapa percakapan yang super duper gak nyambung,... si petugas pun mengijinkan gw lewat masuk ke dalem bandara yang gede itu.... trus kita langsung ambil koper2 kita yang di taro di lorong otomatis yang bisa jalan otomatis (norak nih)... terus kita duduk disitu sambil nunggu teman2 kita yang lagi di resein juga sama para petugas ganteng nan jutek itu.... mungkin mereka juga misscom sama mereka...


3B di guang zou...

hahahahaha... disana gw juga ganti baju alias ganti jaket.. jaket yang gw pake sebelumnya dah basah sama keringet... jadi gw ganti deh pake kardigan merah yang ujung2nya basah juga karena keringet.... udah ampir semua ngumpul tapi lum juga complete.... 2 orang peserta tak kunjung muncul,,, hingga datanglah si ci widya dari sana dan menyuruh kita briefing....

Kita akan terus melanjutkan perjalanan dengan meninggalkan 2 teman kita disana... (1 cowo dan 1 cewe... aduh gw lupa namanya sapa)... mereka tuh gak lolos lewat mesin ajaib yang mendeteksi suhu tubuh,,,, yang cewe gak lolos gara2 terlalu jujur saat ngisi angket di pesawat.... disana kan ada tulisan tentang pernah sakit dalam seminggu ini ga? atau pernah berhubungan dengan yang sakit ga dalam 1 minggu itu... klo pernah suruh sebutin sakit apa aja... nah kita orang sih boro2 mau ngisi angket mangkanya tuh angket bagian itunya di kosongin aja... bilang aja "ngga" beres sudah.... tapi si wanita ini heran juga deh... sampe dy di karantina dan gak boleh di temuin siapapun... kasian sih.... trus klo yang cowo, suhu tubuhnya tuh 38 derajat celsius... jadi langsung di masukin rumah sakit guang zou dan harus di karantina dulu sekitar 1 minggu.... GILA gak??? pusing banget ya??? dari sana bermunculan juga masalah koper... kelebihan jumlah koper lah... trus kekurangan lah.... oh yah tas si Leni sempet ilang juga di WC,... untungnya ketemu.... tapi akhirnya semua selesai dan kita nunggu pesawat untuk ke guilin jam 8 malem itu.... jadi kita nyari makan dulu ke MC D.... disana makanannya memang cukup murah yah... segitu harga airport loh!!! gw makan big mac + french fries + coca cola large cuman 16.5 RMB (1 RMB= RP 1.450,-).... jadi paling sekitar 3o ribuan rupiah... yah klo di indo bisa sampe 60 ribuan kali yah... abis makan kita muter2 disana sambil dorong2 troli dan bawaan kita... kita foto2 dan gila2an.... secara disana ada si Ferlin Beybeuuuhhh yang selalu bikin rame dan gak boring.... hahahahaha (iya gak beyybbeeuuuuhhh??)


perjuangan pertama mesen MC D pake bahasa tubuh!!


akhirnya makan juga ^^


sehabis makan di MC D


lagi pusing ngurusin masalah bagasi.... masalah kelebihan dan kekurangan koper


ayo cepet!!!!

Sampe akhirnya kita cape juga jalan2 dan foto2nya... trus kita memutuskan untuk nunggu di depan gate B128 aja.... duduk di depan terminal keberangkatan kita.. tapi mau masuk sana aja kita harus melewati gerbang yang makin gak karuan ketatnya... kali ini tas kita semuanya di cek ,,. di scanning dan laptop harus di periksa juga... dan jangan lupa donk tas badan gw di ubek2 ma si petugasnya juga dengan mesin yang bunyinya "nit... nit...nit...." padahal gw gak nyimpen narkoba.... terus tas gw disuruh di buka,,,, mereka gak bisa ngomong inggris loh.. jadi kita harus punya feeling yang kuat untuk mengira2 maksud mereka apa... mereka tuh nyuruh gw bongkar ransel gw dan ngubek isinya... ternyata mereka menyita tempat pensil gw dan menyita segala benda tajam... gunting dan cutter di embat semua.... sampe ke isi2nya.... hrr.... belom aja gw laporin ke enyak gw!!!


motret2in orang2....


menuju ke pesawat ke guilin....


gila2an bareng si beyybeuuuhhhh....

Tapi untunglah seenggaknya laptop gw gak disita... atau kamera gw... klo disita... gw bisa acak2 tuh airport (gw kan heroes).... lanjutt.... setelah itu kita bersantai di tempat tunggu sambil gila2an.. bener2 gila,,,, klo u tau segila apa.... GILA banget... terutama anak2 yang bareng2 ma gw... kaya si Beybeeuuhhh, Jenny, Memel, Andre, Golden, Leni, Monik aka ade ayu... kita tuh gak ada capenya ngomongin orang dan bikin lelucon2 segala... dari bikin bahasa sendiri... sampe ngerancanain karir si beybeuuuhhh bikin sancam dance,,, alias goyang samcan........ wakakakkaka.... kita gila2an sampe pada lemes... cuz nunggu pesawat datengnya lama banget dan delay 1 jam.... hrrr....

Align Center

udah cukup lelah....


ngantuk semua....


berusaha mengakses inet... tapi gak bisa


udah tepar semua...


gate ke pesawat guilin

seterusnya kita masuk ke pesawat baru lagi... kali ini untuk bawa kita pindah ke kota gui lin.. dan disana gw sendirian lagi di bangku 10a... sedang temen2 di bangku 20an... si golden di 10 d... dan dibangku sebelah gw di tempati sepasang kakek nenek kebagsaan Jepun yang sangat pandai bercakap jepang.... dia tuh risih banget sama pasangannya... ga ngerti ngomongin apa... gw natap si golden di sberang barisan gw sambil gw bilang dengan bahasa bibir.... "Orang jepang nih!!" terus gak lama si Obasan (baca obasang) alias si nenek ngajak ngomong pake bahasa jepang.... dy pikir gw orang jepang juga mungkin,... gw cuman pasang muka aneh sambil berusaha membaca pikirannya (Heroes kan~~~)

dy terus ngajak ngobrol sambil nunjuk2 ke arah si golden... trus gw bilang gitu.. "Hai...kono hitto wa boku no Tomodachi desu!!" (yang artinya... iyah itu teh temen saya... gak tau yah gw teh bener pa ngga.... sok2an aja.... mentag2 dulu sering jejepangan teu puguh...) tapi si encang ngerti ternyata.. malah nyerocos lagi sambil pake gerakan tangan... weiiisss... mu silat kali... ternyata di sebelah si golden ada 1 temennya yang keselip disana... dan mereka minta gw tukeran.... ya udah gw setujuin.. dari pada dy terus ngoceh pake bahasa jepang... "hai... okay.. okey....!!" jawab gw dengan gaya jejepangan,.... trus si encang encing jepang itu cuman bilang "aaa~~~ sangkyuuu~~~ sangkyuu~~~" (maksudnya thank you...) trus pas gw pindah gw baru sadar,,, itu sebarisan semua orang jepang!!! ampir satu pesawat deh... banyak banget... seperti biasa keliatan banget para japanese... anak2 mudanya apa lagi... beuuhhh~~~ harahuku mannn~~~ udahlah masalah si jepang2an mah...

Untung juga gw jadi bisa duduk sebelahan ma temen gw... jadi gak gitu sepi juga.... tapi si golden juga dah dapet kenalan... cici2 gitu yang asli zhong guo... mereka asyik banget ngobrol2nya.... ketawa2 babari (walau) gak ada yang lucu,,... jadi gw mah tidur aja lah... lagian emang cape banget hari itu.... kali ini di pesawat cuman di kasih minuman... "liang tea or water??!!!" .... "water please... eh... eh.... liang tea.... (tapi leher gw kering pisan ui....) eh... water deh!!!" hahahahahaha nyengir aja si pramugara yang ngebagiin tuh minuman,.... sebenernya pengen 22nya sih.... tapi harus pilih sendiri,,,, terus kita dikasih juga camilan berupa kacang asin.... sama tisu basah... lumayan lah...

Sekitar 40 menit... kita mendarat di bandara guilin dengan tidak begitu baik... pendaratannya horror banget... "Gedebrukk.... gubruk gubrukkk gubrruuukkkk...." gak sehalus waktu landing di guang zou... ngantuk nih supir pesawatnya (pilot maksudnya)

Di Guilin sangat berbeda dengan Guang zou... kesan gw di Guilin... "koq gak sebagus di Guang zou yah??" ya iyalah guiin tuh kan masih desooo..... klo mu di bandingin ma guang zou... jauhhh deh... guang zou tuh dah serba otomatis.... dari pintu masuk , wc yang flush otomatis (di bogor juga dah ada kaliii...), sampe tisu yang keluar dengan sangat canggih.. pake sensor gitu... (yang ini sih gw akuin di Indo lum pernah nemu)... hahahaha sebenernya yang pertama kali tau tuh si jenny... cuz dy abis cuci tangan pengen ambil tisu tapi tisunya susah banget keluar... sampe dy teliti tuh mesin... dan "sretttt...." tissu keluar waktu tangan kita do goyangin di bagian badan mesin... dari situlah nih mesin jadi maenan baru si Jenny di Toilet!!!... gak lupa dy cerita2 ke yang laen sampe akhirnya semua ke WC cuman buat nyobain tuh mesin tisuuu... hahahahahahah (tolol banget deh!!)
nah klo di guilin... tisu lu harus ngerol sendiri... hahahaha... terus saat keluar pesawat pun hawa panas langsung menyerang badan... panas banget.... terus.... kita nungguin tas2 koper yang sangat lama di urusinnya... "beuuuhhh... gancang atuh heyyy!!!!"


baru sampe di guilin....

nunggu koper2 di mesin ajaib...

setelah beberapa lama kita semua dah ambil koper dan keluar dari tempat itu... dan di depan bandara kita dah di sambut sama orang2 indo yang udah kuliah di Guilin lebih awal dari kita... gak lupa disambut juga sama Ban Lao Shi... yang ngurusin mahasiswa2 indo yang ada disana.... kita smua di sambut dengan baik dan di giring ke Bus... seperti biasa gw tertinggal di belakang gara2 tas gw yang berat dan banyak.... beuuuhhhh~~~ jalan ke busnya tea ge jauh pijon.... lumayan lah... malem2 pula orangnya teh!!! akhirnya di dalem bus kita mulai di kenalin sama harvei yang merupakan ketua Himpunan mahasiswa Indo ... nama himpunannya HIMIGNU.... yang anggottanya sekarang dah sampe 60an.... (termasuk mahasiswa2 yang baru2 ^^)... gw sih jujur yah gak ngedengerin... cuz gw tepar... ngantuk pisan.... bener2 ngantukkk... jadi gw merem sambil sesekali liat jendela... dan yang keliatan cuman langit gelap dan banyak gunung2 yang bentuknya aneh2.... gak simetris kaya gambar anak TK... sampe gw mulai error lagi dan nanya ke temen gw si Andre, "Dre... kita teh dimana sih??? mu balik ke bandung yah?!" tentu aja si andre gak nanggepin gw... sampe gw bilang... "Eh... kita teh dah di Cina tau!!!! OMG!!!!" sekejab gw jadi stress sendiri... ngeliat tempat yang bener2 gak gw kenal... tempatnya kaya kota tua gitu... kesan klasiknya dapet banget.... dimana di jalan2 masih banyak apak2 (bapa2 cina) pada maen capsah di depan toko cuman pake kolor aja... malem2 padahal....


menuju bus angkutan...


pusing bagi2 busnya...

kira2 itu tuh jam 11an malem... dan di Bus juga udah di kasih tau kita nempetin dorm dimana... ternyata Jenny dan Melissa terpisah... mereka di tempatin di gou jang yen... sedang gw dan yang laen di nan yen... itu tuh 2 gedung berbeda yang jarakna lumaya jauhh..... semustinya sih semua di guo zang yen... tapi karena udah penuh jadi cuman si jenny ma melissa doank yang dape kamar disana... sama beberapa anak yang laen... gak banyak sih... rombongan mahasiswa ke nanning (ferlin, leni dan monik aka ade ayu) tinggal di sana juga semalem... cuz besok mereka lanjutin perjalan ke nanning... final destination mereka...

jadi yang di nan yen yah udah di turunin aja... bersama beberapa orang yang bantuin... hingga turunlah seorang petugas yang jaga tuh asrama muncul,... dy langsung ngabsen gt dan ngajak ngobrol pake mandarin... dalem hati gw... "MAMPUSSSS!!!!" gw cuman cengar cengir... yang g bisa denger dari kata2 dy cuman "Hao ma??"... dan gw jawab aja "hao hao!!! babari gak tau maksud si petugas itu apa... trus kita disuruh bawa barang2 bawaan kita ke lantai 2 dan disana dikasih kunci kamar dan bagi2 kamar....


inilah nan yuan.... our dorm....

bayangin donk... ga ada lift jadi gw ngegotong2 koper gw seberat 25 kilo ditambah tas2 gw yang gak terencanakan itu.... huhhh~~~untungnya gw sekamar ma si golden dan Andre,... wahhh gw seneng banget deh... untung ada mereka... klo ga gw bisa amsyong disini.... akhirnya setelah bagi2 kamar... kita masuk ke kamar kita masing2 dan terheran2 melihat kamarnya....


dari pintu masuk kamar...

Di bayangan kita pasti jelek... cuz tempat kita tuh dorm lama.... tapi tenyata bagus juga dalemnya... udah ada 3 ranjang spring bed kualitas papan... (ranjang berupa papan ^^ dikasih kapuk super tipis... jadi mirip bedcover lah...) tapi disana ada TV, 3 meja belajar kecil, sebuah lemari, dan yang paling penting AC!!!! dan ada kamar mandi lengkap dengan WC dan watafel... hahahaha yah lumayan banget sih ini mah!!! akhirnya kita beres2... gw dah sangat lengket dan gw memutuskan untuk mandi... dan saat gw mandi si petugas kamar dateng ke kamar ngoceh2.... gw gak ngerti sih... sampe beres mandi gw ngeliat si golden ma andre gi beres2 lagi... gw nanya, "Mau pada kemana?!".... "Mau pindah kamar.... ternyata kita bukan di kamar 207... tapi 204....!!" jawab si golden... "Oh yah?!!! masa sih!!!" tanya gw gak percaya....lalu perlahan gw percaya... sambil ngeberesin barang2 gw juga gw ngeringin rambut pake handuk.... dan gak lama si petugas itu dateng lagi dan ngoceh2 lagi.. serem banget... tapi gw herannya si golden malah bilang "xie xie" yang artinya "terimakasih" ke si pak petugas itu... gw sih dah pucet ketakutan... abisnya serem banget si bapa itu dan car ngomongnya juga gak terbiasa.... dan stelah gw nanya ke si golden tadi si bapa ngomong apahan... baru deh gw ngerti kalo ternyata si bapa tadi tuh bae banget...dan ngomongnya sopan banget.. si bapa itu tuh minta maap ngeganggu tengah malem... tadinya memang salah kamar nih kita bertiga.. tapi kata dy kamar 204 nya lum beres juga.. masih berantakan jadi kita disini aja dulu... terus dy bilang maap sampe beberapa kali... wahh...... ternyata gw salah sangka ma si bapa itu.... memang bahasa Mandarin gak bisa gampang di tebak maksudnya... trus ga bisa nilai orang dari tampang dan intonasi ngomongnya.... TT__TT...
setelah itu kita tidur~~~


3B ternyata satu kamar ^^



hari pertama selesai

6 comments:

  1. thummmmmmmmmmmmmmmm
    oooo emmmm jiiiii
    miss u all at chiinnaaaa!!! adyuuuhhh
    gila seru banget banget banget...kamarnya kaya kamar di rumah yah...anget bgt keliatannya..hahahahaha
    aduuuuh kangennnnnnnn
    salam buat yang laen yaahhhhhhh ^^
    miss u sooo
    hen hao xiang nimen dou,,,
    (tiap kali pembicaraan cuman itu yg di sebut)
    hahahahahaha

    ReplyDelete
  2. hahahaha.... miss u tooo ^^
    gak anget2 juga sih.. tuh kasur nipu banget.... tipis banget... 1 cm tebelnya... hahahaha
    iyah memang seru sus... nantikan cerita selanjutnya yah... mungkin uploadnya lama... cuz inetnya berat banget.. hehehehe... salam balik dari semua sus....
    ye hen hao xiang ni....
    hahahaha

    ReplyDelete
  3. baru ngerasain logat asli sana sih thom
    jadi marah ama sedih blom ketahuan
    wakakaka....

    btw itu yang lagi nyari wifi buat ol
    mo ol ato mo nunjukin pada pake "apel somplak"
    wakakaka...

    ReplyDelete
  4. luarbiasa skali perjalananmu thom,
    bribet juga ya ternyata buat ke luar..
    hm..untung cc masi di indo hehhehe^^
    kapan mulai studynya? semangat ya thom!

    ReplyDelete
  5. jolly: iyah udah mulai terbiasa sih sekarang... semua orang disini darah tinggi kayanya ^^... hahahaha iyah tuh pamer apel somplak...

    ci anna: iyah... luar binasa ci.. hahahahaha bribed banget ci ^^... aku dah mulai study koq... cuman belum sempet post lanjutannya... nanti klo dah ada inet di kamar bakal upload deh ^^
    sip deh ci.. thanks yah ^^

    ReplyDelete
  6. tomochaaan...
    hahaha akhirnya aku membaca blogmu.. walaupun blom smua.. puanjang bangeett..
    nanti la ya baru baca lagi.. tadi baru baca sampe km baru di pswt.. yg mau di kasi makan,,
    hehe

    nah plajaran tom..

    itu baru ke CHINA kalo km punya mimpi k amerika/eropa..
    uaduhh..
    inget2 aja tom...
    jangan banyak bawaan,,,
    ga boleh bawa air minum..
    kalo k US tu jakt, tali pinggang, sepatu, kaos kaki dibuka tom...
    sungguhan...

    apa yang kau rasakan di airport Indo tu ga ada apa2nya...
    dan kalo bisa kalo mau k luar negri KUDU timbang/kira2 dulu brp berat kopermu..
    dan pantanglah menenteng.. seminimal mungkin deee...
    hahaha..
    itu sajaa..

    baek2 ya nak disanaa.. ^^

    miss u here.. ga ada yang cerita2 yg critanya t'dengar heboh.. hehehe


    don't forget always take time with Him everyday

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...