Friday, March 12, 2010

Hajad Jagad Art Festival


Hajad Jagad Art Festival adalah sebuah acara seni... yang seni banget... acara yang di buat oleh fakultas seni rupa... dan kebetulan dua karya TomkuU masuk nih acara...(di pamerannya)... namun sayangnya saat pameran dan acara ini berlangsung TomkuU masih di Cina.... ^^... jadi ga bisa ikut memeriahkan nih acara....

Yah TomkuU juga gak gitu jelas bentuk acaranya kaya apa.. tapi yang TomkuU tahu... di acara ini ada acara Cosplay dll.... kalau mau tahu lebih jelasnya... nih TomkuU cariin artikelnya (di copy dari www.maranatha.edu)

Photobucket

Hajad Jagad FSRD Maranatha

Memeriahkan Maranatha Celebration 2009




FSRD, DWA – Tahun ini, Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan sebuah event ekstravagansa yang bertajuk Maranatha Celebration 2009: Smart Education for Smart Life untuk pertama kalinya di sekitar wilayah kampus Maranatha. Selama enam hari, dari Senin (9/11) hingga Sabtu (14/11), delapan fakultas Maranatha akan menggelar expo besar-besaran berupa seminar, touring, pementasan, dan beragam acara menarik lainnya yang ditujukan untuk memperkenalkan fakultas masing-masing kepada khalayak umum. Tak terkecuali yang paling unik dan yang paling menarik perhatian adalah persembahan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Maranatha, yakni Hajad Jagad.

Dalam acara Maranatha Celebration ini, FSRD memang berusaha mempersembahkan satu pesta yang sangat meriah. Kita memberi nama Hajad Jagad karena dari artinya sendiri yaitu hajad yang berarti pesta dan jagad yang berarti semesta. Jadi maksudnya kita ingin mengadakan acara yaitu sebuah pesta untuk khalayak umum,” tutur wakil ketua dari acara, Edwin Pujadiharja.

Mengiringi opening ceremony Maranatha Celebration di hari pertama ini, FSRD juga mengadakan pawai keliling kampus di mana para mahasiswa/I FSRD dan juga para dosen mengenakan beragam kostum unik yang bertema harajuku, horror, daerah dan bahkan koboi. Dengan adanya pawai ini sontak seluruh mata tertuju pada kerumunan orang-orang yang berpakaian serba unik ini. Hal ini mungkin sesuai dengan nama fakultas itu sendiri, seni rupa dan desain, wajar jika mereka menyuguhkan pertunjukan yang berkaitan dengan seni dan desain.

Pawai ini semakin seru dengan mengundang Rektor Maranatha, Prof. Dr. Ir. H.P. Septoratno Siregar, DEA., untuk turut serta dalam arak-arakan pesta kostum yang berlangsung dari gerbang Maranatha sampai ke gedung FSRD sendiri. “Pawai ini berkonsep karnaval, pendekatanya dari arak-arakan, di mana mengajak mahasiswa FSRD khususnya angkatan 2009 untuk berkreatifitas dalam berdandan dan juga untuk mengenalkan FSRD kepada fakultas lain, karena FSRD jarang terdengar juga,” ujar salah seorang panitia, David Stanley, mahasiswa FSRD Maranatha 2005.

Selain karnaval, FSRD juga menyuguhkan street art bekerja sama dengan unit kegiatan seni Maranatha. Dalam street art ini disuguhkan break dance perfoemance dan juga graffiti performance. Penampilan break dance juga disemarakkan oleh murid-murid SMA, seperti SMA BPI 2 dan SMA Pasundan 2. Dalam pertunjukan graffiti terdapat tiga bomber (julukan untuk orang yang melakukan graffiti) yang menghiasi beberapa dinding di pelataran parkir Maranatha dengan torehan-torehan piloks.

Selain itu, FSRD juga menyulap gedung mereka menjadi seperti galeri seni. Dalam gedung berlantai dua itu, koridor dan masing-masing ruangan diubah seperti galeri. Terdapat tujuh ruangan yang diubah dan diberi nama sesuai dengan apa yang dipamerkan dalam ruangan itu, seperti ruangan Abstract Grade 1, Rumah Tinggal Grade 2, Kantor Grade 3, Eksklusif Grade 4. Keempat ruangan ini dibagi berdasarkan karya mahasiswa tiap angkatan mulai dari angkatan 2006-2009 dan juga berdasarkan konsep yang sudah ditetapkan. Seperti tiga ruangan lain yaitu ruangan Pameran tugas akhir, ruang teater, dan ruan Fashion Jewelry.

Maranatha Celebration ini akan berlangsung selama enam hari, namun pada hari pertama, FSRD sudah menyuguhkan sesuatu yang sangat menarik. Sesuai dengan namanya Hajad Jagad, hari pertama ini, FSRD memang menyuguhkan sebuah pesta kepada khalayak umum. Dengan disuguhkannya sebuah karnaval, street art performance, dan pameran karya seni.

.Ash


Dari acara ini... TomkuU cuman dapet kenang-kenangan berupa booklet atau katalog... hehehhe... yah bukti kalau karya TomkUU masuk acara festival seni itu... jadi di foto deh ... hehehhee.....
tampilan depan....


bagian dalam... berisi beberapa karya yang di pamerkan di acara itu.... dan karya TomkuU yang di pamerkan tuh karya Bahasa Rupa berjudul Timun Mas.... ( Post tentang karya Timun Mas )
dan lukisan-lukisan bertajuk Apples ( Post tentang lukisan apple)

No comments:

Post a Comment

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...