Tuesday, January 18, 2011

TK Nyobain Soju


A
pa itu Soju?! Mungkin sebagian dari pembaca dah tau tentang minuman ini... tapi yang masih lum tau nih TK kasih tau... Soju itu sering di bilang arak beras yang berasal dari Korea... untuk rinciannya TK ambil info dari wikipedia nih:

Soju adalah minuman distilasi asal Korea. Sebagian besar merek soju diproduksi di Korea Selatan. Walaupun bahan baku soju tradisional adalah beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka (dangmil). Minuman ini bening tidak berwarna dengan kadar alkohol yang berbeda-beda, mulai dari 20% hingga 45% alkohol berdasarkan volume (ABV). Kadar alkohol yang paling umum untuk soju adalah 20% ABV.
Minuman ini tentunya tidak boleh diminum sama anak2 di bawah usia 21 tahun... kenapa? karena kadar alkoholnya lumayan tinggi... sekitar 20 % - 45 %... beda sama beer yang kadar alkoholnya sekitar 4 - 7% an....

Jujur nih yah.. sejak TK merasakan hidup di China dimana masyarakatnya tukang minum beer... TK juga jadi ketularan... TK seneng minum beer juga... ^^ tapi tenang aja... TK gak pernah mabok kok... nah hari ini (tepatnya siang tadi) TK main ke kamar si Nando... dan disana dy sedang browsing minuman ini... dan dia nawarin ke TK... denger2 harganya Rp 100.000,- sebotol.. terus TK bilang aja suru dia beli... tar TK nyobain aja... eh... ternyata beneran beli tuh anak... tadi pas TK pulang abis beli makan malam di luar, dia manggil TK dan memberikan sebotol Soju yang sudah hampir habis... ^^ lumayan banyak sih... klo di itung pake gelas masih ada setengah gelas.... dan betapa senangnya hati ini bisa nyipin arak beras asal korea ini...


Chum Chorum Soju - Alc 19,5 %


enak!!! ^^

Jujur nih... rasanya agak mirip sama beer... tapi lebih gak semenyengat beer.. tapi efeknya lebih bikin pusing... baru minum dikit badan sudah berasa hangat!!! ^^ asik deh... boleh nih kapan2 beli lagi (semoga si Nando baca!) hahahahahaha kidding dude!!

kadar alkoholnya ini ternyata di bawah 20 %... hanya 19,5 % (HANYA?!) hahahaha

Sedikit sejarah tentang soju nih (Source : wikipedia):

Soju pertama kali dibuat sekitar tahun 1300 sewaktu orang Mongol berperang melawan orang Korea. Teknik distilasi arak dipelajari orang Mongol dari orang Persia sewaktu bangsa Mongol menginvasi Asia Tengah dan Timur Tengah sekitar tahun 1256. Setelah cara membuat arak diajarkan kepada orang Korea, tempat penyulingan arak dibuat orang Korea sekitar kota Kaesong. Di kawasan sekeliling Kaesong, soju juga disebut arak-ju (hangul: 아락주).

Soju banyak dibuat di kota-kota tempat tentara Mongol menetap, misalnya di kota-kota seperti Andong, Kaesong, dan Jeju. Kota Andong hingga kini dikenal sebagai pusat produksi soju tradisional. Dibandingkan makgeolli, soju memiliki kadar alkohol yang tinggi. Dulunya soju adalah minuman mahal sehingga hanya bisa dikonsumsi kalangan tertentu. Setelah teknik pembuatannya diketahui secara luas, soju sedikit demi sedikit mulai dikenal oleh rakyat biasa. Pabrik penyulingan soju mulai didirikan pada awal abad ke-20.

Soju menjadi minuman rakyat yang populer setelah dipakainya sirup gula hasil impor yang berharga murah dalam proses pembuatan soju. Tidak adanya peraturan menyangkut teknik pembuatan dan distilasi menyebabkan produsen dapat membuat soju dengan cara mengencerkan alkohol. Harga soju pun menjadi semakin murah seiring dengan meningkatnya kadar alkohol.

Dan ini adalah foto peralatan tradisional untuk membuat Soju:

Sojugori (소주고리) on the center and different shaped hangari (항아리)


Ps. Thanks buat Nando ^^ sering2 beli dan jangan lupa sama TK :p

2 comments:

  1. Silahkan kalau ada yg mau pesen soju untuk di wilayah Jakarta. Dengan Harga Termurah.

    Utk detail lbh lanjut:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12874135

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...