Monday, January 16, 2012

LAWSON : Mini Market Jepang

Hallo teman-teman pembaca semua... sudah satu minggu lewat 2 hari TK gak update blog... karena sibuk berpindah-pindah tempat dan masalah kerjaan... yah begitulah.. gak perlu diceritakan lebih detail... pokoknya dalam 9 hari kemarin TK menghabiskan waktu di jakarta dan bandung (akhirnya TK keluar dari gua rumah juga!!!

Kali ini TK mau bahas tentang sebuah minimarket yang menurut TK cukup unik dan masih baru... Kebetulan pada hari rabu yang lalu TK menemukan minimarket ini di daerah blora, Jakarta Pusat saat sedang mencari makan malam...

Malam itu TK melangkahkan kaki sendiri dari stasiun busway tosari... TK menyusuri jalan untuk mencari agen travel ke Bandung... cuz di daerah sana ada beberapa yang TK tau... ada Cipaganti, Daytrans, dan ada juga Xtrans... Namun TK memesan tiket Jakarta-Bandung di Cipaganti... terus TK cari makan deh...


Satu persatu kios kaki lima TK lewati... dari tukang bakso sampe tukang sate... tapi TK masih belum berhenti dan menentukan mau makan apa malam itu... padahal perut sudah lapar... hingga akhirnya TK berhenti di depan sebuah minimarket yang masih asing buat TK secara pribadi...

Seperti yang kita ketahui... bisnis waralaba minimarket sudah menjamur.. dan banyak minimarket yang namanya sudah kita kenal dengan baik, seperti : Indomaret, Alfamart, Circle K, Seven Eleven, Yomart dan mart2 lainnya...Nah... kemarin TK cukup bingung saat menemukan minimarket dengan nama "LAWSON"... 

 

Yang bikin TK penasaran itu, saat TK melihat neon box di depan toko ini.. disana terlihat ada sign system yang memberitahukan bahwa di tempat ini menyediakan tempat makan (makan ditempat) dan buka 24 jam... lalu iseng deh TK masuk ke dalam..


Di awal masuk TK emang cukup kaget melihat barang-barang yang dijual... seperti barang-barang yang dijual di Daiso (toko yang menjual barang-barang impor made in jepang), dan disana ada beberapa oven kaca yang mendisplay makanan siap makan seperti siomay, sosis, bento (nasi kotak), dan lain-lain...

TK perhatikan makanan yang dijual disana pun agak berbeda dengan barang-barang di minimarket pada umumnya... disini menjual produk2 dari jepang dengan harga minimarket... lalu TK berhenti di dekat meja kasir karena tertarik dengan 2 buah kotak yang berisi dengan makanan baso dan saudara-saudaranya yang direbus di sana...


Dengan spontan TK teringat sama Taiwan... soalnya TK menemukan hal serupa saat TK main ke Taiwan bulan oktober 2011 lalu... di sana ditiap seven eleven pasti jual makanan serupa... dan TK jadi kangen sama kudapan ini... langsung deh TK tanya-tanya ke si Mba nya tentang produk2 disana...


Pertanyaannya gak jauh dari : berasal dari mana? terbuat dari apa? berapa harganya? dan yang enak yang mana... Untung si Mba Imas (nama si Mba) ramah banget.. dia dengan sangat sabar mengenalkan tiap produk ke TK... bahkan dia suggest beberapa makanan yang menurutnya enak... 

nih makanannya kaya gini :


Ada macem-macem... ada tahu, baso, sosis dan semuanya itu juga bisa macem-macem bahan dasarnya.. ada yang dari ikan, ayam, sapi, kepiting, dll

kalau mau liat menunya.. nih TK fotoin.. beserta harganya


Karena TK kangen sama makanan ini.. langsung deh TK borong... TK asal nunjuk aja.. mau ini itu ini itu... tau-tau udah mahal aja... hahahaha tapi buat TK sih "worth it" kok!!

Saat itulah TK juga ngobrol-ngobrol alias mewawancarai si Mba Imas yang ramah itu... Dari sana TK baru tau kalau minimarket ini rupanya bisnis waralaba baru asal jepang... mangakanya semua barang-barangnya made in jepang semua... dan minimarket ini katanya baru ada di Jakarta... untuk yang di Blora ini kalau gak salah, baru buka bulan juli yang lalu... dan kata si Mba Imas sih di Jakarta sudah ada sekitar 15 outlet... dan dalam waktu dekat akan bertambah lagi... waaahhh... menarik kan!

Selingan sebentar nih... tadi TK cari tahu tentang minimarket ini di wikipedia... dan TK menemukan bahwa minimarket ini benar berasal dari Jepang... 

Secara resmi, minimarket ini pertama kali berdiri pada bulan september 1979... udah lama yah!!! dan ini foto salah satu outletnya di Jepang



ini bagian dalamnya :



Oke... sekarang balik ke menu makan malam yang TK beli...

inilah menu makan malam TK...


Dua buah onigiri (salmon dan tuna) dan semangkuk baso-basoan itu...


Rinciannya sebagai berikut (untung TK safe struknya):
  1. Tahu Baso Ikan             2 x Rp 3.000,-  =  Rp 6.000,-
  2. Fish Stick                      2 x Rp 3.000,-  =  Rp 6.000,-
  3. Baso Sayur                    1 x Rp 6.000,-  =  Rp 6.000,-
  4. Salmon Sausage            1 x Rp 6.000,-  =  Rp 6.000,-
  5. Lobster Ball                   2 x Rp 2.000,-  =  Rp 4.000,-
  6. Chikuwa                        1 x Rp 6.000,-  =  Rp 6.000,-
  7. Onigiri Salmon Flake    1 x Rp 7.000,-  =  Rp 7.000,-
  8. Onigiri Tuna Mayo        1 x Rp 7.000,-  =  Rp 7000,-
  9. Aqua Botol 600 ml        1 x Rp 1.750,-  =  Rp 1.750,-
TOTAL                              =  Rp 49.750,-



Agak kaget sih... pas tau-tau TK sudah membeli makan malam seharga 50 ribu rupiah... tapi gak apa-apalah... sekali-kali juga... biar gak penasaran juga sama nih minimarket dan makanannya... dan jujur TK puas... ^^

Cuz rasa makanannya juga enak... selain itu disana juga bisa buat nongkrong-nongkrong... di lantai dua minimarket itu disediakan tempat duduk dan meja.. dan ada AC nya juga... jadi mini market ini secara gak langsung berfungsi juga sebagai foodcourt.. hehehe...

 

Oke deh... sekian liputan TK tentang minimarket Jepang LAWSON di Indonesia (lebih detailnya di Jakarta)... kalau kalian penasaran sama makanan jepang... kesini aja... jadi gak usah jauh-jauh ke jepang... sama aja toh produknya... salam kuliner ^^


Info Lokasi:

PT. MIDI UTAMA INDONESIA, Tbk
LAWSON BLORA
jl. Blora No. 24  RT. 002 / 005
Kel. Menteng - Kec. Menteng
Jakarta Pusat

6 comments:

  1. wah kapan2 mampir ah kalo liat plangnya.... hehehe...

    btw kirain mini market dari negeri paman sam, taunya dari negeri sakura. hehehe

    ReplyDelete
  2. waaahh..baru tau saya..hehehe

    hmm.enak-enak tuh kayaknya bakso ikan sama onigirinya... :p~

    ReplyDelete
  3. Wah udah 15 outlet tho,
    aku baru pernah yang di Kemang.
    Tapi kok menurutku lebih enak di 7-eleven ya, hmmm...

    ReplyDelete
  4. bakalan jadi alternatif lain tempat nongkrong, thank u infonya.
    btw bakso-baksoan itu namanya oden. yang unik tetep kalau di indo oden nya dikasi saos sachet ya. kalo di jpn gak ada tambahan saos sambal. lumayan bisa ngobatin kangen ama masakan jpn.

    ReplyDelete
  5. dibandung juga udah ada lho,.,.,,,di sekitaran cihampelas, pasir kaliki (dekat RS hasan sadikin bdg), sama surya sumanti
    mantap bro selain bisa nyicipin maskan jepang juga tersedia free wifi,,,enak kan nongkrong sambil internetan

    ReplyDelete
  6. dibandung juga ada lho ( di cihampelas, pasir kaliki ( dekat Rs hasan sadikin bandung) sama di surya somantri pasteur..
    matap broo!!! disediain wifi gratis,,asyik buat nongkrong ,pesta ultah,juga hang out bareng temen2

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...