Monday, May 14, 2012

Se'i Baun from Kupang (Recomended)


Selamat siang TKers di mana pun kalian berada?! Udah pada makan siang lum?! udah waktunya makan nih... jangan telat makan yah... hihihihihi (basa basi busuk).... Ngomonging masalah makan siang... TK mau post tentang satu makanan yang buat TK secara pribadi tergolong baru dan FABULOUS.... Nama makanan ini adalah "Se'i" (Baca Se yi) dan makanan ini merupakan makanan khas dari Pulau Kupang (Nusa Tenggara Timur)...

Kata "Se'i" berasal dari bahasa Pulau Rote yang artinya "Daging tipis yang diiris memanjang"... jadi udah jelas donk klo Se'i ini adalah daging.... Dan yang perlu digaris bawahi kalau Se'i ini bisa dibilang daging asap... karena proses pembuatannya dengan cara diasapi...

Sebelum TK membahas lebih detail tentang Se'i, TK mau cerita dulu gimana TK bisa kenal sama kuliner yang satu ini...

Kemarin merupakan kali pertama TK kenal dan mencicipi makanan ini... Makanan ini asli dibuat di Kupang loh! Tapi bukan berarti kemarin TK pergi ke Kupang... ^^ Jadi begini... kemarin (hari Minggu) TK kan pergi ke acara Arisan Keluarga yang diadakan di salah satu rumah sepupu TK yang bernama Neilma... Nah.. si Neilma ini sudah berkeluarga sekarang... malah sebentar lagi bakal punya baby dan TK bakal jadi "uncle" hahahaha... Nah.. si Neilma ini lah yang kenalin makanan ini ke TK... Soalnya suaminya Neilma itu asli orang Kupang.. tapi udah lama tinggal di Bogor sih... Namanya Gerson, tapi kita memanggilnya dengan sebutan "Ka Gerson"....

Sejak menikah dengan Ka Gerson lah si Neilma mulai berbisnis makanan ini... dan tau gak kalau Se'i yang dijual pasangan suami istri ini asli buatan Kupang!! Tepatnya dari kampung yang bernama "Baun"... jadi mereka sengaja kirim langsung dari sana... Jadi dijamin keaslian dan cita rasanya... 

Menurut cerita Neilma, Ka Gerson dulu pernah mencoba memproduksi Se'i sendiri di sini (di Bogor), namun hasilnya berbeda dengan yang asli... hal ini dikarenakan di sini susah ditemukan pohon Kusambi yang menjadi bahan pelengkap dalam pengasapan Se'i ini....

Oh yah.. pasti pada bertanya-tanya donk daging Se'i itu dibuat dari daging apa?! 

Se'i itu bisa dibuat dari beberapa jenis daging, diantaranya daging Babi, Sapi, Rusa bahkan sampai daging ikan paus... Namun kan daging rusa dan paus agak susah yah didapat... jadi yang umumnya dijadikan Se'i adalah daging sapi atau daging babi... Tapi kayaknya semua daging yang bisa diiris tipis dan dimasak dengan cara diasap ala orang kupang bisa disebut Se'i deh... (sotoy tapi sedikit yakin)... Soalnya si Neilma bilang.. "Se'i itu daging yang diasap (dengan tradisi orang kupang)"...

Nah cara ngasepnya juga ada ketentuannya nih... 

Daging segar yang sudah diiris tipis memanjang dengan lebar sekitar 3-4 cm (sekitar 2 jari orang dewasa) diletakan diatas panggangan tradisional yang jarak ke bara api (arang) itu sekitar 1 meter... jadi daging itu bener-bener mateng karena panas asap yang dihasilkan oleh api...

Selain itu saat memanggang, mereka menggunakan daun Kusambi/Kosambi (konon tanaman ini cukup langka... dan hanya ditemukan di daerah Indonesia bagian timur) yang berfungsi untuk menyarung panas dan asap yang berlebihan... sehingga aroma asli dan cita rasa asli serta warna dari daging Se'i tetap terjaga....


Daging Se'i yang baik itu akan berwarna kemerahan dan aromanya khas banget... wangi daging asap yang baru menciumnya aja langsung bikin air liur mengalir... TK ngalamin sendiri... kemarin pas di dapur rumah Neilma, saat makan siang, Neilma nawarin Se'i ke TK.. dan TK penasaran... apahan sih Se'i itu... sampe akhirnya dia buka oven dan langsung tercium bau daging asap yang lezat banget... dan ternyata sekali coba langsung ketagihan...

Balik lagi ke masalah proses pembuatan Se'i... kalau yang bener-bener tradisional tuh.. daging segar yang sebelum dipanggang biasanya dimasukan kedalam karung dan digantungkan selama beberapa jam... tujuannya adalah untuk mengeringkan darah-darah yang ada pada daging... dan bisa diakui, proses pembuatan Se'i ini jauh lebih lama dari pada daging asap pada umumnya... jadi gak usah kaget kalau harganya cukup mahal... soalnya bikinnya susah... tapi WORTH IT banget!!! setimpal dengan rasanya...




Pas pertama TK dikasih makanan ini... TK ngeliat bentuknya sih gak beda jauh sama Ribs asap atau daging asap lainnya... malah keliatannya dagingnya keras dan susah dikunyah... ternyata oh ternyata... empuk juga! tapi emang ada sedikit liat nya.. tapi masih normal... dan enak banget deh! TK beneran sampe ketagihan! dan akhirnya TK dibawain satu tempat berisi Se'i asli kupang ini sebelum pulang... seneng banget deh!!! soalnya berasa banget klo makanan ini FABULOUS.... walau di tempat aslinya, Se'i bisa ditemukan di pinggir jalan... udah kaya jajanan pinggiran... 

TK sih lum cobain yang Se'i Sapi... karena kemarin TK udah tergila-gila sama Se'i dari bahan daging Babi... hahahaha... aduh jadi laper lagi deh!!!

Eh... ampir kelupaan... 

Ada sambal yang dibuat untuk pelengkap memakan Se'i, nama sambalnya adalah sambal "Lu'at"... Tentu sambal ini juga berasal dari kupang.. jadi sambelnya masih dikirim langsung dari kupang... Gak bikin sendiri dengan alasan untuk menjaga keaslian dan citarasanya... TK sih gak cobain nih sambel... cuz kata si Neilma pedes banget... tapi TK nyium aroma sambelnya kok... wangi banget.. dan setelah TK cari info di wikipedia tentang sambal ini, ternyata sambal Lu'at terbuat dari bahan baku cabe merah dan cabe-cabe lainnya.. namun ditambahkan kulit jeruk juga... jadi ada aroma jeruknya.. pantes aja jadi wangi...


Nah... sekarang kalian pasti penasaran donk pengen cobain sendiri... kebetulan di Kota Bogor... cuman Neilma dan Ka Gerson aja loh yang jual nih makanan... Beberapa bulan yang lalu mereka buka resto bernama "Se'i Baun Resto" yang berlokasi di Jl. Sukasari... namun karena mereka gak bisa perpanjang tempatnya.. kini mereka sudah menutup restonya...



Sekarang sih mereka jualan tiap hari minggu aja di Kantin Gereja Zebout Bogor... di jam makan siang tentunya...

Harganya berkisar dari Rp 10.000,- sampai RP 15.000,- per porsi..

Porsinya kaya gini nih :
 
 Daging Se'i (ada sapi atau babi), nasi putih, lalapan, dan tentu sambal Lu'at

"Tapi gimana donk kalau gak tau tempatnya atau males pergi ke Kantin Gereja Zebaot?!"

Gak usah sedih... Kalian masih bisa beli daging ini dengan cara pesan via telepon... jadi produk Se'i Baun ini dijual dalam kemasan beku... jadi kalian bisa membeli dan memakannya di rumah... cara masaknya juga mudah.... 

Daging Se'i bisa kalian hangatkan di Microwive, Oven, atau kalian bisa panaskan diatas teflon... kasih mentega aja dikit... kalo si Neilma sih biasanya dimasukin ke Oven... 

Oh yah... daging Se'i yang beku ini bisa tahan lama loh!!! tinggal taro di frezzer aja... jadi bisa dijadikan persediaan makanan dirumah...

Kalau kata temen-temen TK yang asli kupang, daging Se'i ini enak dimasak pake nasi goreng... dan TK langsung request ke mama minta dibuatin nasi goreng pake daging Se'i, lalu tadi pagi di meja makan sudah tersaji....


"Dan beneran enak loh!!!!"

SO... buat ibu-ibu atau teman-teman yang suka pusing mau masak apa dan males beli-beli makanan di luar... boleh deh cobain nyetok nih daging di kulkas kalian... hahahaha mayan loh.. nasi goreng biasa aja bisa jadi special banget...

Untuk harga Se'i Beku :

Sapi 1/4 kg @ Rp 60.000,-
Babi 1/4 kg @ Rp 50.000,-

Kalau ada yang tertarik atau mau beli Se'i Beku... bisa langsung hubungin langsung sepupu TK di :

Neilma Taunu Tauran
0812 8381 557
0818 0759 2279


Eh... kalau dari TKers sekalian ada yang punya bisnis tempat makan atau resto... kalian bisa kerja sama tuh sama si Neilma... coba aja hubungin dia.. sapa tau dia bisa supply Se'i asli kupang ke restoran kalian!!!! IDE BRILIANT BUKAN?!!!

Oke deh.. segini dulu liputan TK tentang kuliner khas Kupang... Semoga menginspirasi TKers dimana pun kalian berada... ^^ Oh.. yah.. Thanks buat Neilma dan Ka Gerson yang udah kasih TK perbekalan Se'i nya... ahhahahaa.. TK suka banget !!!!

40 comments:

  1. murah juga yah? cuman 10ribu... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sesuatu yah?! soalnya ini kan lum masuk mall... klo udah masuk mall bisa naik 3x lipat harganya ^^ mungkin satu porsi bisa 35 ribuan...

      Delete
  2. ihh..jadi ngiler pengen cobain...ntar ah kapan2 kalo ke bogor mau mampir...ato pesen yaa? galawww dehh..hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... mending mampir kesana sekali... cobain yang aslinya kaya gimana... trus pulang borong deh yang bekunya... hahahahaha

      Delete
  3. Sei emang mantep! Dulu suka dikasi temen yang tinggal di Kupang. Enak, awet n gampang dimasak jadi apa aja. Itu kantin yg di Gereja Zebaoth cuma buka minggu doang dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu juga udah cobain yah... iya yah enak yah!!! *seneng ternyata ada yang tau juga

      bener tuh!!! bisa dimasak apa aja... jadi berkesan kaya nugget yah?!

      iyah cuman minggu aja sob...

      Delete
  4. coba deh TK rekomin sepupunya buat ngenalin bisnis kulinernya di http://www.sedapur.com atau web tentang kuliner lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks masukannya mas... Tar TK suruh coba kenalin disana deh ^^

      Delete
  5. nelen ludah terus baca dari awal ampe akhir

    ReplyDelete
  6. tapi gak boleh makan daging babi nih...
    ngilernya sih bikin ngiler.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... kayanya gak baca postingannya nih si Riu... kan TK dah jelasin kalau Se'i ini gak cuman babi... tapi ada yang sapi juga...

      Delete
  7. wuii menarik banget.. jadi laper tom! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah tar klo ada kesempatan harus cobain ko ^^

      met makan

      Delete
  8. Kirain TK ke Kupang, hehehe...
    Baru tau nih makanan itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen deh ke kupang...

      hahahaha mayan yah un... nambah wawasan ^^

      Delete
  9. LAPER LAPERR.. kirimin Se'i nya yah bang ke kantor, gak pake lama..!

    ihh 10-15rb sihh murahh lah tekaa, aku kira sampe 40rb perporsi..
    itu kayak babi panggang yah bentuknya,,aihh sumpah ngiler abiss ihh~
    udah deket2 jem makan siang eh ngeliat daging2 menggiurkan disiniii #cacingdiperutpadabangkitdarikubur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah murah sih klo yang paketnya... ^^

      tapi kan itu harga yg masih normal... lum masuk ke mall... klo udah masuk mall pasti langsung 40 ribuan,... hahahaha...

      enak banget ga boong ^^ iyah kaya babi panggang gt... tapi ini lebih harum dan lebih empuk... tapi tetep ada renyah nya... jadi laper juga...

      Delete
  10. woow!! murah ya mas, gak nyampe duapuluh, mending makan itu daripada kfc hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah betul banget!!! lebih enak pula... hahahhaa...

      Delete
  11. keliatannya enak yaaaah...
    klo di tempat asal aku di manado juga banyak yang di asap-in kyk gini, dari mulai ikan sampe tikus, tapi ga ngerti gimana cara ngasapnya. hebat nih TK sampe tau gimana proses bikin nya hihihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah timur makanannya manteb-manteb yah... di manado juga makanannya kan enak-enak.... walau cenderung agak pedas yah... hehehe TK kan nanya-nanya sama sepupu TK... dan nyari tau juga di om google ^^

      Delete
  12. bisa juga dah disajiin saat lebaran, tapi pake daging sapi tentunya.
    jadi kan, sajian kuliner di hari lebaran lebih variatif.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul....

      bisa di sajikan buat variasi menu makanan pas lebaran... ^^

      Delete
  13. aah
    laper

    btw, denger2 konser lady gaga dibatalin yah?

    EL

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih laper...

      wah masih kontroversi itu sih...

      Delete
  14. bujut .. pasti enak bener nih ..
    shhh..
    ngiler

    ReplyDelete
  15. kebetulan saya pernah tgl di kupang hmpr 10 th, jadi dah bolak balik makan sei babi... nih cara buatnya :
    daging sapi/babi diiris tipis dg ketebalan 3cm dan dipotong memanjang. Remas2 dengan bumbu (sesuai selera & rahasia) tapi pake garam dan kecap asin aja bisa kok. Biarkan satu malam dengan memasukkan di karung plastik, gantung atau pres dg pemberat, semalam hingga darah keluar. Esoknya daging siap diolah, bisa di masak dalam oven atau dipanggang pake kayu kosambi. kalau daging sapi diberi kesumba merah sebelum diberi garam.

    ReplyDelete
  16. Ada oenelitian oleh FAPET UNDANA se'i pakai liquid smoke (asap cair). mau tau lebih banyak silahkan tanya langsung ke FAPET UNDANA.

    ReplyDelete
  17. Sei memang nikmat banget, cara masaknya pun gampang. Masakan favorit keluarga. Masih tersediakah di Bogor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih tersedia kok.. contact aja langsung penjualnya ^^

      Delete
  18. maaf bang bukan pulau kupang tapi kota kupang,,
    kalo menurut saya sih masih enakkan se'i babi ketimbang se'i sapi,,
    tapi yang pasti sementara baca blog ini saya dah ngiler duluan nih,,

    ReplyDelete
  19. mau tanya bung apa masi jual Se'i....???? klo mau pesen gmana....sy tinggal di jakarta...thx

    ReplyDelete
  20. bro... apa masi jualan daging se'i...?

    ReplyDelete
  21. Halloo bro/sist yg ada di blog nya Tomkuu ini..

    Bagi yg minat sm se'i bisa lgsg kontak ke nomor : 0812 8381 557 atau 0818 0759 2279

    Tersedia dlm keadaan beku (frozen)..

    Utk area bogor bisa cod..
    Utk luar bogor qt pake JNE YES (Yakin Esok Sampai)

    Buruaannnn order !!!

    Selama persediaan masih ada !!!

    Thank you ..

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...