Saturday, May 11, 2013

Fabulous Backpacker - Ngebolang Ke Lombok


Minggu, 7 April 2013 - Setelah menghabiskan sarapan, kami pun langsung berkemas dan check out dari penginapan yang kami tempati di Bali. Pagi itu kami akan melakukan perjalanan yang cukup panjang menuju Lombok. Namun tujan akhir kami sebeneranya adalah Gili Trawangan.

Merasa sudah cukup menikmati Bali, kami berempat (TK, Adi, Andri dan Ronald) berbekal 2 buah sepeda motor, sepakat untuk pindah lokasi liburan ke Gili Trawangan... soalnya banyak yang bilang kalau Gili Trawangan itu tempatnya bagus... so tanpa informasi yang cukup lengkap, kami pun nekat berangkat... hanya berbekal sedikit cerita orang-orang dan Sygic (aplikasi navigasi di ipad)...

Dari beberapa sumber mengatakan kalau untuk ke gili trawangan bisa di tempuh lewat jalan darat dan ongkosnya gak akan semahal kalau naik jetboat... so kami pun ceritanya sih nyari yang lebih murah, walau konsekuensinya bakal lama di jalan... tapi kami sih saat itu antusias-antusias aja... karena rasanya ada aroma petualangan di depan sana ^^
Jam 9 pagi kami sudah pergi dari Kuta untuk menuju check point kami yang pertama, yaitu Pelabuhan Padang Bai... di mana dari sana kami akan naik kapal Ferry dan menyeberang ke pulau Lombok... Ternyata sarapan yang kami makan di penginapan tidaklah cukup untuk mengganjal perut ini.. so di perjalanan perut kami pun sudah keroncongan dan langsung deh cari tempat untuk makan siang dulu... kebetulan saat itu sudah jam 11an juga...

Kami pun berhenti di sebuah tempat makan bernama Lesehan Sari Baruna di daerah Pesinggahan...



Sesuai dengan namanya (lesehan), di tempat ini tersedia beberapa tempat duduk lesehan.... tapi ada juga sih tempat duduk yang normal.. TK dkk sih gak mau duduk di lesehan.. soalnya kami butuh tempat duduk yang ada senderannya... udah terlalu capek duduk di motor...



Tempat ini menjual makanan-makanan yang terbuat dari ikan! menu specialnya adalah sate lilit dari ikan Tuna dan pepes Tuna nya...



Kami sih beli paket komplit gitu.. namanya Paket Ikan Laut... bentuknya kayak di bawah ini:



Paket terdiri dari : Nasi, sate lilit ikan Tuna dan ikan laut lainnya, pepes ikan tuna, baso ikan tuna, kacang, sambal dan sayur buncis... Harga perporsi Rp 20.000,- sajah... udah sama es teh manis juga...

Sehabis makan, kami pun langsung melanjutkan perjalanan kami.. karena gak mau buang-buang waktu dengan sia-sia... gak lupa kami pun update dulu lokasi kami di Sygic biar navigasinya gak kacaw...


Kami berempat gak ada yang tau jalan di Bali terlebih sampe ke Lombok.. tapi karena ada Sygic semua  masalah navigasi rasanya jadi mudah... Sygic itu adalah applikasi navigasi yang bisa diinstall di iPad... bayar sih (harganya sekitar 400 ribuan).. Kebetulan si Andri pernah beli tuh aplikasinya... jadi yang memimpin perjalanan si Andri deh.. soalnya dia yang pegang ipadnya...

ini Rute kita (dari Denpasar-Bali menju Pamenang di Lombok Barat) :


Cara kerjanya gini, kita tinggal search nama lokasi spesifik yang mau kita tuju... nanti Sygic bakal buatin rutenya secara detail buat kita... dan gak perlu diliatin juga sih petanya, karena Sygic bisa ngomong gitu... tinggal pake headset aja,.. nanti dia bakal ngasih tau kita kapan harus belok kiri atau belok kanan... Canggih yah!!! 


Ketika semua sudah siap... kami pun melanjutkan perjalanan lagi... 

TK and Adi


Perjalanan menuju Padang Bai hari itu cerah, malah sedikit terik.. tapi better dari pada hujan... Sekitar pukul 12 siang kami pun sampai juga di Pelabuhan Padang Bai... kasih tepuk tangan deh buat 4 orang Jawara ini... dan juga buat Sygic.. ^^


Untuk menyeberang ke Lombok, kami perlu menggunakan kapal ferry (kalau mau bawa motor or mobil), kalau gak bawa transportasi sih sebenernya bisa naik kapal lain yang lebih cepat... 

Kemarin itu, TK dkk juga ditawarin sih sama beberapa calo untuk menggunakan boat mereka menyeberang ke Gili Trawangan langsung... konon cuman 1 jam aja... harganya 600 ribu per orang (PP).. cuman kami ngerasa kemahalan (karena masih gak tau) dan akhirnya tetep memilih menggunakan kapal Ferry yang tarifnya hanya Rp 110.000,-/motor (dibagi 2 jadi Rp 55.000,- / orang) 


Saat itu pas banget Kapal Ferry yang akan kami naiki datang... jadi kami cuman nunggu bentar sampai si kapal ferry merapat lalu kami bisa masuk...


ini kartu tiket nyeberang Kapal Ferry (Gol II = Motor)

Gak lama kami pun sudah melaju masuk kedalam perut kapal Ferry...



ini bagian dalam perut kapal ferry yang jadi tempat parkir kendaraan-kendaraan...



Untuk para penumpang sih, kita bisa duduk-duduk di lantai 2 atau 3.... di sana tersedia kursi-kursi sampai kamar-kamar (sewa) untuk kita gunakan dalam membunuh waktu...



Lumayan bersih sih ruangannya.. gak ada sampah yang berserakan... cuman kursinya terlihat udah agak kotor aja.. jadi agak gimana gitu yah... awalnya kita duduk di kursi yang hadap-hadapan gitu... ceritanya sih biar bisa ngobrol... tapi pada akhirnya kami pindah ke bagian depan nyari tempat duduk yang sendiri-sendiri dan menghadap ke depan... soalnya takut mabok klo posisi mundur kan...


Adi & TK


Ronald & Andri

Oh yah.. sebelum berangkat, bakal banyak penjual-penjual makanan yang berjualan di sini... saran dari TK sih beli makanan deh... soalnya perjalanan dari Bali ke Lombok itu lamaaaaaa banget klo pake ferry.. sekitar 5-6 jam... dan TK salah banget gak beli makanan sebelum berangkat... padahal makanan yang dijual gak mahal juga.. cuman 5 ribuan...

Jam 1 siang, kapal ferry pun berangkat... ini pemandangan dari tempat duduk kami :



Beberapa menit pertama kami masih seru ketawa-ketiwi... ngobrolin ini-itu... tapi gak lama rasanya gak ada yang perlu diperbincangkan lagi.. semua mulai pada sibuk sama diri masing-masing untuk membunuh rasa bosan... mau chatting, bbman, atau internetan? GAK ADA SINYAL... ini sih namanya MATI GAYA~~~



Beberapa saat kemudian... semua udah mulai tidur... mungkin satu-satunya cara adalah tidur... TK juga udah nyoba buat tidur.. tapi susah ihhh... panas soalnya.. AC nya gak tau kenapa gak dingin gitu... terus ada anak kecil yang lari-lari dan teriak-teriak.. bikin emosi jiwa deh... sampe akhirnya TK minum antimo biar gak mabok.. dan berharap jadi ngantuk dan bisa tidur...



Ternyata TK cuman tidur 2 jam aja... gak bisa lebih... so TK jalan-jalan muterin kapal aja deh... sambil foto-fotoin suasana di Kapal itu...



Tidur Berjama'ah



Laen kali harus ikutin cara mereka nih... ah tapi laen kali sih gak mau pake Ferry ah!!! LAMA!



TK akhirnya naik ke lantai 3 dari kapal itu... di sana TK bisa nikmatin hembusan angin laut dan pemandangan laut laut dan laut...



Sampe akhirnya terlihat daratan di ujung sana... YEEEYY akhirnya mau sampe juga di Lombok... walau udah terlihat dekat.. nyatanya masih jauh loh itu!



Sekitar jam 5 WITA, kami pun tiba di Pelabuhan Lembar - Lombok dan disambut dengan hujan... gak terlalu besar sih, tapi udah bikin kita pusing... di satu sisi gak mungkin kalau kita terobos hujan,... tapi disatu sisi kami buru-buru juga.. soalnya kita pengen nyeberang ke Gili Trawangan malem itu juga.. akhirnya kami putuskan untuk terjang hujan dengan menggunakan jas hujan... untungnya setelah keluar dari daerah pelabuhan Lembar.. hujan pun berhenti.. dan kami berhenti sebentar untuk mensetting kembali Sygic...



Lagi setting Sygic sambil pelajarin rutenya...

Check Point berikutnya adalah Pelabuhan Bangsal di daerah Pamenang... dari sana kita bisa menggunakan perahu nelayan untuk menyeberang ke Pulau Gili Trawangan.. motor bisa kami titipkan di tempat penitipan motor...



Cuman kami agak pesimis sih... bakal keburu apa engga... soalnya nyeberang laut malem-malem kan kayanya gak dianjurkan juga yah... tapi terjang aja dulu deh...

Motor kami pun melaju lagi melintasi jalan-jalan di Lombok...





Langit sudah semakin gelap.. dan kami pun baru tiba di Kota Mataram... perjalanan masih jauhhh.. mana jalanan mulai agak macet... perut sudah keroncongan lagi...



Kami pun putuskan untuk istirahat bentar sambil makan malam di daerah Cakranegara - Mataram... Untuk makan malam nya.. kami nyari makanan yang khas dari kota Mataram.. yaitu ayam Taliwang... dan kami nemu Rumah Makan Taliwang "Kania"...



Sampe sana langsung cuci tangan.. dan pesen Ayam Taliwang 4 porsi...



Ternyata yang namanya ayam Taliwang itu sama aja sama ayam bakar or goreng yah... hahaha atau ada bedanya sih? TK gak tau bedanya apa.. hahaha mungkin cuman namanya aja kali yah?



Dalam membeli makanan di tempat asing hendaklah kita bertanya dulu sebelum membeli.. jangan sampe kaya kita yang main beli tanpa tau harga... dan tau-tau harga makanannya mahal... Untuk satu porsi (ayam 1 ekor + nasi) Rp 50.000,- .... Buset yah!! dan gak kira-kira banget... satu porsi = 1 ekor ayam... kalau tau seporsinya 1 ekor ayam kan bisa makan berdua sama temen, jadi tinggal nambah nasi aja gitu yah.. Konon sih klo di Mataram sini memang gitu... klo beli ayam tuh itungannya per ekor... klo beli KFC di Mataram gini juga gak yah?


Waktu menunjukan pukul 8 malam.. dan tampaknya kami harus mengurungkan niat untuk menyebrang ke Gili Trawangan malam ini.. so kami langsung ubah rencana deh... Kami memutuskan untuk mencari penginapan di daerah Senggigi dan melanjutkan perjalanan besok pagi-pagi... dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal kira-kira 2 jam lah...

Malam itu, masih di tempat makan Taliwang, kami nyari penginapan murah lewat internet.. dan akhirnya nemu juga.. so kita tinggal setting alamatnya di Sygic.. terus kita tinggal ikutin petunjuknya deh...

Kami pun melanjutkan perjalanan menuju penginapan di daerah Senggigi.. perjalanan dari Mataram ke Senggigi kurang lebih 1 jam.. Akhirnya kami sampai di penginapan itu... nama penginapannya "Ressa Home Stay".. harga sewa kamarnya saat itu Rp 140.000,-/ malam (untuk 2 orang)... tadinya sih kita cuman mau pesan 1 kamar aja terus dipake tidur berempat.. biar murah.. namanya juga backpacker.. tapi ternyata gak boleh sama yang punya home stay nya (orang jepang).. akhirnya kita pesen satu kamar lagi.. dan dapet diskon jadi Rp 130.000,-/ malam (untuk 2 orang)... lumayan lah.. jadi satu orang cuman bayar 65 ribu saja...

Setelah meletakan barang-barang di kamar.. TK dan Adi pergi keluar lagi buat liat-liat daerah sekitar senggigi situ... tapi ternyata gak ada apa-apa selain pohon di kiri kanan... gak ada tempat nongkrong gitu kaya di bali.. di Senggigi sih klo malem sepiiiii banget... so akhirnya kita balik ke penginapan... tapi di tengah jalan kita mampir di sebuah warung... dan TK pesen makanan lagi.. entah kenapa rasanya masih lapar,... so TK pesan nasi Bungkus (jenggo) @Rp 4.000,- dan Mie instan pake telur @ Rp 5.000,-.. murah juga yah!



Sehabis TK dan Adi balik ke penginapan... lalu mandi.. beres-beres dan langsung istirahat... beeeeuuuhh rasanya enak banget loh ketemu ranjang... sehabis cape seharian di jalan dan di atas motor... pantat aja udah berasa rata... Malem itu kami tidur sangat nyenyak,...


============================ Hari Berikutnya =============================


Senin, 8 April 2013 Pukul 07:00 WITA

Kalau si Andri gak ngetok pintu kamar.. mungkin TK sama si Adi gak bangun deh dari tidur... gila sampe bablas gitu.. padahal kita kan harus melanjutkan perjalanan... Jadi pas bangun tidur langsung gerabak gerubuk gitu... lansung beres-beresin baju... untungnya kita memang gak bawa banyak barang sih.. cuman bawa 1 tas aja (isinya cuman beberapa setel pakaian rumah)

Saat keluar kamar... ternyata di meja teras kamar sudah tersedia sarapan roti bakar isi pisang, buah-buahan (pepaya sama nanas doank sih) dan teh hangat... ihhhhh asik yah!! gak nyangka loh dikasih sarapan... 


Pada penasaran yah Ressa Home Stay itu bentuknya kayak apa?? nih TK fotoin... sapa tau kalian ada yang mengalami nasib sama kaya TK dkk terjebak di Senggigi dan harus menginap... Kalian bisa deh coba cari tempat ini...

Di tempat ini tersedia 8 kamar yang bentuknya mirip kamar kontrakan gitu... tiap kamar ada kamar mandinya... gak ada AC sih.. cuman pake kipas angin aja... Tapi fasilitas lainnya disini ada Free Wifi... dan pengurus penginapan serta pemiliknya ramah banget...

nah yang kiri itu kamar TK sama Adi...

ada tamannya..


ini ranjangnya... di sediain handuk juga loh!



kamar mandinya yah ala kadarnya... tapi udah pake Shower kok walau WC nya jongkok... perjuangan juga emang klo WC jongkok yah... bisa sesemuteun (kesemutan) tiap abis ee... >_<

Dan ini Kartu namanya :





oke.. lanjut ke cerita yah...

Sehabis berpamitan dengan si pemilik penginapan yang orang jepang itu.. kami pun melanjutkan perjalanan kami... pagi-pagi di jalanan seger juga loh! apalagi di sini masih banyak pepohonan...



Untuk tiba di pelabuhan Bangsal, kami harus melewati perbukitan dan pergunungan... Jalannya berliku-liku, naik-turun... tapi untungnya jalanannya sih udah bagus banget... HALUSSS... sampe heran.. padahal ini di daerah pegunungan.. tapi aspalnya bagus banget... beda sama bandung yang udah perkotaan tapi jalanannya berlubang-lubang...







Perbukitan dan gunung-gunung di sini berkolaborasi dengan laut di sisi lainnya.. jadi bikin pemandangan yang keren...



Bikin gak bosen di jalan deh.. soalnya pemandangannya bagus... Akhirnya kita gak tahan... dan kita berhenti di sebuah spot tebing gitu buat foto-foto dulu...



Di sini TK ketemu temen baru.. namanua si belang... hahahaha... lucu banget ini kucing gak tau muncul dari mana.. pas TK lagi foto-foto tiba-tiba nih kucing nyamperin TK sambil ngeong-ngeong.. terus manja-manjaan gitu... sebenernya TK kurang gitu suka sama kucing sih... tapi kalau ketemu kucing jinak dan manja kaya gini rasanya kok bisa jadi suka yah... hehheehe



Nih kolaborasi laut sama gunung...



Gak berlama-lama, kami pun kembali melanjutkan perjalanan kami.. dan disepanjang jalan TK terus foto-foto... soalnya makin bagus aja pemandangannya...



Gak sengaja nemu rumah dengan tulisan nama "TOM'S" ... wih... berasa memiliki deh.. hahahha


BAGUS YAH PEMANDANGANNYA~!!!



dan... akhirnya kita sampai juga di Pelabuhan Bangsal!!!! YEEEYYYY~~~ sudah semakin dekat dengan GILI TRAWANGAN~~ langsung semangat gitu... dan waktu menunjukan pukul 9 WITA... Kita langsung parkirin motor kita di tempat penitipan motor di dekat pelabuhan.. harga parkirnya Rp 10.000,-/hari...


Tempat parkirnya aman kok! jadi gak usah khawatir...


Sehabis parkirin motor, kita langsung beli tiket perahu untuk menyeberang ke Gili Trawangan.. harganya Rp 10.000,- / orang... nah biasanya tuh harus nunggu beberapa orang dulu baru perahunya jalan...


Tiketnya

Jam setengah 10 waktu Indonesia bagian tengah, kami sudah ada di atas perahu yang sedang melaju menyeberang dari Lombok ke Gili Trawangan... perjalanan diperkirakan sekitar 40 menit...  keadaan laut saat itu cukup tenang walau langit agak mendung...

Suasana di perahu seperti ini :


duduk bareng-bareng sama Turis lokal dan mancanegara.. juga sama orang-orang asli Gili-Lombok yang setiap harinya mengantar bahan-bahan makanan...


oke deh.. cerita perjalanan di Lombok menuju Gili Trawangan sekian dulu... cerita berikutnya udah pasti tentang Gili Trawangan ^^


See you in Gili Trawangan Story...

19 comments:

  1. Ahaayy..seru aja tuu naek motor mau ke Lombok nya....gilee pantat dah rata kali yah pas nyampe gili? Lama bangett perjalanannya...tapi enak tuh teka, backpackeran mah bisa murah meriah hotel, makan, tiket...mantap dan puas de jalan2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru sih seru ci.. baru 40 menit aja pantat udah sakit banget.. kebayang gak itu seharian???

      iyah sih backpackeran gini seru... itu juga klo punya banyak waktu.. klo waktunya ,epet mah better jangan deh.. sayang waktunya ^^

      Delete
  2. Wah....keren. Perjalanan Backpacker.
    Gue jadi kepo nih, yg gue tanyakan itu motor sewa di Bali apa punya temannya itu.

    Gimana rasanya ya pantat duduk terus di atas motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah itu motor sewa di penginapan yang di Bali ^^

      rasanya "RATA" hahahaha

      Delete
  3. kerennn seruuu aseek kalo ada teman yg sehati suka travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah untungnya temen2 TK pada suka ngebolang juga ^^

      Delete
  4. keren, kak!
    backpackeran itu benar-benar menyenangkan..
    lombok itu salah satu destinasi selanjutnya aku juga.. semoga kesampaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Gulungpita..

      iyah semoga kesampean yah kamu juga main ke Lomboknya

      Delete
  5. ihhh....ga di instagram ga di blog..isinya jalan2 smua bikin mupeng deh
    *libur mana libur?*

    ReplyDelete
  6. ihhh....ga di instagram ga di blog..isinya jalan2 smua bikin mupeng deh
    *libur mana libur?*

    ReplyDelete
  7. tekaa... ini postingan banyak amatt... hahahah.. nyicil sehari baca satu postingan dah.. :D

    aduh itu pantat gak nyut2an berjam2 naek motor.. kalo ada cewek yang ikutan pasti udah protes dan ngeluh2 tuh.. haahha..

    dalemnya kapal feri lumayan yah, bersih. tempat duduknya juga kayaknya nyaman~~ tp kok bisa lama banget sih?

    ReplyDelete
  8. Mau tanya nih kak...
    Itu harga tiket kapal ferry 110 ribu udah sama orangnya atau cm kendaraannya aja?

    ReplyDelete
  9. Kak mau nanya nih
    Harga tiket kapal ferry nya 110 ribu itu udah termasuk ma orang atau cm kendaraannya aja?

    ReplyDelete
  10. nahh lombok tuh , saya sering ke situ bang .... hehe

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. waktu itu kayanya lum ada Waze deh.. dan waktu itu yang bagus si Sygic itu.. karena lebih akurat.. aplikasinya berbayar soalnya dan cukup mahal...

      Delete
  12. Ka itu motornya sewa dari bali ya? Emang bisa ya dibawa ke lombok? Kalo iya minta kontaknya rental itu dong ka

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...