Monday, August 12, 2013

Lebaran Milik Popoh


Halo TKers... Gimana nih liburan lebaran kalian? Fun? TK juga mau cerita tentang liburan lebaran TK nih... walau mungkin agak berbeda sama kisah liburan lebaran kalian. Liburan lebaran kali ini TK lewatkan berkumpul bersama keluarga besar dan saudara-saudara serta kerabat-kerabat yang sudah lama gak ketemu.. kami berkumpul di rumah duka dalam acara berkabung karena Popoh (nenek : mamanya papa) TK meninggal dunia pada usianya yang ke 77 tahun. Pas banget sama libur lebaran.. dan kejadian ini persis sama seperti waktu Kungkung (kakek) TK meninggal dulu... Beliau juga meninggal pas Lebaran (tahun 2006), di mana waktu itu seluruh keluarga besar lagi berkumpul bersama di sebuah villa... dan selebihnya kita lewatkan di rumah duka... yah.. kejadiannya seperti terulang lagi... kompak banget deh ini si Kungkung dan Popoh....


Jadi cerita awalnya tuh si Popoh memang sudah cukup tua.. dan kondisi badannya juga sudah mulai lemah, terlebih sejak pernah jatuh yang menyebabkan tulang pahanya patah. Setelah dioperasi pemasangan 'pen' kondisi Popoh pun kian membaik, namun Beliau sudah sulit untuk berjalan, sehingga harus menggunakan alat bantu tongkat dan terakhir menggunakan kursi roda. Popoh juga beberapa kali di rawat di rumah sakit karena kondisi badannya yang menurun, di samping itu Beliau juga sudah semakin pikun (sudah mayan lama sih sebenernya). Popoh selalu lupa sama TK... gak ngenalin gitu... dia ngiranya TK tuh salah satu anaknya or keponakannya.. padahal TK kan cucunya... dan hal yang selalu TK ingat tentang Popoh tuh... Beliau selalu nanya "Sudah punya pacar lom? mana coba kenalin sini sama Popoh!"... hehehehe... pertanyaan yang malesin yah!

Nah liburan lebaran ini TK dan seluruh keluarga besar pada awalnya berencana akan liburan bersama ke Anyer dari tanggal 7-9 Agustus.. kita dah booking villa juga di sana... so TK udah izin libur dari tanggal 6 Agustus... dan tanggal 5 malem TK sudah mudik ke Bogor... 

Hari Senin malam (5 Agustus 2013), keluarga dapet kabar kalau Popoh sakit demam yang cukup tinggi... langsung heboh deh.. papa TK juga langsung ke rumah Popoh untuk liat keadaannya... dan menurut papa sih memang Popoh demam tinggi.. entah masuk angin atau apalah.. setelah di kompress demamnya pun akhirnya turun juga.. dan jujur kita sekeluarga besar sudah agak pesimis sih untuk pergi berlibur di kala keadaan Popoh seperti ini (tadinya kan Popoh juga mau diajak ke Anyer).

Hari Selasa Pagi (6 Agustus 2013), Kita dapet kabar lagi kalau Popoh dilarikan ke rumah sakit, karena muntah-muntah dan mulai gak sadarkan diri.. Pagi itu popoh langsung di bawa ke Rumah Sakit Sentra Medika di Cibinong dan langsung masuk ICU... Hari itu semua anak-anak Popoh langsung pada ngumpul deh di Rumah Sakit... TK dan keluarga juga siang harinya langsung meluncur ke sana...

suasana di depan ruang ICU

Suasana di tempat nunggu ini cukup menegangkan... terlebih beberapa saudara TK sudah banyak yang menangis... semua sepertinya sudah punya feeling gitu... mereka bercerita satu sama lain tentang kejadian tadi pagi secara lebih detail...

Gak lama, keluarga diberi kesempatan untuk masuk ke Ruang ICU ini satu-persatu untuk melihat keadaan Popoh di sana yang masih koma... 


TK pun akhirnya memberanikan diri masuk ke ruang ICU untuk melihat popoh... awalnya sempat gak mau.. soalnya gak tega gitu... tapi TK pikir mungkin ini bakal jadi kali yang terakhir liat popoh... dan TK memberanikan diri masuk ke dalam ruang ICU...

Di sana TK melihat Popoh terbaring lemas dengan berbagai selang tersebar di seluruh tubuhnya... dari mulut, hidung, tangan sampai ke kaki... kasian banget liatnya... Popoh juga gak sadar.. TK cuman bisa berdoa untuk yang terbaik aja.. jujur sudah agak pesimis kalau liat keadaannya sih... jadi TK di sana dalam hati bilang selamat istirahat popoh.. kalau mau pulang, pulang aja...


Akhirnya TK dan keluarga pulang ke rumah masing-masing... tinggal papa TK dan kakak laki-lakinya yang standby berjaga di rumah sakit...

Malam itu.. pukul 00.25 WIB (sudah tanggal 7 Agustus 2013), Adik TK si SJ masuk ke kamar TK dan bilang kalau papa barusan nelpon dari Rumah Sakit dan mengabarkan kalau popoh sudah meninggal dan kita diminta untuk bangun lebih awal dan pergi ke Rumah Sakit... tapi TK malah mikir.. kenapa kita harus ke Rumah Sakit lagi.. kan tar pasti langsung dibawa ke Rumah Duka juga.. kenapa gak langsung ke Rumah Duka aja... tapi yawda lah liat besok aja... dan TK pun malam itu jadi susah tidur...

Rabu - 7 Agustus 2013, Pagi-pagi papa sudah sampe di rumah... ternyata benar dugaan TK.. jenazah Popoh sudah dibawa ke Rumah Duka dan papa menyempatkan diri untuk pulang ke rumah dulu... dari wajahnya TK lihat kalau dia pasti sedih.. jelas lah.. siapa sih yang gak sedih ngeliat mamanya meninggal... apalagi papa lihat detik-detik terakhir popoh sebelum meninggal.. soalnya saat kritis banget itu biasanya keluarga di ajak masuk keruang ICU untuk melihat penangan terakhir kepada pasien.. dan papa TK bilang gak tega liatnya...

So pagi itu... sekitar jam 9 pagi, kami pun langsung ke Rumah Duka Sinar Kasih di Bogor... di sana cuman popoh satu-satunya yang meninggal... dan saat TK kesana.. popoh baru saja dimandikan dan didandani oleh sepupu TK... lalu diberi formalin... jadi TK lum bisa lihat dulu... setelah selesai... seluruh anak-anaknya Popoh diminta berkumpul untuk mengangkat jenazah Popoh dari ranjang ke dalam peti... suasannya haru banget...


Di sini kita semua cuman bisa liat Popoh kami yang cerewet sudah beristirahat dengan tenang mengenakan baju terusan berwarna emas...


Pagi itu pun keluarga dan saudara-saudara sudah berkumpul lumayan banyak.. adik-adiknya si Popoh dan keponakan-keponakannya pun berdatangan...


Kejadian seperti ini memang terkadang agak aneh yah... seperti kebetulan tapi gak kebetulan juga.. soalnya pas banget... gak tau kenapa saat TK mau pulang dari jakarta ke bogor... TK masukin baju ke dalam tas smua warnanya putih dan hitam... gak ada baju warna cerah satu pun...

TK Memandangi Popoh untuk yang terakhir kalinya...


Siang itu di Sinar Kasih mulai berdatangan orang-orang yang mengenal popoh untuk berbela sungkawa....


Benar-benar kumpul keluarga besar deh.. sampe-sampe saudara yang hampir gak pernah ketemu pun jadi ketemu di acara seperti ini...


Sahabat-sahabat TK pun pada datang untuk mengucapkan turut berduka sekalian silaturahmi sama keluarga TK dan ngadon kadaharan(numpang makan) hahaha... #kidding

Yoan - Edna - TK - Icha

Mul (pacar Icha) dan Bakti (Pacar Yoan)

Seneng banget deh mereka pada hadir di sini dan ngehibur TK... makasih yah teman-teman... kalian  the best lah!!!

Sorenya TK sekeluarga sempet pulang dulu ke rumah untuk mandi dan makan.. lalu kembali lagi ke Sinar Kasih sampai malam...

Malam itu ruangannya sudah di expand... jadi lebih besar.. kita sewa satu ruangan lagi untuk mengantisipasi tamu yang akan berdatangan... soalnya si popoh cukup famous nih di Bogor.. jadi pasti yang ngelayat bakal banyak...


bunga-bunga papan pun mulai berdatangan...


Kamis - 8 Agustus 2013, Di hari lebaran yang pertama ini.. TK dari pagi sudah standby di Rumah Duka... setiap tiba di sini.. TK pasti nyempetin liat jenazah Popoh dulu... sebelum tutup peti nanti malam... dan pagi itu di sekitar peti popoh sudah berhiaskan bunga-bunga berwarna putih... Pasti Popoh senang deh...


Terus TK mau cerita nih mengenai ramah tamah di Rumah Duka ini.. Salah satu om nya TK setiap hari datang dengan membawa makanan dan minuman berkardus-kardus.. dan ini kita stock buat persediaan makananan untuk tamu yang datang... peraturannya di meja tamu gak boleh sampe kekurangan makanan... liat deh :


stock makanan dan minumannya :



Berbagai minuman kaleng berlimpah di sini...


Nah... cucu-cucu pada dapet tugas nih buat rapihin meja-meja.. dan menuhin sama makanan-makanan... gak boleh sampe kurang pokoknya...


Manteb nih... ada buah-buahan : jeruk, apel, lengkeng, anggur... terus ada kue-kue, kacang, kwaci, dan berbagai minuman kaleng dan botol... semuanya free buat para tamu...




Nah.. malemnya ada Ibadah sebelum acara tutup peti... di layanin dari gereja GSJA Bethlehem Bogor... Acaranya berlangsung syahdu...


Sehabis itu ada acara menuangkan wewangian di sekeliling jenazah popoh oleh anak-anak, mantu, cucu dan kerabat-kerabat... di sini juga sedih banget deh... TT__TT lalu kami menyaksikan penutupan peti... dan tandanya kita sudah tidak bisa melihat jenazah lagi...


Peti pun ditutup...




lalu ada acara foto keluarga di samping peti jenazah... dan ini foto keluarga TK :

Mama - Papa - SJ - TK - TJ

Papa TK merupakan anak ke 5 dari 9 bersaudara... dan Papa mungkin paling banyak kenangan sama si Popoh.. secara dari papa kecil.. papa selalu ngintil si popoh kemana aja.. selalu bantuin si popoh... sampe si papa punya usaha sendiri pun.. popoh selalu bantuin di toko... sampai popoh mulai lemah baru beliau pensiun dari nemenin papa di toko...

Malem itu yang dateng rame banget... sampe penuh semua meja dan kursi...


banyak banget deh keluarga dan sanak saudara yang berdatangan... bener-bener lebaran nih namanya... silaturahmi sama keluarga besar.. bahkan sama saudara yang hampir gak pernah ketemu.. di sini juga TK sering kali dipanggil sama papa untuk dikenalkan sama saudara yang ini lah yang itu lah... walau jujur TK gak kenal... tapi TK cuman bisa senyum-senyum aja... dan mereka gak ngira kalau TK anak si papa.. soalnya TK kaya orang ARAB katanya... wakakkakaka efek brewok...


Malam itu TK dan keluarga pulang jam 12 malam.. dan TK udah mulai gak sehat... badan rasanya gak enak aja.. mulai bersin-bersin dan meriang... 

keesokan harinya...

Jumat - 9 Agustus 2013, TK bangun agak siang dan gak pergi ke Rumah Duka dulu siang itu... soalnya TK gak enak badan.. jadi istirahat di rumah dulu... tapi berhubung malam ini akan jadi "malam kembang" (malam terakhir di rumah duka sebelum besok di kremasi) jadi TK harus datang.. biasanya kan malem kembang itu pasti rame banget... so TK sore itu dateng ke rumah duka sekitar pukul setengah enam sore... dan pada pukul 6 ada ibadah penghiburan... 

Sehabis acara penghiburan TK dan sepupu-sepupu maju kedepan dan menyanyikan lagu "Bunda" yang kami nyanyikan untuk anak-anaknya si Popoh (alias orang tua kami)... syahdu banget deh... 

"Kata... mereka... diriku slalu dimanja.... Kata mereka diriku... slalu ditimaaanggg~~~
Oh Bunda ada dan tiada dirimu kan selalu... ada di dalaammm hartiku~~~~"

Seperti pada umumnya.. klo malam kembang biasanya banyak tukang makanan gitu... keluarga besar TK pun menyediakan tukang baso dan bubur untuk 500 orang... dan semuanya laris manisss... malem itu raaammeee banget... udah kaya ada yang hajatan...


Suasana di luar ruangan (outdoor)....



Suasana di dalam ruangan (indoor):





PENUH BANGET!!!

Cemilannya juga masih tetep ada kok...

Dari yang exciting sama kue-kue ini... sampe bosen sendiri makananinnya.. hahahaa

ini TK foto bareng saudara-sepupu TK :

Steven - SJ - TK - Bella - Chrisan (Tasha)

Kiri : TK - Bella (sepupu), TK dan Christopher (keponakan)

Oh yah... di sini juga nih TK ketemu sama para ponakan yang makin hari makin cerewet... hehehe tapi lucu-lucu sih mereka.. seperti keponakan laki-laki TK yang namanya Christopher ini.. dia baru berumur 5 tahun.. tapi klo ngomong udah kaya orang gede aja... kemaren TK nanya-nanya gitu :

TK : Toper (panggilannya) hobinya apa?
Toper : Main ke rumah temen, nonton ben ten, sama makan...
TK : Cita-citanya klo dah gede mau jadi apa?
Toper : Pahlawan!!
TK : ...... (speechless)

Keesokan harinya...

Sabtu - 10 Agustus 2013, Jam delapan TK dan keluarga sudah ada di Rumah Duka.. bersiap untuk acara ibadah pemberangkatan...


hari ini.. jenazah Popoh akan dikremasikan dan dilepas ke laut.... so setelah ibadah selesai... sekitar pukul 10 pagi.. peti jenazah diangkat dan dibawa ke RS Sentra Medika Cibinong lagi untuk di Kremasikan... karena kebetulan disana ada Krematorium (tempat kremasi) jadi kita gak perlu jauh-jauh ke Cilincing...


Ada dua buah bus yang super nyaman yang disewa untuk keluarga dan para tamu yang ingin ikut mengantar ke Krematorium...


TK foto dulu deh yah... soalnya kali ini TK jarang difoto banget... kebanyakan motoin...


Akhirnya kami tiba di Krematorium RS Sentra Medika Cibinong... dan bersyukur sekali cuaca hari itu cerah banget...




Krematorium di RS Medika ini sudah sangat modern loh! berbeda sama yang di Cilincing... terus tempatnya lebih bersih dan nyaman...

Sesampainya disana.. peti jenazah diletakan diatas meja khusus.. di mana dibelakangnya ada semacam pintu mirip pintu lift, yang didalamnya adalah oven raksasa (tungku) untuk mengkremasikan...

Sebelum acara kremasi... kami pun berfoto lagi untuk yang terakhir kalinya...

Bersama anak-anaknya (tinggal 8, yang satu sudah meninggal)

Bersama seluruh keluarga besar : anak-mantu-cucu-cicit

Selanjutnya ada ibadah sebentar juga... terus dilanjutkan dengan acara menabur bunga disekeliling peti jenazah oleh anak-anaknya dari yang paling tua sampai yang paling bungsu... dilanjutkan oleh para menantu dan cucu... lalu kerabat-kerabat...


Suasana saat itu sangat mengharukan... TK sampe speechless juga... cuman bisa nangis melihat air mata yang bercucuran di pipi anak-anaknya... TT__TT


Kedua adiknya si popoh juga sangat terpukul... sangat kehilangan pastinya... apalagi si popoh itu cici paling tua... yah mereka pasti berat lah melihat kakak nya berpulang...


Lalu keluarga inti diminta berdiri di samping peti untuk berdoa sejenak sebelum peti dimasukan kedalam mesin kremasi...



Lalu dengan otomatis pintu mesin kremasi terbuka dan peti secara otomatis terdorong masuk kedalam... dan suasana haru tidak terbendung lagi... setelah masuk kedalam mesin itu... kami sudah tidak akan bertemu popoh lagi...


akhirnya... mesin kremasi pun menyala... proses kremasi berlangsung selama 1 jam 30 menit...

asap yang membumbung saat kremasi berlangsung 

Kremasi pun selesai... kami sekeluarga besar diperbolehkan melihat hasilnya.. Di sana kami bisa melihat jenazah popoh kami sudah berupa abu dan tulang belulang... yang tersusun rapi membentuk figur manusia... lalu secara simbolik beberapa bagian tulang diambil oleh anak-anaknya dan ditaruh disebuah wadah...


Selanjutnya tulang belulang yang sudah rapuh itu dimasukan kedalam mesin penggiling agar tulang belulang yang tersisa berubah menjadi abu yang halus... dan abu dari tulang dipisahkan dari abu peti dll...

Selanjutnya, setelah acara kremasi selesai, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju laut... dan Laut yang akan menjadi tempat kami menabur abu adalah Ancol...

Di Bus : Olin (ponakan) dan TJ

Sekitar pukul 2 siang.. kami tiba di Ancol... sumpah deh ANCOL rame banget.. penuh sama pengunjung... sampe jadi macet jalanannya.. 


Setelah sampai di spot tempat kita naik perahu.. kita pun berjalan kaki menuju perahu yang sudah di sewa... kami menyewa 2 buah perahu untuk keluarga inti... satu perahu untuk anak-anak dan satu perahu lagi untuk menantu dan cucu-cucu...

Abu jenazah di bawa oleh anak paling tua (apak/paman)


TK beruntung naik ke atas perahu yang isinya anak-anak si Popoh.. jadi TK bisa menyaksikan dan mengabadikan acara menabur abu dengan jelas...

perahu 1 : anak-anak popoh

perahu 2 : menantu dan cucu-cucu

Narsis dikit gapapa kali...

Setibanya di tengah laut... pemimpin upacara memimpin doa terlebih dahulu dan acara penaburan abu pun dimulai...


Penaburan abu pun dilakukan bergiliran dari anak yang paling tua hingga yang paling bungsu...



dilanjutkan dengan menebarkan bunga... sedih deh... TT__TT


Christopher n TK (para penerus marga 古 Gu (baca Kuu))

Dengan selesainya menebarkan abu... selesai juga acara duka ini.. sebelum kami pulang... kami sekeluarga besar mampir makan dulu di Bandar Djakarta, hitung-hitung makan bersama... 


TK dan mama

Kami di sana makan sampe kenyang.. ada berbagai menu ikan, udang dan cumi yang dipesan.. dan yang gak kalah nikmat adalah es kelapa muda nya... seger banget deh... ini kelapa muda yang disediakan untuk keluarga kami :

coconut party!


Akhir kata... TK mau ucapin terima kasih buat temen-temen yang sudah membaca dan ikut berbelasungkawa... 

Ada perjumpaan ada perpisahan... itulah hidup... dan umur manusia gak pernah ada yang tau... so nikmatilah hidup ini dengan hal-hal yang berguna dan gunakan bersama orang-orang terdekat... dan yang paling penting... berbuat baiklah semasa hidup.. biar ketika kita berpulang nanti.. banyak orang yang bakal datang untuk mengantar kita... 

Sekarang popoh sudah beristirahat dengan tenang "Di Sana" udah berkumpul kembali dengan suaminya "Kungkung"... Walau popoh dan kungkung sudah tiada... mereka akan tetap hidup dihati kami sekeluarga.... Popoh zaijian!


TK dan Popoh (Februari 2013)

Note : sorry klo tulisan TK agak berantakan... jujur TK masih sedikit emosional saat menulis dan mengingat kejadian beberapa hari ini.. mohon pengertiannya yah... XOXO

17 comments:

  1. Sekali lagi turut berduka cita yahh teka....atas kepergian popoh elu...
    Eh popoh elu pasti famous banget dehh, sampe kepergiannya aja meuni kayak party kitu...keren dahh. Btw, itu krematorium sentra medika teh deket banget sama rumah bonyok gua, tinggal ngesot ge nyampe lah...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ci....

      iyah si popoh mah famous tau zaman mudanya.. dia teh salah satu tukang katering ternama... hahahahaha...

      oh yah? ihhh klo tau mah mampir ke sana... ahhahahaha

      Delete
  2. tekaaa.. turut berduka cita yaa~~ aduh ampe speechless, gak tau mau ngomong apa.. soalnya pernah ngerasain juga gimana dulu pas engkong sama emak meninggal~~

    awal-awal baru meninggal, pasti masih ngerasa kalo mereka masih ada dan ngebayangin aktifitas yang rutin mereka lakukan tiap harinya.

    hidup emang misteri yah, gak ada yang tau kapan berakhirnya.

    sekali lagi aku turut berduka ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks the....

      Iyah awal awal berasa mimpi gt...

      Betul.. Thanks again...

      Delete
  3. deep condolonces..... :'(

    TK, TK, momen apapun selalu moto2 yah? Gue aja rada tengsin ngambil foto waktu nenek gue meninggal tahun lalu... Hahaha.... Pedenya maksimal pol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah... Memang jadi seksi dokumenter kok... Jiwa jurnalis nih... Hehehehe wah klo moment moment kaya gini malah harus difotoin.. Karena gak akan ada yg mau lupa sama moment kaya gini.. So kalau kita bisa mengabadiinnya... Why not?

      Pede nya biasa aja kok... Hehehe lebih pede dari kamu aja mungkin... Hoho

      By the way thanks yah...

      Delete
  4. RIP Popoh.. udah bahagia sama Kungkung di sanaa.. :'(

    Kebiasaan urang Bogor pisan yah tong.. di SK malem kembang meni rameee.. loba kadaharann.. jempolan hakhakhak.. di malem kembang selain haru tp bahagia juga sama sahabat dan kerabat yg dtg yah..

    Hayang es kelapanya.. tp sok susah kalo makan dr batoknya gt teh akakaaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah kamunya... Iyah mereka dah bersama sekarang...

      Iyah pasti malem kembang dah kaya party all night long...

      Hahaha iyah seger es kelapanya.. Apalagi di pinggir laut... Nyam nyammmm

      Delete
  5. I know how does it feel, I lost my grandma too back in 2011 and can't endure the pain up until now.
    But at least we know that she's much much better there, live next to God.
    Turut berduka ya TK.

    P.s: I'm a new reader of your blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot yah Brenda...

      Thanks juga dah jadi pembaca blognya TK

      Delete
  6. RIP popoh TK... :)

    selalu trauma baca masalah beginian... teringet nyokap bokap T_T

    kdng aku mikir, yg idup nangis2 ditinggal pergi, pdhl yg pergi happy2 bnaget disana huhuhuhuhu :P

    thanks for sharing TK

    Lisa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry yah klo jd ingin kamu sama kejadian yg mungkin gak mau diinget inget... :(
      Iyah sih sebenernya yg bikin sedih adalah perpisahannya... Bener bener berpisah...

      Thanks yah Lisa...

      Delete
  7. ternyata si icha cew nya Mul..aku fikir cewnya tk ..xixixi
    turut berduka cita ya TK.. oh ya Tk mau tnya klu org tionghoa adatnya hrus di krmasi ya?? wajib gitu ??? mau thu bgt.. mak-mak kepo :D

    ReplyDelete
  8. Lagi random blogwalking di kantor gara-gara ngantuk terus nyasar ke sini.
    Gue speechless bacanya, soalnya gue tau nih waktu Popoh lu ada di rumah duka yg ruangannya paling ujung kan? yang malem kembangnya rame banget sampe gue kira itu jajanan bisa dibeli ternyata carteran hehe. Waktu itu Popoh gue di Sinar Kasih juga, ruangan agak tengah. Dunia sempit yaa.
    Anyway, selamat jalan buat Popohnya dan semoga yang ditinggalkan diberikan ketabahan :")

    ReplyDelete
  9. Itu mengingatkan akan almarhum Papa saya yg udah dikremasi dan dilarung dilaut di Indonesia tahun lalu. Meskipun saya sudah tidak tinggal di Indonesia lagi, saya masih bisa mengenang dan mendoakan Papa tercinta di pantai dimana saja dan menaburkan bunga.

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...