Wednesday, February 19, 2014

A Hope for My Life


Halo TKers… haduh haduh haduh (sampe 3x) Kemana aja yah TK selama ini… kok susah bener yah update blog? padahal banyak cerita loh di draft yang udah nunggu di posting dari sejak lamapau… tapi lagi-lagi alesannya karena sibuk masalah kenegaraan jadinya gak sempet ngeblog… eh tapi beneran sibuk deh akhir-akhir ini… TK lagi sibuk latihan gambar lagi nih.. ceritanya sedang mempersiapkan diri mengejar impian… hehehe so setiap harinya TK ngegambar gitu bikin ilustrasi.. buat yang mau liat progressnya silakan follow instagram TK (@tomkuu) or bisa mampir ke blog portfolio TK…

Pada kesempatan kali ini TK mau cerita tentang sebuah "Harapan" yang kini hadir dan menjadi bagian dari hidup TK… aseeekk bahasanyaaaa… hahahaha jadi inti ceritanya sih TK abis bikin tattoo baru.. beuuhh nambah tattoo lagi yah.. jadi banyak gitu.. hm.. masih baru 3 sih.. jadi belum banyak lah yah.. hahahaha… kalau diinget-inget lagi kadang gak nyangka loh sekarang TK jadi lelaki bertato gini.. padahal jaman dulu TK suka sebel liat orang bertato.. soalnya kesannya kan kriminal gitu yah.. eh sekarang TK yang jadi keliatan kriminal.. apalagi ditambah brewok yang semakin hari semakin tebal.. terus pake anting juga.. hm.. orang yang gak kenal TK pasti awal ketemu TK ngiranya anak bandel deh.. Padahal yah.. walau bertato, brewokan dan beranting… hatinya masih Disney banget loh!! hahaha


Kalau buat TK secara pribadi, tattoo itu bakal TK buat gak sembarangan.. tetapi karena memang ada sesuatu dibalik arti nya yang ingin TK ingat terus.. seperti tattoo-tattoo sebelumnya… Kali ini juga demikian… tattoo yang baru ini dibuat dengan penuh pertimbangan dan timing yang tepat..

Jadi sebenernya TK tuh dari sejak tattoo yang terakhir (tattoo "forgive") TK udah kepengen banget punya tattoo jangkar… TK kalau pulang ke Bogor biasanya suka ngobrol masalah rencana mau bikin tattoo ini sama si TJ.. Soalnya kita sama-sama suka liatin tattoo-tattoo gitu di Pinterest.. Nah.. TK juga pernah cerita pengen punya tattoo jangkar ke si TJ.. cuman masih gak tau mau dibuat dimana trus klo ga ada filosofinya tuh kaya ada yang kurang gitu… jadi gak pernah direalisasikan deh… sampai pada tanggal 26 Januari 2014 yang lalu…

Hari itu bertepatan pada hari Minggu.. dan yang namanya hari minggu biasanya kan ke gereja yah.. nah pas banget nih TK juga lagi ke gereja dan pada saat itu ibadahnya dilayani oleh pendeta dari New Zealand bernama Paul De Jong… Nah… Beliau khotbah tentang "The Harvest of Hope" yang intinya sih tentang "Pengharapan" .. sebenernya khotbahnya generic sih.. udah sering banget juga dengerin khotbah tentang pengharapan kayak gini.. tapi entah mengapa.. pas saat itu TK rasanya tersentuh banget.. Yang TK dapetin saat itu adalah :

"Kita harus penuh dengan pengharapan (harus selalu berharap) walau terkadang kita suka mikir untuk tidak terlalu berharap atau berharap yang terlalu tinggi (karena terlalu berfikir realistis), padahal Tuhan itu sangat senang kalau kita terus berharap… dan tau gak saat kita berhenti berharap (lose hope), Iblis akan selalu berusaha mematikan pengharapan kita dan mencuri rencana Tuhan yang besar untuk hidup kita!"

Dalam Roma 5 :1-5, berkata demikian : 
Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. 
Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. 
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Dari Firman Tuhan di atas TK secara pribadi mendapatkan pelajaran bahwa TK harus "bermegah dalam pengharapan" yang artinya harus "Penuh dengan pengharapan" dalam keadaan apapun.. walaupun dalam keadaan terkelam dan sulit sekalipun… TK sendiri sudah menglami yang namanya masa-masa sulit dalam hidup TK dan TK tau banget rasanya seperti apa.. rasanya seperti tidak ada jalan keluar, rasanya stuck, merasa hidup gak adil, merasa kalau TK sangat malang dan lain sebangainya.. 

Nah.. saat masa-masa sulit seperti inilah TK butuh yang namanya HOPE (pengharapan)… apalagi TK kan orangnya punya mimpi dan cita-cita yang besar yah.. saking besarnya sampai-sampai rasanya mustahil gitu bisa kesampean… dan yang TK butuhkan adalah HOPE! Terus berharap (kepada Tuhan) dan tentu bertekun dalam pencapaiannya… 

Yah intinya sih Firman Tuhan tentang Hope saat itu sangat merema banget buat hidup TK.. sampe-sampe TK nangis pas dengerin khotbahnya… dan TK berjanji dalam hati saat itu kalau "TK gak akan pernah berhenti berharap!"

terus kalau inget-inget lagi tahun lalu kan jadi tahun penuh pengahrapan buat TK.. dan bener banget rasanya tahun ini diingetin lagi tentang pengharapan-pengharapan yang ada.. gak boleh sampe padam.. 

Sepulang dari gereja TK mulai deh terpikirkan untuk bikin tattoo tentang "HOPE".. karena TK gak mau pernah lupa akan nilai ini.. karena ini penting banget buat hidup TK.. sepenting Hakuna Matata dan Forgive… dan mulai lah TK cari-cari referensi tattoo Hope..

dan ternyata yang TK temukan adalah kalau Hope itu digambarkan dengan lambang jangkar!! WOW kok bisa yah?!!! 


di sana tertulis ayat alkitab Hebrew 6:19 (Ibrani 6:19)


"We have this HOPE as an ANCHOR for the soul"

yang kalau diterjemahin pake bahasa sehari-hari :
Harapan kita itu seperti jangkar yang tertanam sangat dalam
dan merupakan pegangan yang kuat dan aman bagi hidup kita.


Dan pas TK dapetin ini langsung berasa PUAS banget!!! INI YANG TK CARI!!! RASANYA PASSSSS BANGET!! sekarang TK punya alasan untuk bikin tattoo jangkar… walau masih nyari-nyari terus sih tattoonya bakal seperti apa… TK udah liat banyak model jangakar di Internet.. dan rasanya gak ada yang cocok gitu.. 

Pas pulang ke Bogor TK sempet ceritain tentang rencana ini ke si TJ dan dia kasih saran bikin tattoo ambigram aja.. kalau yang gak tau apa itu ambigram, ambigram itu tulisan yang bisa dibaca dari berbagai sisi.. bisa dibulak balik gitu.. dan tetap ada artinya.. seperti yang TK temuin dibawah ini.. tadinya terpikir untuk bikin seperti ini :

Faith - Hope - Love (3 serangkai)

Tapi kok rasanya bukan TK banget klo bikin tattoo ambigram gitu.. TK ngerasa gak cocok aja.. Terus TK nyari terus.. sampai nemu tattoo dibawah ini :


Entah mengapa TK suka banget sama bentuk jangkarnya!!!

Langsung deh TK jadiin referensi buat design tattoo TK nanti.. 
selain itu TK juga nemuin tattoo tulisan dibawah ini :

"As I breathe, I hope"

Dan ini kok rasanya sama kayak sumpahnya TK pas di gereja.. so TK langsung ambil kata ini juga buat ditambahin kedalam jangkar itu… terus TK mulai deh bikin sketsnya dulu.. corat coret asal dulu :



Nah.. TK tuh pengen ada tulisan huruf sambung gitu.. cuman kok rasanya gak special yah kalau font dari komputer or tulisan tangan sendiri.. dan TK sangat terinspirasi sama tattoo dibawah ini :


Jadi ceritanya si lelaki ini bikin tattoo tulisan anaknya.. kenapa dijadiin tattoo? karena itu tulisan terakhir yang dibuat anak laki-lakinya sebelum anaknya meninggal… SO SWEET KAN!!!!

Nah.. terinspirasi dari tattoo itu.. TK terpikirkan untuk pake tulisan tangan papa dan mama TK.. mumpung mereka masih hidup juga (duh semoga sih panjang umur sampe kakek nenek)… yah tapi kan umur gak ada yang tau yah.. dan TK pengen aja punya kenang-kenangan dari mereka juga.. biar TK gak pernah lupa sama mereka berdua (walau tentu aja gak akan pernah lupa)… dan kebetulan lagi yah Papa dan Mama TK tuh tulisannya rapi banget… dan tulisan tangannya jadul gitu.. so pas waktu TK pulang Bogor, TK pancing mereka berdua untuk tulis kata-kata ini.. TK sih bilangnya cuman buat keperluan design aja (gak bohong kan! :P)

ini tulisan mereka :


Papa (kiri) mama (kanan)

dan dari penggabungannya.. jadilah design tattoo ini :


Designnya sudah jadi.. terus TK bikin mock-up nya dulu deh (boong-boongannya) di edit pake photoshop.. pengen tau klo diletakin di tangan kiri bagus gak.. terus kalau disejajarin sama si hakuna matata bakal cocok apa engga.. dan sepertinya cocok-cocok aja..


Akhirnya bikin tattoo nya baru kesampean pada Hari Sabtu, 8 Februari 2014.. Di mana Jakarta masih terus diguyur hujan dan banjir di mana-mana, tapi TK sempetin untuk bikin tattoo deh… Kali ini pun TK tetep bikin tattoo di Anomali Tattoo & Piercing… udah langganan juga kan abisnya.. jadi lebih enak gitu..


Tattoo artistnya pun masih sama.. si Iuz.. TK udah janjian sama dia dari beberapa hari sebelumnya.. dan saat TK sampe sana.. langsung deh kita mulai proses pembuatan tattoo ini…


Pertama design tattoo di tracing terlebih dahulu ke kertas karbon...


terus hasilnya ditempelin di lokasi yang bakal ditattoo...


Hasilnya seperti ini :


Setelah itu kita cek dulu jarum tattoonya.. masih dalam keadaan tersegel...


dan belum kadaluarsa :


Setelah semua sudah oke.. mulai deh penusukan jarum dimulai...





pembuatan tattoo ini gak lama kok.. paling cuman sejam.. setelah selesai.. tattoo pun diberi obat merah dan dibungkus dulu pake plastic wrap untuk beberapa menit...


dan setelah beberapa menit.. tattoo dibersihkan.. jadi deh…..


Sekarang TK jadi punya 3 tattoo.. dan ketiga-tiganya TK suka.. 


Pesan moral dari kisah ini adalah… kalau udah bikin tattoo jangan pernah nyesel yah!!! karena tattoo permanen seperti ini akan nempel seumur hidup.. jadi gak boleh bosenan atau nyesel… sekalipun salah tulis!!! HAHAHAHAHAHA.. kayak kejadian TK ini.. karena kecerobohan TK.. jadinya TK salah tulis kata "Breathe" eh malah jadi "Breath" kurang huruf "e" dibelakangnya… hm… tapi biarin lah.. yang penting ngerti maksudnya.. hahahahaha… oke deh sekian dulu.. (Thanks buat ABE yang udah nemenin TK tattoo hari itu!!!)

Buat yang pada nanyain "Sakit gak sih ditattoo?" jawab TK sih biasa aja!! gak berasa kok! terus buat yang mau tau harga or studio tattoo si Iuz ini.. kalian bisa kontek langsung orangnya aja yah.. berikut keterangannya :

Julius (Iuz)
089 8888 5591 / 021 5367 1534
Pin BB : 26088A74 - 7481BAD9

FB : https://www.facebook.com/anomali.tatto

Anomali Tattoo - Piercing
Jl. Kemandoran 1 No 1 - Palmerah Barat
Jakarta Selatan (deket kampus Widuri)

15 comments:

  1. jadi itu teh salah tulisss? #ttepokjidat....hadeuhhh, kalo gua pan orangnya bosenan yahh, jadi emang gak cocok juga kalo mau ditatoo...*gaya oiiii! wkwkwkwk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gak salah salah amat sih ci.. Artinya masih gak berubah jauh.. Jadi masih okelah.. Hahahaha

      Delete
  2. Keren tattoo nya tom... Apalagi kalo ada maknanya ya...

    Itu kalo kurang huruf e kayaknya msh ada tempat buat ditambahin dah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ko.. Iyah sebenernya klo mau masih bisa sih ditambahin dibelakang.. Cuman malah takut jadi jelek.. Karena ini udah simetris... Jadi sudahlah... Gpp deh.. Yg penting ngerti maksudnya.. Ahhaha

      Delete
  3. Sedih bgt liat poto tattoo yang anaknya meninggal itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah yah.. So touchy banget... Psti berat rasanya yah...

      Delete
  4. jadi pengen punya tatto juga deh, biar berasa bad boy gitu

    ReplyDelete
  5. hahaha, keren tommm..oya ditunggu update an blog selanjutnya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mon... Sipppp ditunggu yah postingan berikutnya...

      Delete
  6. keren tato anchour-nya mas, tapi saya lebih minat sama topi game nya hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha thanks dit.. Topi nintendo nya lebih menggiurkan yah hahaha

      Delete
  7. Semangat, Bro... Pasti bisa kok.. Terus berrharap, walau orang2 di sekitar mandang sebelah mata. Semanggat!!!!

    ReplyDelete
  8. 26 Januari itu pas banget sama ulang taun aku! ahaahaha..
    Btw, tatoonya bagus juga ternyata.. :D

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu kalau jarum juga ada tanggal kadaluarsanya ya

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...