Tuesday, April 1, 2014

Refreshing ke Garden By The Bay Singapore


Sambil nunggu jam pulang kantor, mending TK update blog lagi nih.. hehehe masih seputar weekenan di Singapore dan sambungan dari postingan sebelumnya.. Dan kejadian pada postingan kali ini terjadi pada hari Sabtu, 26 October 2013… Nah tujuan liburan hari ini adalah refreshing ke Garden By The Bay.. soalnya TK dkk belum pernah nih ke taman ini.. dulu pas ke Singapore tahun 2011 nih taman belum ada.. gak nyangka pembangunannya cepet ajee… tau tau udah ada aja…



Untuk mencapai Garden By The Bay (GBTB), kita hanya perlu berjalan kaki 5 menit dari stasiun MRT Marina Bay.. gak susah kok aksesnya.. GBTB terdiri atas tiga kebun yang terletak di tepi teluk: Bay South dan Bay East, yang dihubungkan oleh Bay Central.  
  

Pagi itu cuaca cerah banget.. malah jatohnya panas banget! TK dkk berangkat jam 9 pagi.. dan udah panas banget loh… yah better sih dari pada hujan.. gak kebayang yah klo ke sini jam 12 siang.. beuuuhh gosong kayanya… tapi gak akan gosong-gosong amat deh.. kan banyak pohon-pohon dan seharusnya sih jadinya sejuk yah…


Oke Taman pertama yang kita kunjungi adalah Taman di kawasan Bay East.

Bay East adalah kombinasi unik paviliun-paviliun nan cantik, dataran yang subur, pohon kelapa dan berbagai jenis bunga, sempurna sebagai tujuan jalan-jalan di sore hari atau berpiknik bersama keluarga dan teman-teman. Bay East juga menawarkan pemandangan yang luar biasa dari gedung-gedung pencakar langit di kawasan finansial Marina Bay di sepanjang pinggir teluk sejauh dua kilometer. - www.yoursingapore.com


Untuk berjalan-jalan di kawasan ini tidak dipungut biaya kok! alias GRATIS… jadi klo cuman mau nikmatin taman kota yang banyak pohon.. mampir ke sini aja.. di sini ada beberapa taman yang bisa kita masuki secara gratis… seperti taman-taman di bawah ini :


Numpang mejeng dulu.. hahaha


Di Chinese Garden ini.. tamannya dibuat menyerupai taman-taman yang ada di Cina.. jadi teringat sama tempat kuliah TK dulu pas tahun 2009 lalu.. dulu TK kan pernah kuliah selama 2 minggu di sebuah taman kota yang ada di Guilin China.. yah mirip-mirip lah...



Tapi tujuan utama kita ke sini bukan buat duduk-duduk cantik di taman yang gratisan.. tapi kita mau liat  bunga-bunga dan tanaman-tanaman langka yang ada di Flower Dome.. yah kalau untuk masuk ke tempat ini sih kita harus bayar.. gak gratis.. TK dkk beli tiket untuk 3 tempat (flower dome, cloud forest dan OCBC Skywalk)

Nah untuk pembelian tiket sebenernya ada berbagai cara untuk mendapatkan harga yang lebih murah.. Waktu kemarin itu sih TK beli lewat hostel tempat TK nginap.. jadi mereka ada semacem tour agent gitu yang kalau beli lewat mereka dapet harga lebih murah.. yah gak beda jauh sih.. paling cuman beda 2$ gitu.. tapi kan tetep aja lumayan.. secara sekarang dolar singapore kan mahal tuh.. 2 dolar aja ampir 20 rebu rupiah.. so.. sebisa mungkin dapet harga yang paling murah deh.. hehehe


Nah.. kalau beli lewat guesthouse, nanti kita dikasih print-out tanda beli gitu.. terus si kertas itu kita tuker jadi tiket di seberang tempat penjualan tiket.. lokasinya deket sama flower dome… dan inilah tiket masuknya :


Oke.. pertama TK dkk memasuki kawasan Conservatories… Kawasan ini memiliki konsep Cloud Forest dan Flower Dome, salah satu fitur unggulannya yaitu sebagai tempat berteduh dari terik matahari tropis.

Nah yang pertama kita datengin adalah Flower Dome...


Flower Dome ini bisa di bilang sebuah taman indoor yang berikan tumbuhan-tumbuhan yang berbunga.. dan kebanyakan langka-langka.. selain itu Flower Dome meniru iklim dingin-kering Mediterania dan kawasan sub-tropis semi arid seperti di Afrika Selatan, dan beberapa bagian Eropa seperti Spanyol dan Italia.

TK - Memel


Tempatnya adem banget.. mungkin karena banyak pohon juga yah.. jadinya seger aja gitu.. terlebih ini kan indoor.. jadi gak ada tuh asep polusi dari luar.. jadi bisa menghirup oksigen sepuas-puasnya deh di sini...


Di sini sih gak ada sesuatu yang spesial kecuali pepohonan dan bunga-bunganya.. so buat temen-temen yang gak gitu suka nature or tumbuh-tumbuhan mungkin akan merasa bosan ke tempat ini.. pasti bilangnya ini tempat cocoknya buat para lansia.. gak salah sih.. memang kebanyakan yang kesini tuh turis lansia semua.. hahaha tapi untungnya TK tuh suka sama nature dan tumbuh2an kaya gini.. soalnya TK kan dibesarkan di keluarga yang demen banget sama bercocok tanam.. bukan petani tapinya!! Jadi papa dan mama TK tuh demen banget sama yang namanya bercocok tanam.. sampe-sampe taman di rumah udah jadi kaya hutan gitu karena ditanemin banyak pepohonan.. tapi TK seneng sih, soalnya dulu sewaktu kecil TK hobi banget manjat pohon… (bakat jadi tarzan)


So.. karena gak banyak yang bisa kita lakukan di sini.. jadi kita hanya bisa berfoto saja.. tapi beneran deh.. klo kesini pasti pengen foto-foto.. soalnya tempatnya bagus.. terus bunga-bunganya juga cantik.. langsung deh keluarkan Gadget kalian.. dan lomba foto pun dimulai.. pemenang berdasarkan jumlah like di Instagram.. hahaha


Oke.. nih TK kasih liat semua hasil jepretan TK yah… sekalian cuci mata juga liatin yang ijo-ijo..





semak yang unik.. kaya lidah buaya.. tapi bukan...

palem...




tumbuhan bunga di bawah ini unik deh.. daunnya putih gitu.. kaya kena bedak… hahaha tapi bunganya kuning…



Kalau yang di bawah ini sih TK tau namanya.. kalau gak salah morning glory deh!


cakep yah!!!




Calla Lilies


Buat yang demen foto-foto.. pasti seneng deh.. karena di sini banyak spot-spot cucok buat foto-foto.. hahaha.. nih kaya TK di bawah ini.. langsung berasa jadi model gitu… hahaha



sesi motoin bunga pun berlanjut dari taman yang satu ke taman yang lainnya…



cakep yah!!! (ambigu)



Bunga-bunga ini (atas dan bawah) termasuk bunga chrysantemum kayanya...



Kalau gak salah yah.. ini (foto atas-bawah) namanya Bunga Dahlia...


bagus yah.. tapi TK gak tau nama nih bunga apahan...


Yang ini namanya bunga selfie!!!


Setelah cukup muterin dan foto-foto di flower dome… TK lanjut ke Cloud Forest yang lokasinya gak jauh dari flower dome.. cuman tinggal nyebrang gitu aja... awal TK masuk hutan awan ini langsung disambut sama air terjun buatan yang okeh banget... yah soalnya adem gitu.. hahaha...


Cloud Forest mengadaptasi iklim dingin berembun yang ditemukan di kawasan Tropis Montane pada ketinggian antara 1.000 sampai 3.500 meter dari permukaan laut, seperti Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia, dan dataran tinggi di Amerika Selatan. Mungkin karena itulah dibuat air terjun... biar berembun terus kali yah... BISA JADEEE~~~


foto dulu.. dan di sini TK terlihat tinggi yah?!


Cloud Forest agak mirip lah sama flower dome.. cuman bedanya kalau di tempat ini rasanya lebih kaya hutan.. kalau flower dome kan lebih kaya taman gitu.. dan untuk tanaman-tanaman di sini juga gak secantik yang ada di taman.. tapi gak kalah menarik lah.. liat aja deh nanti...


Di tengah-tengah taman ini.. ada sebuah gunung-gunungan yang sebenernya bisa dibilang bangunan juga.. jadi dari gunung inilah turunnya air terjun itu.. dan dari gunung ini kita bisa naik ke level-level berikutnya.. karena sebenernya taman ini dibuat bertingkat-tingkat... di paling atas taman ini ada yang namanya "The Lost World"...


Pemandangan dari atas :


Nah di taman The Lost World ini.. ada tumbuhan-tumbuhan hutan tropis yang langka-langka seperti tumbuhan kantong semar ini (pitcher plant)


Unik banget yah bentuknya! dan tumbuhan ini makannya serangga loh!


Penampakan di taman paling atas cloud forest :


Terus kalau mau turun.. di sini ada jalan-jalan layang gitu yang bentuknya spiral.. jadi secara gak langsung muterin si gunung buatan itu yang posisinya tepat di tengah-tengah...


TINGGI BANGET!




Di dalam gunung-gunungan ini juga ada exhbition di tiap levelnya.. seperti dibawah ini.. ada exhibition stalaktit dan stalakmit...


Menarik deh pokoknya.. cuman TK agak kurang suka ketinggian.. hahaha jadi bawaannya pengen buru-buru turun aja.. sekedar info.. TK ini fobia ketinggian...

Oke dari sana.. kita lanjut ke daerah Bay South...



Di Bay South (taman pinggir teluk terbesar) kita akan menemukan Supertree yang futuristis, kebun vertikal 16 lantai yang membuat lanskap terasa lebih mengejutkan dan nyata. Kita bisa berjalanlah di atas jembatan gantung di antara supertree atau bisa juga naik ke bar di puncak supertree tertinggi untuk menikmati pemandangan seluruh kebun dari atas. Supertree ini bukan sekadar hiasan estetis; konstruksi ini juga berfungsi menampung air hujan, menghasilkan tenaga surya, dan menjadi saluran irigasi untuk konservatori taman tersebut.


  

Kalau malem di sini juga bagus loh! banyak lampu-lampu gitu.. jadi sering juga nih dijadikan tempat pemotreran pre-wedding...


Dan lagi-lagi di sini TK mati kutu.. boro-boro deh bisa nikmatin pemandangan sekitar.. kaki TK gemeteran coy pas lewatin jembatan layang dari satu pohon ke pohon lain.. soalnya kalau ada angin kenceng.. berasa juga nih jembatan goyang-goyang!




Muka nahan ketakutan... sebenernya gak mau foto sih.. tapi biar bukti aja.. setakut-takutnya TK sama ketinggian.. tapi TK tetep naik ke atas.. hahaha (walau gemeteran dan jadi super silent)

Andre & Memel sih tenang-tenang aja tuh...


Oke.. rasanya cukup deh cerita tentang refreshing di taman kotanya Singapore... berikutnya TK akan cerita tentang Aquarium Terbesar di singapore... Stay tunned... BAY!

6 comments:

  1. Bunga dahlianya alus ihh..

    Aku pengen lagi ihh ke Sg kmrn kaya singkat banget belom jalan-jalan ke tmp lain.. pengen foto juga di GBTB aluss.. T.T

    ReplyDelete
  2. saya main kesini lebih suka malem.. adem udaranya trus lampu2nya lebih indah.. :)

    ReplyDelete
  3. aduh demen banget bunga-bunga gituu, cakep-cakep bunga nya kaya akuu *kyaaaa
    hahahhahaha.
    mirip-mirip taman yg kita masuk di taipei zoo yahhh?

    ReplyDelete
  4. Reviewnya bagus..
    Saya mau tanya,waktu itu,berapa lama waktu yang dihabiskan buat muterin garden by the bay? Soalnya saya mau estimasi waktu

    Trims

    ReplyDelete
  5. wahh terimakasih banyak ni ko. tulisan ini sangat membantu saya, karena sebenarnya udah tiga kali ke singapore,tp ga pernah ktemu garden by the bay sbelah mana.. hehehehe

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...