Friday, March 27, 2015

The Wisdom Teeth


Halo teman-teman TKers yang terkasih... (ceileh kata pembukanya yahud pwoll)... Udah hari Jumat nih... saatnya leha-leha di kantor yeee... udah deh ga usah belaga sok sibuk.. TK tau banget klo hari Jumat pasti mulai santai kan... Tuh buktinya pada mampir ke sini.. yawda mending duduk manis.. siapin cemilan.. trus baca blog TK deh yah.. kali ini TK mau cerita tentang The Story Of The Wisdom Teeth... yang artinya Cerita si Gigi Bungsu...


Kalian tau donk kalau ada yang namanya gigi seri, gigi taring, dan geraham... dan yang terakhir ada yang namanya gigi bungsu.. kalau orang-orang barat menyebutnya dengan "Wisdom Teeth". Kira-kira kenapa namanya demikian yah? Kalau Gigi Bungsu sih kemungkinan dikasih nama seperti itu karena kemunculannya yang paling terakhir.. jadi kaya anak bungsu gitu.. Kalau Wisdom (kebijaksanaan) Teeth kemungkinan karena kemunculan gigi ini di usia dewasa.. jadi klo dah punya gigi ini mungkin sudah bisa dibilang dewasa dan penuh kebijaksanaan.. Yah mungkin begitu yah kira-kira... karena sesungguhnya Gigi Bungsu ini adalah geraham ketiga yang akan muncul pada periode usia 18-30 tahun... 

"Terus fungsi gigi bungsu ini buat apahan?"

Karena kebanyakan yang kita tau kalau gigi bungsu kebanyakan akhirnya dicabut juga kan karena kebanyakan malah bikin sakit mulu.. Ada banyak yang bilang kalau gigi ini gak ada fungsinya.. karena nih gigi tumbuhnya juga seenak jidat mereka (memangnya punya jidat si gigi?) kadang bisa tumbuh normal (jarang sih) ada yang tumbuh nyamping, ada yang tumbuh dan diem didalam gusi, ada yang tumbuh ngedorong gigi geraham yang lain.. dan mungkin ada yang tumbuh dilangit2 mulut? klo kejadian kaya gini.. coba di cek.. mungkin anda bukan manusia.. mungkin anda sejenis hewan pengerat atau sejenis alien.. 

TK juga awalnya bertanya-tanya...

"Kenapa harus ada gigi bungsu sih?!"

Terutama pas awal kemunculannya yang bikin sakit gigi banget.. rasa sakitnya bikin sakit kepala dan kadang bisa sampe meriang.. dan yang bikin kesel nih gigi susah banget dibersihin.. karena posisinya ada nun jauh di belakang... sikat gigi gak nyampe kesana.. nyampe sih sebenernya.. cuman yah siap-siap aja ongkek... (mau muntah karena kerojok kerongkongannya)

Ternyata eh ternyata gigi bungsu ini sebenernya punya peranan juga loh.. Para ahli menduga gigi bungsu ini adalah gigi serep (cadangan) gigi geraham yang ada.. karena zaman dulu dimana manusia masih makan-makanan mentah, gigi mereka rentan banget dengan kehancuran,.. apalagi klo suka makanin batu.. gak heran klo gigi gerahamnya ancur! (memang ada yang makanin batu?) Nah... klo dah ancur.. gigi bungsu ini akan menjadi gigi penyelamat untung mengunyah.. 


Namun karena zaman makin modern.. dimana para manusia sekarang makan-makanan yang sudah diolah, sudah matang, dan tidak keras.. jadi gigi-giginya pada awet sampe usia tua.. terlebih zaman sekarang kan perawatan gigi juga udah hal yang biasa.. jadi gigi bungsu akhirnya kehilangan perannya.. malah akhirnya tempat buat dia tumbuh pun gak ada.. jadinya dia bikin onar deh.. kadang maksa pengen keluar.. yang akhirnya malah bikin sakit gigi yang lain.. jadi begitulah kira-kira cerita singkat tentang peran gigi bungsu... 

Nah.. TK pengen cerita nih tentang pengalaman TK dengan gigi bungsu yang berlangsung di bulan Maret ini.. Di awal tahun 2015, TK pernah cerita kan klo TK mengawali tahun dengan check up ini itu... termasuk check keadaan konstruksi gigi juga.. dan akhirnya ketauan deh klo gigi bungsu TK agak bermasalah...

Ini hasil rontgen (radiologi) gigi TK :


Gigi bungsu yang tumbuh diatas sih mereka tumbuh normal.. cuman permasalahannya lokasinya mereka susah dijangkau sikat gigi yang pada akhirnya giginya ada bolong dan jadi tajam gitu.. klo kena pipi jadi sakit.. itulah kenapa TK pengen banget cabut gigi bungsu bagian atas...

Kalau yang bagian bawah.. ga usah di tanya.. itu bisa liat sendiri kan kalau mereka tumbuhnya nyamping dah ngehajar gigi geraham yang ada di depannya.. Nah kalau yang begini harus dibenerin deh.. caranya yah harus dioperasi...

Perihal pencabutan gigi ini sudah TK masukan kedalam resolusi tahun 2015 ini.. Dan di Bulan Maret ini tercapai juga akhirnya... iyah dalam satu bulan TK melakukan 2 kali operasi kecil buat pencabutan gigi bungsu..

Kebetulan TK ada kenalan dokter gigi yang specialis di bedah mulut, yang bisa nanganin kasus gigi kaya TK.. Dokternya masih muda dan baik banget.. dan operasi kita laksanakan di sebuah Rumah Sakit di kawasan Jakarta Barat...



Pertama pada hari Kamis, 12 Maret 2015
Sebelum TK lari-lari buat nonton film Cinderella, paginya TK operasi gigi... kali pertama ini TK cabut bagian kanan dulu (atas dan bawah). Dan taukah kalian kalau operasi gigi itu menyeramkan.. bukannya TK mau nakut-nakutin yah.. tapi TK sih bener-bener menderita pas dicabut gigi bagian bawahnya.. karena kan harus dibedah.. jadi mau gak mau harus dikasih anastesi (bius lokal).. Nah untuk itu sebelum operasi harus disuntik dulu..


Tau gak itu suntiknya dimana? di pangkal mulut!!! bener-bener di pangkal rahang... ditusuk dalemmm banget.. sampe kayanya nembus ke kuping.. ih TK masih kebayang itu rasa sakitnya.. amit-amit deh... tapi dari sana jadinya TK gak berasa tuh gigi dibongkar-bongkar.. cuman kasus TK agak jarang sih.. obat biusnya gak gitu mempan sama TK.. sampe dokternya aja kebingungan.. ini udah dikasih obat bius banyak banget tapi TK masih ngerasa ngilu saat si gigi berusaha diangkat.. bener-bener menderita loh saat itu..


Kalau gigi yang atas sih cabutnya gampang soalnya posisinya kan dah normal.. jadi tinggal pake tang di tarik gitu.. hiiiyy... Sehabis operasi TK kan seharusnya gak boleh cape-cape dulu yah.. gak boleh lari-lari juga... eh ini malah TK lari-lari gara-gara gak mau ketinggalan nonton Cinderella... yah akhirnya di bioskop TK agak pendarahan lah di area jaitannya.. sampe 3x ganti kasa... pala jadi nyut2an.. gak enak banget lah.. tapi tetep enjoy filmnya kok...



Kedua pada hari Kamis, 26 Maret 2015
Sebenernya periode operasi kedua ini awalnya mau tanggal 19 Maret, tapi TK undur seminggu karena TK masih agak trauma.. dan akhirnya setelah mengumpulkan keberanian dan uang... hari kamis kemaren TK operasi gigi lagi untuk yang kedua kalinya.. Kali ini bagian kiri (Atas dan bawah). Dan kali ini jujur lebih menyakitkan dari pada yang pertama.. karena pada kali ke dua gigi geraham TK ada peradangan.. jadi itu obat bius yang udah dikasih dengan dosis tinggi gak mempan..


TK kemaren sampe nangis dan gemeteran.. sakitttt banget coyyyy!!! gak ada maksud nakut-nakutin nih yah.. tapi kenyataannya seperti itu.. si dokter aja sampe agak bingung karena TK kesakitan, jadi kemaren sampe 2x istirahat dulu.. dan TK dikasih obat buat peradangannya.. dan gara-gara dosis obat bius yang kebanyakan.. sampe detik ini lidah TK masih baal (kebal)...


Tapi akhirnya tuh gigi kecabut juga.. haisss....


Efek dari cabut gigi bungsu yah seperti ini : 


Rahang sudah pasti bengkak... Pipi TK udah tembem makin tembem ajah.. gak simetris lagi.. pertama  bengkak sebelah kanan.. sekarang sebelah kiri yang bengkak.. dan buat ilangin bengkaknya butuh waktu 10 hari loh... dan TK harus minumin obat buat bengkak dan antibiotik sampe habis.. Juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan.. seperti gak boleh makan yang panas-panas dulu, gak boleh kunyah makanan pake gigi area operasi, dan gak boleh buang cudah.. jadi harus ditelen.. karena katanya klo buang cudah bisa bikin luka lama sembuhnya...

Kebanyakan orang yang sehabis operasi gigi bisa turun berat badan banyak loh karena katanya mereka gak napsu makan.. dan sekali lagi hal ini gak berlaku buat TK.. well awalnya TK pikir ini bisa bikin TK kurus.. karena TK udah nyetok bubur bayi buat makanan TK pasca operasi.. tapi nyatanya itu bubur bayi cuman TK makan satu hari pasca operasi aja.. karena emang masih sakit buat buka mulut.. tapi keesokan harinya TK udah makan mie ayam.. ahahaha gak kuat kakak.. lapaaaarrr~~~ bubur bayi gak bikin kenyang... Malah kemaren malem TK udah makan nasi kok.. ^^

Memang harus bersakit-sakit dahulu yah biar bisa bersenang-senang kemudian.. Memang sakit ngejalanin operasi gigi itu... tapi dampaknya enak banget,. gak akan ada sakit gigi gara-gara gigi yang dorong-dorong gigi lainnya.. pokoknya sekarang TK udah tenang lah.. dan seneng juga salah satu resolusi tahun ini kecapai juga... 

Dan inilah gigi bungsu TK.. ada yang masih utuh.. ada yang sudah hancur berantakan karena dihancurkan saat operasi biar gampang ambilnya.. Giginya TK sengaja minta buat kenang-kenangan.. sapa tau nanti ada satu era dimana cincin gak pake batu akik lagi melainkan pake gigi bungsu.. dan saat itu gigi ini bakal TK jual.. wakkaakkakaka (sableng)

Tabung 1 (gigi sebelah kanan) - Tabung 2 (gigi sebelah kiri)

Oke deh.. sekian cerita TK tentang pengalaman bersama gigi bungsu yang akan segera TK akhiri dengan sembuhnya bengkak pada rahang TK nanti.. buat kalian yang belum cabut gigi bungsu.. Pesan dari TK sih:

Have Courage! and Be Kind! 

waakakakakaka.. thanks for reading!

7 comments:

  1. ku malah lupa gigi bungsu aku kapan keluarnya, gak pernah merasakan sakit atau gimana gitu

    ReplyDelete
  2. Lol. Tom! baru pertama baca blog lu.. *thumbs up*
    Headernya cubanget!
    Gw termotivasi buat cabut gigi berharap bentuk rahang n muka jadi tirus.. Hahaha
    Tapi tetep we galau ngebayangin prosesnya.

    ReplyDelete
  3. Buakakakaka.... TK, TK.... Ngakak guling-guling gue baca endingnya. Hahaha. EPIC, MAAAAAN!!!!

    Gue juga udah nyabut gigi bungsu gue, Bro. Itu waktu 2009. Dan emang iya, sakit banget pas disuntik. Bikin pengang kuping aja. -_-

    Tapi kalau ga dicabut, emang nyusahin sih si gigi bungsu. Bikin ngunyah jadi ga enak. Plus setelah cabut, bikin bete lagi. Jadi susyah makan, mesti rutin minum obat pulak. -_-

    ReplyDelete
  4. ugh! selalu nyut-nyutan kalau inget dokter gigi :D

    ReplyDelete
  5. Hai ! :) ,,, Blog Anda terlihat menarik dan saya berkunjung, artikel ini yang sudah saya baca dan cukup memberi inspirasi dan wawasan, terimakasih atas postingannya dan ditunggu update-an berikutnya :)

    Oiya saya dari www.campaign.com sebuah platform kompetisi dimana banyak sekali hadiahnya kalo kamu mau mampir dan mencoba peruntungan untuk hadiahnya silahkan saja, buruan yaa soalnya banyak hadiahnyaaa :D

    www.campaign.com

    ReplyDelete
  6. Wah gigi bungsuku udah tunbuh belum ya?hihihi

    ReplyDelete
  7. Hi TK saya juga baru cabut gigi bungsu klo boleh tau cabut dimana ya? Saya only satu satu nih dicabutnya merana bgt. Lalu dihari ke 3 ini leher dan kepala sakit. Gitu juga gak?

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...