Friday, April 30, 2010

My Marbles Collection


Marbles atau kelereng / keleci / Gundu ini sudah lumrah di mata semua orang... bisa di bilang mainan tradisional yang sudah kurang populer saat ini... karena zaman sekarang dunia semakin berkembang sehingga mungkin saja anak-anak sekarang bermain kelereng di dunia maya (ps, pc, internet, nintendo, xbox, dll), sedangkan pada zaman dulu yang teknologi masih belum semaju saat ini... mainan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja...

Permainan yang menggunakan kelereng pun bermacam-macam... ada yang di adu... ada juga yang di jadikan pemainan asah otak seperti "Jump Solitaire"

main kelereng adu

Jump Solitaire

Dan tentunya Kelereng-kelereng ini mempunyai banyak jenis... heheheh... mungkin yang kita tahu pada umumnya hanya kelereng dengan motif "tooth paste" di dalamnya.. atau yang bening dan putih... tetapi sesungguhnya kelereng ini memiliki banyak sekali corak yang menakjubkan... silakan kunjungi link berikut:


Dan setelah pengenalan singkat diatas... TK mau cerita nih... kalau TK sekarang juga lagi ngumpulin kelereng... bukan untuk dimainkan tapinya... namun hanya untuk di koleksi aja... dan TK mulai memutuskan untuk mengoleksi kelereng tuh baru-baru ini... saat mengikuti mata kuliah packaging (sekarang sudah di lepas... ceritanya panjang) TK mendapat tugas untuk membuat packaging mainan... dan mainan yang TK pilih kelereng... karena TK pikir jarang sekali lihat kelereng dengan packaging yang menarik... dari sana TK browsing tentang kelereng... dari sejarahnya... jenis-jenisnya dan TK langsung jatuh cinta... ternyata bola-bola beling ini sangat eksotis loh!!! cantik.... ^^ dan TK pikir benda-benda ini bakal menarik untuk di koleksi... so TK mulai deh kirim-kirim message ke temen2 yang lagi tinggal di luar negeri or yang bakal ke luar negeri... untuk membelikan TK oleh-oleh kelereng... pengen banget koleksi kelereng-kelereng unik yang ada di dunia ^^....

Saat liburan paskah kemarin juga TK sempetin pergi ke beberapa toko mainan di Bogor... dan membeli 2 kantung kelereng warna-warni dan berbeda jenis... yang satu yang bening dan yang satu yang solid... dan setelah sesampai di rumah... TK cari lagi kelereng2 TK zaman dulu... dan ternyata masih ada... dan lumayan masih bagus... disana juga banyak kelereng2 yang dulunya koleksi si papa.... jadi TK pisahin deh... dan TK jadiin bahan koleksi.. untuk saat ini jenis-jenis kelereng yang TK punya masih belum banyak... masih standar semua... mungkin next time bakal nambah...

Inilah beberapa macam koleksi kelereng yg TK punya dan TK kasih nama (ngarang untuk sementara sampai TK beneran tau jenis2nya):

Motif Api

Golden

Crystal

Aqua

Water

Ocean

Love

Black Pearl

cat eye

cat eye

nope.... masih bingung

ini masih termasuk cat eye

3 colors

3 colors

wind

multiple lips

tooth paste

???

Solid - jade

emerald (agak mirip ma Crystal... bedanya ini punya efek mirror)

SEKIAN ^^

10 comments:

  1. Yg wind, emerald ama Crystal keren yah? hehe
    Kadang lucu kalo dipikir, waktu kecil jadi maenan kita... udah dewasa jadi barang koleksi ^^
    Manusia itu memang makhluk yang unik wkwk

    ReplyDelete
  2. hahahah... iyah... dan seru untuk di koleksi ko ^^... btw koko punya sesuatu yg di koleksi?? ^^

    ReplyDelete
  3. i don't expect you have hobby to collect marbles.. OMG!!!!

    ReplyDelete
  4. hehehehe iyah ini hobby TK yang lain nuel ^^

    ReplyDelete
  5. kalau sekarang mau cari gundu / kelereng dimana ya ? bukan untuk dikoleksi, tapi untuk dipake main :))

    ReplyDelete
  6. kalo di banjarmasin sih cat eye itu mata kucing(sama aja :D)
    dan kalo seperti black pearl sama solid jade itu BAYGON

    ReplyDelete
  7. ko sy berminat kelereng yg warna merah nope...

    ReplyDelete
  8. ko koleksinya bagus

    ReplyDelete
  9. klo beli kelereng yang warna warni dimana ya? boleh minta no sellernya..kebetulan sy juga ngumpulin kelereng :) thx u.

    ReplyDelete
  10. koleksi kelerengnya bagus, belinya dimana? boleh minta no seller nya ngga? kebetulan sy juga ngmpulin kelereng yang warnanya bagus. thx u.

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...