Tuesday, April 10, 2012

Little Oscar


Hallo semua... sekali lagi mohon maaf nih sebelumnya... TK selang lagi postingan tentang cast away bali... TK mendadak mellow dan pengen share tentang kemellowan TK... lebih tepatnya rasa "rindu"... Rindu sama seorang anak yang bernama Oscar... tuh yang di foto atas... lucu yah?! 

"Siapa sih Oscar itu? Anak siapa sih?"

Sebelum TK menjawab pertanyaan ini.. TK mau cerita sedikit tentang latar belakang postingan ini... 

Berawal dari usaha TK untuk mengumpulkan karya-karya seni yang pernah TK buat dari zaman purba dulu, membawa TK menyusuri kenangan-kenangan masa lalu... hingga menemukan sebuah folder foto yang hampir menjadi fosil... soalnya nih folder ada jauh di dalem folder-folder yang ada... Tepatnya di folder-folder foto jaman SMA... So gak usah kaget klo liat TK dengan paras anak kecil dan masih kurus... hehehe ini semua terjadi 5 tahun yang lalu... tepatnya tanggal 24 Maret 2007...

Jujur... TK sudah hampir lupa dengan pengalaman masa SMA ini.. kalau saja TK gak menemukan foto-foto ini... soalnya zaman SMA yang TK ingat itu kebanyakan main bersama teman-teman dekat (edna, Icha, Santi, Indri) serta kehidupan di sekolah... hampir saja kenangan manis bersama anak-anak kecil ini terlupakan...

Nama folder foto ini adalah "Panti Asuhan"

So... pertanyaan diatas udah kejawab dengan sendirinya yah... Postingan ini akan menceritakan kenangan TK bersama anak-anak panti asuhan dan khususnya seorang bayi lelaki bernama Oscar.

Oke langsung deh TK mulai ceritanya...

Saat itu TK duduk di bangku kelas 3 SMA (IPA), dan di akhir-akhir masa pembelajaran, biasanya ada kegiatan-kegiatan praktek gitu... mungkin bisa dibilang ujian praktek... udah gak asing donk!... Nah selain ujian praktek.. ada satu kegiatan sosial juga yang dilakukan oleh kelas pelajaran Agama....

Sekolah TK tuh sekolah swasta yang bineka tunggal ika... soalnya di sekolah TK ini gak ada deh satu agama yang mendominasi... jadi di Sekolah TK semua agama ada... dari Kristen, Katolik, Islam, Budha sampe Hindu... dan saat pelajaran agama, murid-murid biasanya berpencar masuk ke kelas agama masing-masing... Kebetulan di angkatan TK, murid yang beragama kristen jumlahnya paling banyak.. jadi untuk pelajaran agama kristen di buat 2 kelas...

Nah untuk acara sosial ini TK terpilih sebagai ketua panitianya... dan TK dibantu teman-teman yang lain menyusun rencana acara yang akan kami adakan di Panti Asuhan yang menjadi pilihan lokasi kami...

Dari melakukan surfei lokasi... mengumpulkan dana... membeli barang-barang untuk acara... memesan makanan... sampai menyusun acara...

Lokasi panti asuhan bertempat di Sentul Bogor... TK agak lupa sama nama tempatnya... yang pasti ini panti asuhan kristen gitu... Yayasan Bukit Karmel klo gak salah... 

Terus dana yang terkumpul... kita belanjain barang-barang pokok seperti beras, indomie, minyak, susu bayi, sereal bayi, biskuit-biskuit dll... banyak deh... gak lupa kita juga beli perlengkapan bayi seperti pempers, bedak bayi, sabun dan shampoo bayi... dan untuk acaranya kita membeli beberapa lusin crayon untuk mewarna... soalnya TK bikin acara mewarnai gitu... dan terakhir kita bikin bingkisan berupa snack-snack ringan gitu yang dibungkusin di plastik-plastik transparan terus dikasih pita...


Acaranya sebenernya sederhana... lebih seperti ramah tamah aja.. tapi disana juga kita adain acara seperti sekolah minggu... jadi ada nyanyi-nyanyi... berdoa... bermain... dan mendengarkan cerita dari TK... hahahaha...

waktu itu TK yang bawain acaranya juga.. TK inget banget kalau TK cerita tentang kisah Nabi Nuh... sampe TK bikin beberapa gambar di buku gambar buat bantuin TK bercerita... gak lupa TK juga bikin gambar-gambar binatang di kertas A4 yang akhirnya di fotocopy perbanyak untuk dibagikan dan diwarnai oleh anak-anak... seru yah #ngelap air mata #terharu

lagi pada mewarnai gambar binatang buatan TK

lagi pada makan snack

Untuk acara ini, segala sesuatunya berjalan lancar deh... teman-teman sekelas pun pada mudah dimintain bantuannya untuk mengayomi anak-anak yang ada disana... bener-bener mengharukan..

Anak-anak di sini jumlahnya lumayan banyak... ada sekitar 30 anak deh... dari yang masih bayi sampe yang udah agak gedean... paling gede umur 10 tahunan...

nih tampang anak-anak penghuni Panti Asuhan itu...

Yang pake baju pink yah!!! klo yang gede2 mah bukan!! itu temen TK namanya Deborah

ini rupa anak-anak lainnya....


Ada yang manis... lucu... jorok... ngegemesin... bandel... sampe ada yang nyebelin... ahhahahaa lengkap... 

terus ada yang masih bayi-bayi juga nih...


Saat liat bayi-bayi yang masih tak berdaya ini rasanya pengen nangis deh... TT__TT gak tau kenapa TK suka mellow tiba-tiba gitu... sedih aja ngeliat bayi-bayi yang lucu-lucu ini tapi gak punya orang tua... dan yang namanya tinggal di panti asuhan pasti ga akan dapet yang namanya perhatian sebesar perhatian orang tua sendiri... karena pasti di panti asuhan ada yang namanya persaingan... 

"Persaingannya kaya apa?"

Tentu saja bukan persaingan jotos-jotosan atau gigit-gigitan... tapi lebih ke pelucu-lucu... siapa yang paling menarik perhatian... kalau kamu jadi anak yang manis pasti di dilirik sama pengunjung... dan jikalau beruntung bisa diadobsi...

Seperti salah satunya anak ini...

Namanya Halena...


Karena lucu dan gak cengeng... mangkanya orang-orang senang menggendongnya... termasuk TK


atau lain lagi dengan bayi ini... biasanya satu tempat tidur bayi itu berisi 2 bayi... jadi keliatan deh sirik-sirikannya kalau ada satu bayi yang di gendong... seperti bayi perempuan yang disebelah kiri ini... Namanya Vivian Elisa... anaknya lucu banget... dan di sini lah TK ketemu sama si Oscar...


Awal kejadiannya tuh saat kami berempat (TK, Icha, Edna, dan Santi) pergi surfei ketempat ini beberapa hari sebelum hari H...

Di sana kami diajak tur keliling panti oleh suster pengurus panti.. dan kami terhenti disebuah kamar bayi... di sini ada sekitar 8 orang bayi yang berusia dibawah 1 tahun... mungkin kisaran 5-9 bulanan...

Dan ada satu bayi yang jadi primadona... namanya Vivian Elisa... kelucuannya menarik perhatian TK dan teman-teman... sampe-sampe kita bergantian menggendong dan memeluk bayi unyu ini sambil foto-foto...


Saat itulah ada seorang bayi laki-laki yang botak sudah bisa berdiri berpegangan di pinggiran ranjang... dia sekali-sekali mengangkat tangannya minta di gendong sambil mengeluarkan suara seperti "eehhh... eeehhh.. ehhh..."

Tapi gak ada yang memperhatikannya... soalnya posisi ranjangnya membelakangi kita yang sedang asik foto-foto sama baby vivian...

Namun akhirnya TK sadar... TK nengok ke belakang... dan melihat anak ini yang sedang berusaha mencari perhatian... lalu TK masukin deh tuh HP yang dipake buat foto-foto ke dalam saku celana seragam... terus TK angkat anak laki-laki ini...

Saat menggendongnya... TK merasakan kalau anak ini merasa senang... dia dengan tampang polosnya terlihat berusaha menjadi anak yang manis agar ia tetap terus di gendong dan tidak diletakan kembali ke ranjangnya... TK menanyakan nama anak ini ke suster yang jaga di sana...

Nama anak ini "Oscar"

Tampangnya memang gak selucu Vivian atau Halena... tapi entah mengapa TK jatuh hati sama anak ini... rasanya sayang sama si Oscar... walau teman-teman TK gak ada yang mau gendong si Oscar pada awalnya karena dia bau ompol dan ingusan gitu (sampe ke pipi-pipi)... Sampe-sampe TK minta tissue ke si suster untuk bersihin ingusnya...

hehehe... TK sih udah cukup biasa ngasuh bayi.. soalnya TK sempat jadi Baby Sitter juga saat adik TK si SJ lahir... kita kan bedanya 8 tahun... jadi TK udah bisa bantu-bantu urus adik TK itu... dari ganti pempers sampe ngajak main... jadi saat ketemu Oscar udah gak kaget lah... namanya ngompol sih udah biasa... 

cuman emang kasian juga sih liat keadaannya.. mungkin emang saat itu si Oscar lagi pilek juga... terus celananya basah... tapi gak diganti sama si suster, dan yang lebih kasian lagi ada beberapa bagian kulit Oscar yang merah-merah seperti kena biang keringat... ada di bagian kepala dan pahanya... kasian....

Selama TK bisa peluk dia... TK terus gendong dia... sampe TK dan teman-teman harus pulang... dan TK letakan si Oscar di ranjang lagi... dan ngeliat tampangnya sungguh gak tega deh... seperti gak mau ditinggal...


Sampe pulang ke rumah pun TK kepikiran nih anak...

TK sampe bertanya-tanya dalam hati... gimana yah cara adobsi anak? Anak SMA bisa gak yah adobsi anak?... jujur kalau bisa TK pengen adobsi si Oscar... cuman mengadobsi anak itu kan gak segampang ngadobsi anjing... jadi kayanya gak mungkin.... TT__TT apalagi TK masih SMA...

Pas hari H nya... langsung donk TK cari si Oscar pertama kali.. dan hari itu semua anak dipakaikan pakaian yang lucu-lucu... soalnya kan hari itu pasti banyak tamu.. jadi gak mungkin bayi-bayinya dibiarin bau gitu...

Seketemunya sama si Oscar... TK langsung gendong dia... TK peluk dia... lucu banget deh liat si Oscar dengan setelah baju monyet warna hijau... dan pileknya juga udah lebih membaik.... TK senang ketemu Oscar lagi... dan tentu Oscar juga senang ketemu Papa barunya,.. walau hanya sehari...


Kalau dihitung-hitung sekarang usianya sudah sekitar 6 tahun... dan berarti sudah sekolah... penasaran deh seperti apa dia sekarang...


TK berharap semoga Oscar sudah diadobsi oleh orang yang tepat... Sosok orang tua yang bisa memberikan kasih sayang dan perhatian yang penuh buat si Oscar... dan TK berdoa supaya Oscar jadi anak yang baik, pintar, dan cinta Tuhan...

Kalau kita berjodoh... suatu hari pasti bisa ketemu lagi... :D

I miss you OSCAR... XOXO


Buat Teman-Teman Pembaca yang mungkin tertarik untuk berkunjung atau untuk adobsi anak.. silahkan langsung berkunjung atau hubungi saja Panti Asuhan ini :

Panti Asuhan Yayasan Bukit Karmel

Jl. Gn Gede No.2 Perumahan Bukit Sentul City, Bukit Sentul
Tel : (021) 87960967, 87960922



Pertemuan dengan Oscar ini membuat TK memiliki sebuah keinginan mendirikan Panti Asuhan juga di masa depan... kalau TK sudah menjadi orang yang sukses... TK pingin merangkul anak-anak yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian... dan tentunya... TK ingin membentuk anak-anak itu menjadi anak-anak yang berprestasi... biar kalau udah gede bisa dijadiin girlband or boyband.. LOH?!

44 comments:

  1. ya ampun....
    asli gua terharu banget ngebaca ini dan ngeliat foto2nya....

    lucu2 banget anak2nya. terutama yang bayi2!!!!

    gua jadi inget emma... emang bayi2 itu suka banget digendong. aduh kasian ya ama anak2 di panti asuhan gitu, mereka gak bisa sering2 digendong, kudu gantian.

    gua gak tau dah mau ngomong apa lagi. asli terharu banget...

    moga2 anak2 itu cepet ada yang adopsi ya dan bisa dapet kasih sayang yang berlimpah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ko... aku juga pas ngumpulin foto2nya udah mellow... terus coba inget-inget lagi kejadiannya makin mellow...

      iyah.. suka sedih liatnya yah... masih kecil udah ga kenal orang tua... kadang klo ngeliat diri sendiri ngerasa gimana yah... apalagi koko sekarang udah jadi seorang ayah yah... punya anak juga.. pasti ngerti deh feelingnya kaya apa...

      amin... semoga udah pada di adobsi deh... klo engga kasian... aku sih percaya tiap orang pasti ada jalan nya masing2... bahkan buat bayi2 sekalipun.. cuz diluar sana juga banyak keluarga yang gak bisa punya anak...

      Delete
  2. bener banget. wajah oscar seakan-akan nggak bisa buat ditinggalin. nggak tega.

    ReplyDelete
  3. ahhh TK!! mata langsung ngembeng baca tulisan ini, fotofotonya juga ngga nolong makin bikin banjirrr T___T
    luculucu bangett mukanya inosen semua, hiks
    mudahmudahan bisa terwujud ya TK citacitanya, amin :')

    ReplyDelete
  4. Aku juga banyak banget kenagan dgn anak-anak yang seperi ini. Lucu gitu kalo mengenang mereka. awalnya sih ogah-ogah gimana, tapi setelah deket, malah jadi gak mau pisah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah... harus siapin hati lah kalau ketempat gini...

      Delete
  5. Mellow dah pagi2... :(

    iaaa, semoga mereka diadopsi orang tua yang saayaaaang saama mereka....

    Buat TK, smoga scepatnya jadi orang sukses yaa, supaya bisa buat tempat penuh kasih buat anak2 seperti mereka, aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo TK udah mellow dari kemarin sore... :(

      amin amin amin

      Doain aja yah unni... ^^

      Thanks yah

      Delete
  6. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke... thanks sob.. tar mampir balik ^^

      Delete
  7. aku ngga pernah suka ke Panti asuhan... bukan karena berhati kejam atau ga perduli.. cuma takut ga bisa nahan kesedihanku melihat anak-anak malang itu. Sama kaya TK, kalo ke panti asuhan bawaannya pengen aku adopsi semua anak disitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah si mas... emang sedih...

      tapi dengan kedatangan kita kesana... kita bisa bawa kebahagian buat mereka walau cuman satu hari... cuz mereka tuh butuh banyak kasih sayang dari orang-orang...

      jadi klo TK sih mau jadi salah satu orang yang mau berbagi sama mereka... walau pasti mellow ujung2nya...

      Delete
  8. saya baca ini dari awal sampe akhir, ikut terharu juga, kasian ya nasib anak-anak yang mesti tinggal di panti asuhan, kita mesti bersyukur banget karena bernasib lebih baik dari mereka. terima kasih atas ceritanya. :D

    mampir yuk, ada event blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thanks yah udah mampir dan baca sampe abis...

      iyah mereka kadang emang gak punya pilihan lain... :(

      betul banget... kita harus lebih bersyukur...

      sama-sama... oke.. TK mampir...

      Delete
  9. coba kesana lagi mas, syapa tau masih inget sama lu :DDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah pengen bro kesana lagi... tapi TK sih ngarep anak-anaknya udah ga disana... TK berharap smua anak-anaknya udah di adobsi semua... :D

      Delete
  10. akhhh tekaaa.. sedih ngebacanyaa..
    jadi inget dulu aku juga pernah beberapa kali baksos ke panti asuhan. yang paling berkesan sih pas aku berkunjung ke panti asuhan Mekar Lestari, Serpong. panti asuhan katolik gitu. disana umurnya lebih kecil dibanding panti asuhan yg km kunjungin. rata2 dibawah 6 tahun. ada lebih dari 60 anak. baby2nya juga banyak. malah ada yg bule loh! kasian banget deh, mereka tuh butuh kasih sayang lebih.

    si oscar mukanya miris banget yaa.. kayak takut ditinggalin T__T

    kadang sebel juga sama orang tua yg gak tanggung jawab sama anak2nya. doyan bikinnya doang!! :|:|

    ReplyDelete
    Replies
    1. TT__TT jadi makin terharu kalau banyak yang pada sedih juga...

      oh yah? ada yang bule juga? kasian yah... aduh banyak amat anak2nya...

      iyah..si oscar kayanya jarang ada yang gendong deh...

      hm.. iyah sih klo sama yang ninggalin gitu aja sih nyebelin... tapi ada beberapa yang emang udah ga punya keluarga... bahkan gak ada sanak saudara.. kadang ini yang bikin miris... emangnya sebatang kara itukah nasib anak2 ini... masa gak ada sepupu orang tuanya atau apanya lah... TT__TT

      Delete
  11. Bro, entah kenapa gue suka banget liat wajah2 anak2, apalagi yang masih bayi.... Hati tentram gitu bawaannya.... Plus gue jadi keinget lagi sama childhood gue... heeeh.... :'(

    Tega yah ada orangtua yang buang anak2 seimut ini?! Gak punya perasaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah keterlaluan sih klo yang buang anak... tapi bukan berarti semua anak yg disini kasusnya kaya gitu... kadang banyak juga yang emang gak ada orang tuanya karena meninggal...

      tapi kita tetep harus liat hal positifnya...

      better juga mereka di titipkan di panti asuhan oleh orang tua yang gak menginginkann mereka... dari pada mereka di gugurkan atau di buang di jalan dalam kardus atau kantong plastik... jadi better lah masuk Panti Asuhan juga...

      Delete
  12. Wuih anak2 pantinya unyu2, innocent bgt.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ga unyu juga ada sebenernya... tapi gak di foto ^^

      Delete
  13. terakhir aq ke Panti Asuhan aq nangis ngliat anak masih kecil2 ga pny parent....
    aq terharu bgt baca postingan ini Tom.......pengen rasanya meluk bayi2 itu biar mereka seneng (。_+)\

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah glow... susah yah klo jadi melankolis... ahhahaa... mudah terharu... n terbawa suasana....

      Delete
  14. itu si oscar mirip c gebong siah ya tong.. kkkk... namanya ganti bukan baby oscar tp bayi gebongg O__o

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... ga ah... kamu mah ngerusak cerita... #cubit

      Delete
  15. T_T Semoga tercapai cita-cita untuk mendirikan Panti Asuha. Sungguh mulia hatinya bila terwujud impian itu. Saya sangat mendukung impian kamu.

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen adopsi baby.. T_T

    ReplyDelete
  17. Lucu-lucu ya? bisa diadopsi ga? saya sudah 5 tahun menikah blm dikaruniai anak, gimana caranya supaya saya bisa adopsi salah satu anak tersebut, share nya dooong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau adobsi mungkin bisa langsung kontak Panti Asuhan ini :

      Panti Asuhan Yayasan Bukit Karmel
      Jl. Gn Gede No.2 Perumahan Bukit Sentul City, Bukit Sentul
      Tel : (021) 87960967, 87960922

      Delete
  18. TK gw nangis loh baca postingan ini... hiks... btw my second son also name Oscar :)

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. aduuh lucunya foto2 yang dimuat,aku jadi pengen adopsi yang cewe' satu aja,moga Allah kabulkan keinginanku aamiin

    ReplyDelete
  21. bro minta alamat nya yang jelas bisa nga? saya dari luar jakarta mau kesana..banyak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba Kak Larry hubungin langsung Panti Asuhannya :

      Panti Asuhan Yayasan Bukit Karmel
      Jl. Gn Gede No.2 Perumahan Bukit Sentul City, Bukit Sentul
      Tel : (021) 87960967, 87960922

      Delete
  22. Tomkuu kira2 helena msh ada gak yah? Aku mau adopsi. Reply yah. Bella.

    ReplyDelete
  23. Saya Single,,,tp apakah diperbolehkan untuk adobsi jg...?????syaratnya kira kira apa saja yah buat single.....mhn d bantulahh....

    ReplyDelete
  24. Th 2014 ini sdh pernah kesana lagi kah TK?
    Asli nangis bombay nih baca tulisan kamu

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...