Thursday, June 20, 2013

Budgeting Liburan Ke Taiwan ala Fabulous Backpacker


Hola TKers.. postingan kali ini TK buat sengaja untuk memenuhi permintaan salah satu TKers yang pengen tau banget rincian budget liburan TK ke Taiwan kemarin... dan mungkin banyak juga yah TKers yang pengen tau juga.. sapa tau aja kalian juga ada yang kepengen jalan-jalan ke Taiwan tapi takut kemahalan atau kemurahan (sombong amat teh!) hehehehe...

TK sih gak mungkin bisa tulisin secara detail.. soalnya TK gak gitu inget belanja apa aja dan makan apa aja... dan tentu tiap orang kan beda-beda yah... beda orang yah beda juga budget belanjanya.. TK sih sebenernya tergolong orang yang gak suka belanja dulunya.. tapi sejak mulai kerja, jadi mulai deh dorongan shopaholicnya... so TK tulisin budgetnya secara garis besarnya aja yah....

VISA TAIWAN @ Rp 460.000,-
Nah karena negara Taiwan bukan anggota ASEAN, jadi kita perlu nih pake yang namanya VISA... dan untuk buat VISA Taiwan juga mungkin harganya bisa beda-beda tergantung kalian masing-masing buatnya gimana... kalau kalian urus sendiri mungkin bakal dapet harga kaya TK RP 460.000,- saja.. tapi kalau pake jasa tour agent, mungkin bisa lebih mahal.. nah untuk yang pengen tau gimana cara urus VISA Taiwan sendiri mungkin bisa baca tulisan TK yang ini.


TIKET PESAWAT @ Rp 3.887.276,-
Tiket pesawat juga gak bisa pasti nih harganya... soalnya harga tiket pesawat kan berubah-ubah terus dan tiap maskapai juga punya harga yang berbeda-beda, belum lagi high/low season akan mempengaruhi harga pesawat juga... Kalu ini sih TK kebetulan dapet tiket yang lumayan promo.. dan pake acara transit dan pindah maskapai biar murah... Rinciannya :

Keberangkatan :
Airport Tax Bandara Soekarno Hatta @ Rp 150.000,-
JKT - SINGAPORE : AIR ASIA (tanpa bagasi) @ Rp 290.000,-
SINGAPORE - TAIPEI : TIGER AIRWAYS (tanpa bagasi) @ SGD 210 (Rp 1.662.276,-)

Kepulangan :
TAIPEI - SINGAPORE : TIGER AIRWAYS (*bagasi 7,5 kg) @ NTD 3.927 (Rp 1.292.000,-)
SINGAPORE - JAKARTA : AIR ASIA (*bagasi 10 kg) @ SGD 62.2 (Rp 493.000,-)

*bagasi : Pasti pada bingung kan kok bisa dapet bagasi 7,5 kg atau 10 kg? sebenernya itu bagasi yang 15 kg dan 20 kg, cuman TK bagi dua sama si Edna.. jadi bayar setengah-setengah.. hehehehe biar lebih murah.. 

Kurs saat itu : Kurs SGD @ Rp 7.915,- ; Kurs NTD @ Rp 329,00

  
TRANSPORTASI @ NTD 1500 (Rp 493.500,-)
Ini juga transportasi gak bisa dipastikan bakal perlu berapa duit.. itu TK juga kira-kira aja.. soalnya kan tergantung sama kitanya juga yah... klo kita gak kemana-mana yah tentunya kita gak perlu keluar biaya transportasi... terus klo kita kemana-mana jalan kaki juga tentu gak perlu bayar uang transportasi... Jadi paling uang transportasi ini bakal kepake seperti buat naik bus dari/ke bandara, bus ke tempat wisata, MRT, Kereta Antarkota dan Taxi... pokoknya sesuai kebutuhan... dan tergantung juga seberapa lama kita di Taiwan nya.. jadi bisa diperkirakan sendiri deh... kalau untuk MRT, TK selama di Taiwan cuman pake 500 NT aja (seminggu)... itu pun udah dipake kemana-mana.. so be wise aja ^^ lebih baik sedia lebih dari pada kurang,.. bener gak?


TEMPAT TINGGAL
@ 6 x NTD 400 = NTD 2400 (Rp 789.600,-)
Untuk tempat tinggal TK pake harga guesthouse yang harga permalamnya NTD 400. Kalau bisa dapet yang lebih murah alangkah lebih baik... kebanyakan kamar hostel tuh kisaran NTD 800-1200 / malam.. kemarin TK dapet kamar yang harganya NTD 1200, cuman karena dibagi 3 orang jadi masing-masing bayar @ 400 saja... so Tips dari TK sih klo bisa pergi ke Taiwan dengan seorang partner.. minimal 1 orang lah.. biar bisa patungan di berbagai hal.. hehehe bisa ngehemat jadinya... TK sih kemarin itu cuman 3 malem di hostel.. sisanya 3 malem di kosan si Icha (GRATIS)... Nah klo kalian ada temen di Taiwan yang bisa ditumpangin.. itu akan lebih baik!!


MAKAN & MINUM
@ NTD 2280 (Rp 750.120,-)
Duh berasa gak ada yang pasti yah... ini juga masalah makan dan minum gak bisa dipastikan... tergantung tiap orangnya... kan beda-beda yah.. ada yang doyan makan.. ada yang gak doyan makan.. klo TK sih tergolong yang suka makan.. sehari minimal 3x makan lah.. jadi ini TK pake standar makan TK aja yah...

Anggaplah kalian makan sehari 3x dan setiap kali makan NTD 120 (udah agak mewah sih ini), so sehari kalian akan mengeluarkan uang makan sebesar NTD 360... trus kalau buat 6 hari yah tinggal dikaliin 6 aja.. jadi NTD 2160 ... trus buat minumnya sehari ibarat NTD 20, so 6 hari sama dengan NTD 120... Kalau di total makan dan minum selama 6 hari jadi sekitar NTD 2280 atau sekitar Rp 750.120,-


TEMPAT WISATA @ NTD 600 (Rp 197.400)
Buat main ke tempat wisata sih kalian gak perlu takut kemahalan.. soalnya kebanyakan sih tempat wisata di Taiwan tuh gak mahal... malah kebanyakan gratisan... terutama yang kaya berupa taman-taman gitu.. selain itu kan klo main ke Taiwan pasti lebih seneng main ke pusat kota seperti Ximen dan Shida Night Market... atau bisa ke Damsui... nah tempat-tempat ini tuh gak ada biaya masuknya alias gratis... kalaupun ada tempat wisata yang harus bayar.. palingan harga tiketnya NTD 60 / orang... itung mahalnya deh yah kalau harga tiket masuk wisata seharga NTD 100 dan kalian selama 6 hari pergi ke tempat wisata terus yang harus bayar tiket masuk, totalnya cuman NTD 600 coy!!! dan TK berani jamin ini budget NTD 600 buat tempat wisata sih udah berlebihan banget! 


OLEH-OLEH
Kalau oleh-oleh sih TK gak berani kasih perkiraan yah.. itu kalian kira-kira aja.. budget belanja di taiwan bisa kalian sesuaikan dengan habit belanja kalian di Indonesia deh.. toh harga barang-barang di Taiwan gak beda jauh sama di Jakarta... 


UANG CADANGAN
Biasakan kalian punya uang cadangan... jadi jangan pas-pasan banget lah kalau pergi jalan-jalan tuh... minimal ada 500 ribu rupiah lah.. atau ada kartu kredit... soalnya kan gak ada yang tau yah kalau ternyata kita butuh uang lebih mendadak... hahahaha tapi kalau kalian bijaksana dalam menggunakan uang TK jamin uang cadangan kalian akan aman!


SO...

Kalau ditotal dan sudah dibulatkan... mungkin untuk pergi jalan-jalan ke Taiwan ala Fabulous Backpackernya TK, Budget yang perlu disiapkan sekitar 

Rp 8.000.000,- 

Kalau buat liburan ke Taiwan selama 6 hari, 8 Juta itu udah murah banget loh!!! apalagi udah termasuk tiket pesawat PP, tempat tinggal, wisata, makan, sampe oleh-oleh... kalau kalian pake tour TK jamin akan lebih dari ini...

Nah kalau TK sendiri sih kemaren itu pas ke Taiwan, di luar budget tiket pesawat dan VISA, TK keluarin NTD 12500 (Rp 4.112.500,-) itu karena TK banyak belanja juga.. terus TK juga keluarin sekitar SGD 60 (Rp 500.000,-) selama singgah 2x di Singapore... so klo ditotal... kemaren TK habis sekitar 9 jutaan lah... mayan yah! hahahahaha... yah itu mah tergantung kitanya lah... dulu TK pas tahun 2011 cuman bawa 2 juta loh.. dan cukup!! memang sih waktu 2011 tiket pesawat dan tempat tinggal gratis... hehehe tapi coba kalau kemaren TK bawa cuman 2 juta... paling cuman abis 7 jutaan kan? yah... semoga kalian gak bingung dan semoga tulisan ini bisa membantu kalian... inget yah.. kira-kira kalau mau ke taiwan selama 1 minggu... kalian perlu budget sekitar 8 - 9 juta rupiah... OKAY!!! Selamat menabung... 

22 comments:

  1. Hahahahaha.. aku bukan TKers yaaa :|

    Tapi makasih tekaa buat rinciannyaa..termasuk murah sih ya harga segitu buat seminggu~~ kebayang klo ak bisa diatas 10jt kali.. nabung dulu ah buat kesanaa.. target sih korsel tp apadaya mahal bangey klo ksana..

    Selamat malam!
    *kibasponi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan TKers dari mana... Orang kamu TKers sejati... Hhahahahahaha

      Iyah itu gak rinci rinci amat sih.,, hahaha iyah mayan murah lah untuk liburan seminggu sih... Klo cewe mungkin bisa jauh dr budget TK... Tapi belum tentu juga sih... Soalnya barang barang cewe lebih murah dr pada barang barang cowo the...

      Ih TK juga pengen ke korsel... Nti ah klo ada kesempatan...

      Delete
  2. Hahahaa...itu yang minta ditulisin budgetnya udah ngaku tuhh ...tapi asik juga sihh jadi kebagian info juga ttg biaya ke taiwan. Coba bayangin kalo perginya ber 4....huahhhh tinggal dikali 4 aja tuh yaaa ( kejengkang pingsan dulu dahhh....) . Sayanggg benerrrr duitnya. Tapi, kalo ada rejeki mah, hayu we cabutttt ! Ke korsel pada ajak2 daku donggg....hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah tuh... Langsung pertamax gitu yg request komennya,,, hahahahaha...

      Wah klo pergi ber4 tapi yg bayarinnya satu orang sih beneran bisa ngejengkakng ci... Bisa ada penyakit baru setelah liburan... Hhahahaha

      Yuk yuk yuk kita ke korsel... Cm korsel udah pasti bakal lebih mahal sih sekitar 10-12 jutaan lah klo perhitungan TK sih

      Delete
    2. blogger kece goes to korsel!! yuukk mariii... semua pada nabung dahh biar terwujud! aminnn

      Delete
    3. mariiii...menabung! bakal jadi edisi saingan tidagor atuh the?hahahaa

      Delete
    4. hahahaha... ayok atuh.. kan tidagor juga dah blogger semua.. LOL ^^

      Delete
  3. Wah .. Ga terlalu mahal juga sih .. Thanks for the share ya .. Januari nanti aku juga ke Taiwan (pamer dikit wkwkwk) jadi agak yakin setelah baca budget nya .. Ketakutannya cuman waktu itu kan Taiwan lagi dingin2nya hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iayh januari kayanya pas lagi dingin deh... siap2 mantel aja EHS ^^

      Delete
  4. wah lumayan juga ya :D
    nabung nabung nabung
    eh tapi aku pinginnya ke Jepang, TK gak pingin ke Jepang? :O
    Ntar bagi-bagi ceritanya di blog ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TK udah ada rencana nih ke Jepang tahun depan.. hahahaha #spoiler
      tapi masih gak tau deh liat aja nanti ^^

      pasti donk ^^

      Delete
  5. Harga makan sama hostel berarti gak mahal-mahal amat yak...
    Aku pengen ke Taipei TK,
    abis itu naik Eva Air yang Hello Kittyyyyyy
    Tapi gak tau kapan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak na.. harganya masih wajar kok..

      pergilah ke Taiwan na.. heheheh seru disana ^^

      iyah katanya ada pesawat hello kitty yah ^^

      Delete
  6. untuk sementara aku cukup ngiler aja liat TK jalan2 hehehe, soalnya kalau jalan-jalan harus paket sama keluarga. Ngumpuli uang dulu ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah klo dah berkeluarga memang budgetnya berkali lipat yah? ^^

      Delete
  7. Hihi (nampak) murah yaaa.. ehem..itu itu terus tagihan cc buat belanja-belanja habis berapa? #wkwkwkwk kepo..soalnya ini nih bagian yang paling penting.. bagian belanja belanji.. heu sulit menahan hasrat belanja barang yang (nampak) lucu.... itu tuh kayak cover passport yang lo beli tom... wkwkwk #mupeng

    ReplyDelete
  8. wihhhh lumayan jugak.. langsung ambil kalkulator hitung2 gaji, harus berapa bulan nabung baru bisa, tapi ku yakin lho TK suatu saat bisa ke luar negeri hanya untuk jalan2 alah orang kaya.. hahahaa...
    setidaknya Korea... huhuu ketemu Oppa!
    makasi udah share TK,
    have a nice day!

    ReplyDelete
  9. Enaknya liburan seminggu Mas TK... kudu nabung yang serius ya klo mau ke Taiwan, lumayan tu 8 jt... heheheheh

    Tapi Makasih Mas TK sudah berbagi Pengalaman :)

    ReplyDelete
  10. halo TK, gw favorit banget baca2 blog lu yg ttg liburan,semoga terus diupdatee yaa,hahaha...oh ya TK,mau nanya tiap foto2,warna foto2nya cerah2 banget,pake kamera apa ya?DSLR kah? atau pake pocket?thnx TK

    ReplyDelete
  11. TK,thanx banget ud berbagi pengalaman ttg liburan,membantu banget nih buat ngerencanain liburan2,hehehe..oh ya TK,mau nanya donk,tiap jalan2 hasil fotonya warnanya bagus2,itu pakai kamera apa ya?DSLR? atau pocket kamera?thnx TK,suykses terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Raymon udah mau mampir dan baca blog TK yang tak seberapa ini.. hahahaha

      TK ini semua foto-fotonya cuman pake kamera poket dan kamera Handphone (samsung Galaxy S3)

      Delete
  12. wah bisa dapet harga murah ya. sekarang dollar naik bisa dapat harga segitu ga ya. oya saya share info siapa tahu bisa share tulisan yang lain disini Kirim Ceritamu

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...