Thursday, August 15, 2013

OH-PIN-NIH episode 1

EPISODE 1
"WE CAN'T HELP WHO/WHAT WE LOVE,
BUT WE CAN HELP WHO WE ARE"


Halo TKers... salam jumpa di OPN episode yang pertama... Di Episode pertama ini kita akan mengomentari quote di atas yang kalau diterjemahkan mungkin bisa seperti ini "Kita tak berdaya untuk mencintai sesuatu/seseorang, tapi kita berdaya untuk jadi diri sendiri" hehehe kok jadi gak enak gitu yah setelah diterjemahkan... yah pokoknya sih intinya kita tuh gak bisa milih untuk suka sama seseorang or sesuatu... tapi kita bisa memilih kita mau jadi seperti apa... nah mungkin itu lebih ngena yah maksudnya... 

Kalau mau komplen masalah topiknya.. silakan komplen ke si Yoz aja deh yah.. TK juga sempet bingung dikasih topik ginian.. kok kesannya kaya susah banget yah... berasa lama gitu untuk cernanya.. tapi akhirnya bisa beropini juga nih.. oke langsung aja deh yah opini dari TK...

Menanggapi topik di atas... memang benar.. kita gak bisa yah untuk memilih suka atau gak suka sama sesuatu or seseorang.. seperti contohnya... 

TK suka banget sama yang namanya indomie goreng, padahal TK tau kalau makanan ini kurang baik/kurang sehat tapi mau gimana lagi?! Hanya bisa galau sebelum dan sesudah makan nih makanan.. disatu sisi puas.. disatu sisi takut... (takut gendut)

Atau contoh lain... masih seputar makanan... Kalian tau kan klo seafood itu selalu mengundang selera.. seperti kepiting or udang goreng yang dibanjurin bumbu pedas manis gitu.. beeeuuuhhhh... enak kann??? Nah!!! TK juga jatuh cinta deh pasti ngeliat makanan kaya gini... tapi apa daya TK gak bisa makan nih makanan karena kalau TK makan udang or kepiting, TK bakal menderita gatel-gatel (alergi) IRONIS YAH!!!! by the way masih nyambung gak yah??

Contoh selanjutnya kalau dari masalah suka atau jatuh cinta sama seseorang... Nah yang kaya gini juga gak ada rumusnya nih.. namanya klo suka yah suka... sampe kadang gak peduli sama penampilan fisik, Background keluarga, Ras, Suku, Agama bahkan Jenis Kelamin... "Love is Love"... dan TK setuju sih kalau cinta seharusnya gak dibatas-batasi oleh semua itu.. walau memang pasti kontroversial banget yah... banyak lah contoh yang kita liat di masyarakat... pernikahan beda agama tuh rasanya ribet banget... dan kebanyakan orang tua yang kolot selalu nyuruh cari jodoh yang seagama or satu Ras... emangnya bisa yah cinta di tentuin pake gituan?? Terus buat kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bi, Trans) juga mereka kan gak pernah mau terlahir seperti itu... kalau bisa juga semua mau terlahir normal... YAH KAN?? jadi jangan salahkan mereka kalau mereka suka sama jenis kelamin yang sama (homo).

Seperti pepatah di atas mengatakan.. memang banyak hal yang gak bisa kita lakukan untuk suka atau gak suka terhadap sesuatu... BUT WE CAN HELP WHO WE ARE... 

yang menurut TK itu.. Kita bisa mengontrol diri sendiri untuk menanggapi permasalahan yang ada.. seperti contohnya.. 

Kalau TK gak bisa cegah makan indomie goreng... setidaknya TK bisa mengontrol untuk tidak makan berlebihan dan terus berolah raga agar tetap sehat...

TK memang gak bisa makan kepiting dan udang... TK tau resikonya kalau TK tetap paksa makan kedua makanan ini... dan TK tau apa yang harus TK lakukan.. kalau mau tetap nekat setidaknya TK gak boleh makan terlalu banyak dan menyediakan obat alergi... dan sebisa mungkin sih yah gak usah makan nih makanan... tahan napsu!

Terus untuk permasalahan cinta (berbeda Suku, Ras, Background Keluarga, Agama, Jenis Kelamin), memang akan susah menemukan jalan tengahnya... pasti ada pihak yang pro dan kontra... dan gak akan pernah ada habisnya.. karena masalah ini sangatlah kontroversial.. so menurut TK satu-satunya cara menanggapi masalah ini adalah... siap menerima resiko... fokus kepada diri sendiri (tidak terlalu mendengarkan opini orang usil) yang penting bisa menikmati hidup dengan bahagia... dan untuk kaum LGBT yang sangat sulit diterima di masyarakat, jadilah pribadi yang baik dan sukses biar orang-orang gak ada yang merendahkan diri kalian... LGBT bukanlah suatu penyakit... buktikan kepada masyarakat kalau LGBT juga bisa sukses dan bisa memiliki cinta yang tulus dan hidup seperti layaknya orang normal... 

Buat yang gak setuju... silakan kalian kontrol diri kalian untuk belajar tenggang rasa... Kita sebenernya gak punya hak untuk mengomentari kehidupan orang lain... Setiap orang punya hak nya masing-masing untuk memilih dan menentukan jalan hidup mereka agar bisa bahagia.. so gak boleh dong ada yang ikut campur dan melarang-larang karena persepsi satu pandangan semata?! Yah kan?! 

Gila yah... bijak juga nih si TK... hahaha.. yawda lah.. opini dari TK sih segitu aja.. berikutnya opini dari si Yoz nih : 


Hey guys & girls & whomever in between ... HEHE
Pasti pada pernah denger quote yang satu ini kan:
WE CAN'T HELP WHO/WHAT WE LOVE, BUT WE CAN HELP WHO WE ARE.

Hukum ini tuh menurut gue berlaku lebih dari sekedar relationship doank dan bisa masuk ke ranah yang lebih dalem lagi.

SHOPPING!
Laper mata (a.k.a. mata keranjang) ga cuma pada saat mau dapetin cewek/cowok ajah.
Juga waktu lewat toko liat etalase, ato liat pajangan menu makanan menarik di resto di mall.

Dari depan keliatan kece, setelah masuk??!!! Makanan overpriced, pelayanan "MEMBLEH", rasa makanan SUCKS, dan laen laen.

Mau hal yang mesti diperjuangin (seperti cinta), mesti ngutang pake kartu kredit (seperti barang belanjaan), sampe mesti mati karena patah hati (seperti cowok/cewek milik orang laen).

Emang susah ngebendung perasaan kalo udah DOYAN alias SUKA. Kadang nalar udah ga jalan. Hati menggebu-gebu. Tangan ga bisa dikontrol. Semuanya berkecamuk jadi satu.

Intinya - WE CAN'T HELP OURSELVES ........... BUT TO GIVE IN!!!

Ini yang bikin rasanya diri itu begitu tersiksa.

Setelah dapet, apa yang dirasakan? Euforia-nya sebentar banget. Bener-bener singkat. Ibarat orgasme gitu deh!! After that, nalar kita mulai jalan. Aliran darah baru nyampe ke otak. Gaung hati baru deh bicara. Terus baru sadar deh... Sometimes in the process of "obtaining" the deeds, we have lost ourselves along the way. Itu parahnya.

Kita udah gagal jadi diri sendiri lagi. Terlalu banyak yang dikorbankan, untuk hal yang ga patut kita korbankan.

Pertanyaan - IS IT WORTH IT? selalu muncul belakangan.

Tapi apa boleh buat, nasi udah jadi nasi tim. Ya makan aja, toh enak kan??!!
Kecuali kalo kurang garem.... ato kurang kaldu ayam... #ehh mulai ga nyambung, cek perut lagi keroncongan!!!

Emang bener musuh paling berbahaya itu terkadang diri sendiri, itulah kadang pentingnya kita sadar untuk teriak:

SAVE ME FROM MYSELF.
Ini pandangan gue. Kalo lo pada gimana?
Silakan tulis komentar pandangan kalian tentang pepatah diatas...
Atau bisa kasih respon lewat Twitter  ke @yozstreisand or @tomkuu

Thanks for reading ^^

9 comments:

  1. Intinya aku setuju tapi kurang setuju sama bahasa inggris nya. Kayaknya TK ga pas deh quotenya itu. Lbh enak kalau ditulis kayak gini : we can't help falling in love with someone/something , but we can help ourselves.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu yah? Hehehehe TK juga gak tau tuh yg bener yg mana... Coba kita tanya si Yoz yg bikin topiknya....

      Delete
    2. Halo Anonymous,
      Ini Yoz...
      Phrase itu common banget di US... Makna nya sama kaya yg kamu tulis.. Tapi ini versi straightforward-nya.. :)
      Thank you!

      Twitter - @yozstreisand

      Delete
    3. Hi Anonymous,
      Thanks udah comment..
      Phrase di atas itu udah common banget di U.S.
      Makna nya kurang lebih sama spt yg kmu tulis... Tapi ini lebih concise & straightforward..

      Cheers,
      @yozstreisand (Twitter)

      Delete
  2. happy independence day for Indonesia...merdeka :-)

    ReplyDelete
  3. baru topik pertama tp kok kesannya beratttt yaaa... :P

    kalo dari sisi pandang gw, itu yg namanya nafsu daging / duniawi, bukankah itu masalah kita semua sodara2 :D

    dan mnurut gw semua juga butuh proses untuk dikendalikan, makin bertambah umur pastinya makin bisa kendali diri (gw sih ngerasanya gitu ya, ga tau yg laen :P)

    kalo dari pengalaman pribadi, gw ngerasa bngt pertolongan Tuhan dimasa2 muda dulu (ciyehhhh) dimana masa2 itu nalar masih ga jalan, masih begok2 nya lah (kyk skrng engga aja), so sering bngt bikin keputusan2 salah yg cuma ngikutin napsu semata... kalo skrng dipikir2, kok dulu gw begok bngt ya tp banyak gw terselamatkan dari dampak2 buruk akibat ke begokan gw itu, dan menurut gw kalo bukan pertolongan Tuhan itu ga mungkin terjadi (bukan maksud berrohani ^^)

    so... control your mind control your body... kalo ga bisa control, hadapailah resikonya tanpa misuh2 weeeekkkkk

    thanks TOM dan YOZ utk sharingnya

    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah agak berat yah topiknya... Nanti kedepannya bakal dipikirkan yg lebih ringan deh.. Hehehehe makasih yah lisa....

      Gbu most

      Delete
    2. Thank U yaaaa Lisa atas komennya... :)
      Maap kalo kesannya berat...
      Cuma pas gue lagi nyari topik, munculnya ini...
      Jadi apa boleh baut... ehh buat... Hehehe

      Salam,
      @yozstreisand

      Delete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...