Friday, April 11, 2014

Pelajaran dari Kopaja



Selamat pagi TKers sekalian.. gimana tidurnya semalem? tadi sarapan apa? mulai kepo deh TK.. terus sudah pada sampe kantor lum buat yang pada kerja? or buat yang pada ngampus.. ada kelas gak hari ini? ayo semangat!! hari Jumat nih.. besok libur.. jadi jangan males yah.. hehehe.. terus terus terus.. tadi kalian ke kantor/kampus naek apahan? (makin kepo) Kalau kalian tinggal di Jakarta dan pergi kemana-mana naek kendaraan pribadi (mobil/motor) tandanya kalian belum belajar untuk bertahan hidup dan kurang gaul.. karena pelajaran hidup di Ibukota ini bisa kalian pelajari dari transportasi umum seperti bus umum, angkot, metro mini maupun kopaja… selain itu kalian bisa makin gaul coy!!!!


Kalau kalian mengikuti blog sahabat TK si Kalista (Afternoon Tea) kalian mungkin pernah baca salah satu postingannya tentang pelajaran tentang prinsip YOLO setelah cukup sering menggunakan angkutan umum kopaja.. dan kalau kalian baca postingannya, di sana dia memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu kalian ketahui tentang kehidupan berkopaja dan teman-temannya…

Nah.. kali ini TK juga akan share tentang pengalaman TK berkopaja… Jadi FYI aja nih yah.. kalau TK tuh setiap harinya pasti ke kantor dengan menggunakan kopaja.. walau terkadang pake ojek juga kalau bangun kesiangan… TK sih gak asing banget sama yang namanya transportasi umum.. karena dari kecil juga sudah terbiasa naek angkot, bus umum, kereta, pesawat… semuanya masih milik publik.. hahaha masih lum punya mobil pribadi, bus pribadi, kereta pribadi apalagi jet pribadi sih.. hhahahah so dengan kata lain transportasi umum itu TK banget!! hahaha walau one day TK berharap akan pensiun menggunakan transportasi umum lagi.. hahaha tapi itu nanti aja deh.. hahaha

Sebelumnya sudah pada tau kan apa itu KOPAJA? KOPAJA itu adalah salah satu transportasi umum yang ada di Jakarta.. KOPAJA sendiri singkatan dari KOPerasi Angkutan JAkarta… bentuknya mirip banget sama metromini cuman biasanya warnanya lebih pucet.. hahaha kan klo Metromini kebanyakan warnanya merah gitu yah.. klo KOPAJA kebanyakan warnanya putih BULUK dan hijau lumut BULUK… Yah selain bentuknya mirip bus mini.. KOPAJA juga bisa disamakan dengan kaleng kerupuk… soalnya yah begitu.. mirip banget sama kaleng kerupuk.. gak percaya cobain aja deh…


Tarif harga KOPAJA itu sekitar 3 ribu rupiah aja.. tapi mungkin bisa lebih tergantung kebijakan sang kenek aja.. Seperti tempo hari TK pernah dikenakan tarif 5 ribu karena alasan lagi banjir.. yah semua itu kembali lagi ke kebijakan sang kenek… Karena harganya cuman 3 rebu.. jadi gak usah ngarep di dalem kaleng kerupuk ini adem.. trust me.. its hot like hell! Hahahaha GAK ADA AC bro!!! ada juga Angin Sepoy Sepoy yang penuh dengan polusi yang bisa paru-paru berdarah alias TBC… So karena itulah kita butuh yang namanya MASKER... tolong dicatet yah..

MASKER itu sangat berguna dan menjadi salah satu benda yang penting kalau naik kendaraan umum.. selain berfungsi untuk menutupi hidung dan mulut dari asap polusi dan udara penuh virus TBC, MASKER juga berfungsi sebagai peredam aura yang berlebihan.. ini lah salah satu alasannya kenapa banyak banget cewe-cewe di jakarta kalau di jalanan pada pake masker.. mereka pengen biar wajah mereka gak dikenali... dan meredam kecantikan atau kejelekan pada wajah mereka.. soalnya klo cantik biasanya suka di godain ujang-ujang gitu kan.. klo Jelek.. lu tau sendiri apa yang akan terjadi.. BAKAL DIBULLY! alasan lain menggunakan MASKER adalah biar kita bisa tetap berfashion sekalipun dalam KOPAJA.. hahaha coba aja browsing.. banyak loh model-model masker yang lucu-lucu dan warna-warni.. kalau bukan buat fashion buat apa coba?! HAYO!!!


Klo TK sih pake masker alasannya cuman satu.. biar gak kena TBC aja.. hahaha malah sebenernya klo TK pake masker.. aura TK makin cetar membahenol sebahenol tubuh ini.. percaya deh.. orang yang liat TK pake masker pasti ngiranya TK ninja guanteng dari mana gitu... soalnya klo TK ngerasa diliatin mulu.. PEDE DASYAT seperti biasa.. hahaha tapi sekalinya masker di buka.. mereka akan semakin ngeliatin dan bilang "Kamu TOMKUU kan!!!!!" (abaikan saja)

Pelajaran berikutnya adalah tentang "Well Prepared"... Kalau mau naek kopaja.. kita harus sedia payung sebelum hujan dulu loh.. iyah maksudnya siap sedia dan bersiaga selalu.. walau tetep memang harus sedia payung beneran buat jaga-jaga kalau ada hujan dadakan... Tapi yang TK maksud dengan siap sedia dan siaga tuh adalah seperti pegang erat dan jaga baik tas yang kalian bawa.. klo perlu taruh di depan dan jangan meleng (tidak hati-hati)... karena kita di dalam KOPAJA akan bertemu dengan manusia-manusia dari berbagai macam CLAN.. mungkin kalian bisa ketemu sama orang-orang dari westeros atau mungkin winterfell atau mungkin juga ketemu warlock.. klo kalian gak tau apa yang TK sebutkan barusan.. sudah abaikan saja.. kita bunuh Joffrey aja! (abaikan lagi) pokoknya hati-hati kalau kalian gak mau kehilangan harta benda, masa depan, keperawanan (bagi yang masih punya) terlebih nyawa... KOPAJA itu keras bro!! Sekeras kehidupan di Game Of Thrones! Sekeras juga kehidupan di Walking Dead... harus siap siaga kalau mau bertahan...


si kaleng kerupuk

Selain berhati-hati kita juga harus menyiapkan benda-benda yang perlu kita bawa sebelum naik ke kopaja (Selain bawa payung)... seperti koin receh... karena di Kopaja kita akan bertemu dengan para pengamen yang populasinya makin banyak seperti pertanda kalau zombie Apocalypse sudah dimulai.. Para pengamen ini juga ada banyak macemnya bro.. bisa dibilang sih ada kelas-kelasnya deh.. ada yang cupu.. yang anak-anak kecil yang klo nyanyi gak jelas nyanyi apahan.. klo yang kaya begini abaikan aja... yang kedua ada pengamen alay biasanya tampang-tampangnya mirip sama yang sering muncul di acara musik alay itu... yang kaya gini juga bisa kita abaikan.. mereka gak nyerang biasanya.. walau kadang mereka bergerombol juga...

Selajutnya ada pengamen kelas garong.. yang kaya gini harus hati-hati nih.. mereka biasanya bergerombol.. dari awal mereka naik ke KOPAJA udah bakal berasa tuh kaya ada segerombolan perompak somalia yang siap membajak kapal... biasanya mereka kumel bertato dan klo ngomong kaya orang abis ngobat or ngelem.. gak bener deh auranya.. terus sebelum nyanyi biasanya mereka bakal mengeluarkan kata-kata ancaman kalau kita gak mau kasih mereka uang.. so buat yang kaya gini.. mending kasih aja deh tuh koin receh.. dari pada kalian harus berhadapan sama walkers kaya mereka.. parahnya yah.. kalau masih ada yang lebih galak dari kelas garong... itu tandanya kita harus prepare senjata untuk bertahan hidup.. anggap saja mereka walker.. jadi rasanya untuk para pengguna KOPAJA mending pada beli handgun deh.. or minimal piso lipet or obeng.. klo ada yang macem-macem.. inget... "Stick 'em with the pointy end"


Terus yah.. kalau kalian naik kopaja.. kalian harus tau bagaimana cara naik dan turun nya.. karena kalau gak tau.. kalian bakal SELESAI... inget.. naik KOPAJA itu ibarat naik BANTENG GILA.. Jadi sebelum terjun ke jalanan ibu kota.. mending kalian belajar dulu ke sekolah ninja.. biar kalian bisa menjaga keseimbangan.. karena untuk naek kopaja itu kitaharus bisa lari-lari kecil, melompat lalu masuk kedalam bus yang masih dalam keadaan jalan.. begitu juga didalamnya.. karena kita gak akan selalu dapet tempat duduk.. kita harus bisa bergelantungan sambil tetap berpose indah.. terus kalau mau turun juga kita harus bisa turun dalam keadaan bus tetap jalan.. inget yah... KAKI KIRI DULU... klo mu coba kaki kanan dulu.. boleh aja.. tapi saran TK mending ikut asuransi jiwa dulu.. hahaha


Kopaja tuh klo di jalan bisa diibaratkan seperti Banteng Mabok… bisa seradak seruduk sana-sini… kadang tiang lampu lalulintas juga diseruduk.. LUAR BIASA BUKAN?!



Pelajaran tentang bertahan hidup di KOPAJA kurang lebih seperti itu.. tapi masih ada pelajaran lain dari KOPAJA... terutama tentang lagu-lagu yang lagi HAPPENING dikalangan ALAY... ih gila yah dipikir-pikir sekarang ALAY tuh bisa dibilang udah kayak species baru gitu... mereka punya gaya hidup dan style nya tersendiri... Jujur TK tuh gak gitu demen sama kaum ALAY ini.. walau secara tidak sadar dulu juga TK pernah menjadi salah satu dari mereka.. tapi untungnya sudah BERTOBAT... hahahaha... terus yah.. TK tuh kurang gitu suka sama lagu-lagu Indonesia.. gak tau kenapa jarang banget TK nyanyiin lagu-lagu Indo.. bukannya gak suka gimana.. tapi lagu-lagu barat banyak yang lebih enak.. gitu.. tapi TK suka kok lagu-lagu nasionalis dan tembang lawas.. hahaha dan yang paling baru.. yang paling mengejutkan.. TK jadi suka sama lagu ALAY! MAMPOSSS....



Jadi ceritanya tuh.. TK akhir-akhir ini mulai sering merhatiin tiap ada pengamen yang naik ke KOPAJA buat konser.. awalnya sih cuman antisipasi aja alias berhati-hati dan berjaga-jaga.. tapi secara gak sadar jadi dengerin lagu-lagu yang mereka nyanyiin dengan suara khas para CLAN pengamen... Percaya deh.. suara mereka itu range nya berbeda loh sama suara penyanyi pada umumnya.. gak tau gimana jelasinnya.. pokoknya suara mereka itu bisa melengking diatas nada standard.. mereka tuh bisa stem suara mereka sesuai alat musik gitar mereka.. yang klo TK perhatiin gitar kecil mereka itu cuman bersenar 3... intinya suara mereka KHAS!!! melebihi ultrasonik dan supersonik... intinya suara mereka itu cukup annoying.. Saking annoyingnya... lagu-lagu yang mereka nyanyikan bisa men-brainwash otak kita... akibatnya.. lagu yang mereka nyanyikan akan terngiang-ngiang.. dan setelah itu secara gak sadar kita mulai menyanyikan lagu yang mereka nyanyikan... lama kelamaan.. kita akan rindu untuk mendengar lagu itu.. dan mulai gelisah kalau gak denger lagu itu.. terakhir.. akhirnya kita cari lagu itu di youtube dan download... SELAMAT... kalian menjadi salah satu korban mereka.. hahaha tapi jangan sedih.. kalian gak sendiri kok.. soalnya TK juga menjadi korban mereka...


Beberapa minggu yang lalu TK naek KOPAJA sepulang kantor ke CP.. naek KOPAJA 88.. ditengah jalan naiklah dua pengamen abege... satu cewe satu lagi cowo ngondek.. hahaha si cewe main gitar 3 dawai.. sedangkan si cowo ngondek main gendang yang dibuat dari pipa paralon... nah setelah mereka berpidato singkat.. mereka mulai nyanyi.. duhhhh ini lagu kok ear catching banget!!!! trus yang bikin lucu tuh mereka nyanyinya saling bersahutan.. TK sampe senyum-seyum sendiri dibalik masker yang TK pake.. apalagi si pengamen ngondek ini tingkahnya lucu.. soalnya beberapa kali dia kejeduk pintu karena KOPAJA kan geraknya kaya banteng liar.. hahaha anehnya si pengamen ngondek ini pake kawat gigi loh.. luar biasa kan?! Nah.. sejak TK denger lagu yang mereka nyanyikan.... TK mulai terngiang-ngiang deh sama tuh lagu.. dan baru tadi pagi TK bisa mendengar lagu yang selama ini pengen TK cari tau judulnya apa.. hahha.. ternyata judulnya adalah "BUNGA" karya Thomas Arya (kenapa harus namanya Thomas juga seeeeehh?!)

Dan pada akhirnya lagu itu kini akan sering diputar di kantor.. hahaha dan mungkin bakal TK cover bareng si Kalista.. waakakakakkaa... oke deh cukup sekian kisah dipagi menjelang siang ini..



"OH BUNGAAA~~~ DI MANA KINI KAU BERADA?~~~ "
(nyanyi pake suara cempreng ala CLAN pengamen)

10 comments:

  1. pengamen kayak perompak somalia udah biasa bgt di kopaja. saya pernah pura2 tidur, trus mereka blg, "untuk yg tidur, semoga nggak bangun lagi.." kurang ajar kan? T_T

    makanya sekarang mau ngebusway aja..

    ReplyDelete
  2. Ya ampun TK TK..ngakak abis sama cerita satu ini. Gw ngebayangin klo gw naek kopaja bisa pingsan ngeliat perompak Somalia keless..hahaha

    ReplyDelete
  3. Wakakkaaka utk yg tidur smoga ga bangun lagi... 😄😄😄 ngakaaaakkk ih... hahahaha
    TK uda pernah ketemu pengamen yg makan SILET CAP apa sih yg tipis2 tu kotakan kecil..?? Gileee d jamin nyeremin apa lagi klo tu org makan itu silet depan lu lsg.. iiuuhhh.. pas d kunyah uda kyk makan krupuk aje.. 😨😨😨 ga pake mikir pasti lsg ngasih deh, drpd di gigit ama deske tar... hahaha

    ReplyDelete
  4. paling sebel kalau udah dioper2

    ReplyDelete
  5. Pengamen nya kena sensor nih ahhhh....
    apa dia kagak sadar ya kena foto?

    ReplyDelete
  6. Banteng gelo hahaha.. kek kena rabies yah kek di zombienya WWZ kopaja seruduk tak pandang bulu.. hahahaha.. pengen liat si pengamen ngondek ih wkt itu aku molor sih di kopaja wakakaka

    ReplyDelete
  7. udah lama gak pernah naik kopaja, bulan lalu sempat naik ternyat asekarang gak ada kondekturnya ya bayar ongkos langsung ke sopir

    ReplyDelete
  8. Ahaha... lucu banget... naik kopaja serasa mau pegi perang :D

    ReplyDelete
  9. gua ge dulu suka naek kopaja gituu.....untung sih aman2 aja gak ketemu copet atau tukang todong gitu. Tapi sekarang udah pada lebih bila supirnya....brutal2

    ReplyDelete
  10. Hahaha TK emang naik kopaja tuh indah banget pengalamannya hahaha pernah pengalaman ketemu pengamen yg bawa-bawa ular gede dan ada bapak-bapak yg gak masih malah di sodorin ularnya hiii

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...