Tuesday, September 2, 2014

Weekend di Tidung


"Selamat Pagi Pak!!! Selamat Siang Buk!!
Selamat Malam Semuahhh~~
Sudah September Pak... Sudah September Buk!!
Sudah September Semuaaaahhh~~~"
(Seharusnya sih udah gajian...)

Hore.. Agustus yang PHP sudah berlalu.. dan selamat datang buat September... semoga bulan ini gak PHP kayak Agustus.. seharusnya sih engga.. soalnya TK bulan ini ada plan weekend getaway ke Pantai.. HORE!!!! Walau awal September ini TK awali dengan sakit kepala sebangun tidur dan sekarang badan juga lemes.. tapi TK tetep bersyukur karena oleh-karenanya TK gak ngantor beberapa hari ini alias harus bed rest.. Tadi siang ke dokter cantik buat periksa.. dan diagnosanya kemungkinan gejala tipes.. tapi semoga aja cuman kecapean doank... Selama 2 hari ini kerjaanya tidur terus sampe rasanya udah pas banget jadi Princess Aurora... so sore ini TK memutuskan untuk bangkit dari hibernasi yang tak berujung itu... dan TK mau update blog aja lah... mau nebus hutang-hutang cerita sama para pembaca setia blog ini... 


Pepatah mengatakan "Hati yang gembira adalah OBAT yang paling MANJUR!" so TK harus bergembira donk biar cepet sehat selain tetep harus makanin obat-obatan dari si Dokter Cantik... Buat TK sih bergembira itu gak sulit... contohnya makan es krim, makan coklat, baca buku, nonton, dan lain-lain... nah lain-lain nya ini salah satunya nulis postingan tentang liburan.. walau liburannya sudah berlalu.. tapi kenangannya masih selalu bikin hepi.. Yahh Khannn???? 

Kali ini TK mau cerita tentang weekend getaway TK bersama teman-teman dari "GRUP WACANA" ke sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang pada tahun 2009an sempet jadi pulau yang HITZ banget.. pasti TKers sekalian juga dah banyak yang pernah berkunjung ke Pulau ini.. Namanya Pulau Tidung..

Sedikit cerita tentang latar belakang Grup Wacana, Grup ini terdiri dari anak-anak random yang senang sekali bikin wacana.. sehingga akhirnya bikin grup gitu di Line sebagai Grup Wacana.. dan pergi ke pulau Tidung ini merupakan salah satu wacana yang akhirnya kesampean.. hahaha dan bisa dibilang yang pertama kali.. walau sesungguhnya banyak wacana lain yang berakhir menjadi wacana saja... Nah kebetulan juga pada bulan itu TK dapet satu teman baru dari Singapore yang bernama James.. dia orang indo sih sebenernya.. cuman udah lama kerja di Singapore.. trus gak tau kisahnya gimana.. selama sebulan (bulan Mei) dia ada di Jakarta dan tinggal di kosan TK.. Nah pas TK ajak dia buat maen ke Tidung.. dia bilang mau ikutan.. so TK ajak deh.. 

So Sabtu pagi itu (jam 6 pagi), 6 orang pemuda dan seorang pemudi sudah standby di Muara Angke buat liburan ke Tidung.. kita sebenernya pake jasa tour gitu sih.. yang banyak di internet-internet.. kebetulan kali ini yang urusin liburan bukan TK.. jadi TK gak inget nama tour agentnya siapa.. yang TK inget budget liburannya satu orang 400an deh (klo gak salah) untuk 2 hari 1 malam di Pulau Tidung sudah all in...


Muara Angke emang selalu bikin sakit kepala yah liatnya.. mana rame.. mana becek.. mana bau amis.. iyuuuhh banget deh.. tapi mau gimana lagi yah... namanya juga liburan budgetan... dan pagi itu kapal yang kita naekin udah penuh banget sepenuh ikan sarden dalam kaleng... sesek banget... sampe akhirnya kita bisa duduk dibagian belakang atas kapal gitu... yah udah mau pasrah aja sih...

Atas : TK & James, Bawah : Mutia - Andick - Rou

Nah pas duduk-duduk gini.. si Rendy dan Andrew ngeliat ada kapal yang sangat lebih baik dari kapal yang kita naekin berlabuh gak jauh dari kapal kita.. nah awalnya mereka cuman mau numpang toilet di kapal itu.. eh tau-tau mereka balik-balik bilang kita pindah kesana aja.. tinggal tambahin 35 ribu per orang.. yah tanpa pikir panjang kita semua pindah lah ke kapal yang lebih manusiawi itu,...


Dan kita berasa sangat beruntung bisa pindah ke kapal ini.. soalnya kapal ini ada tempat duduknya.. dan sepertinya gak banyak yang tau juga.. dan peminatnya lebih sedikit karena emang harganya lebih 2x lipat dari harga kapal biasanya.. tapi klo kata TK sih worth it banget.. secara di kapal ini kita bisa duduk dengan nyaman, ada AC, ada toiletnya.. sampe ada tempat karaokeannya!! Gak percaya?! liat aja sendiri...


Kita duduk di lantai dua dari kapal itu.. soalnya enak aja gitu diatas... walau dibawah juga enak dan lebih sepi.. seperti ini :

Bagian bawah kapal

Di sini kalian bisa karaokean klo mau... yah tapi lagunya seadanya lah yah... :D

SEPI BANGET!!!

Mutia - Andick - Rendy - Andrew

Selain itu.. kita juga bisa jalan-jalan di bagian samping kapal... sambil nikmatin angin laut dan pemandangan sekitar... bagus lah buat yang demen foto-foto.. soalnya kalian bisa foto-foto di sini... yah cuman hati-hati aja yah.. jangan sampai kameranya berpindah tangan atau terlebih nyemplung ke laut...


TK- James - Andick

Full Team : Mutia - TK - James - Andrew - Rou - Andick

Perjalanan sekitar 2 jam.. dan kapal pun sudah memberikan gelagat akan berlabuh... soalnya udah keliatan gitu dermaganya...


 AKHIRNYA SAMPAI JUGA!!!

Selamat Datang di Pulau Tidung

TK pikir pulau tidung ini pulau yang masih primitif gitu loh... eh taunya sudah maju juga.. sudah banyak kendaraan bermotor (motor) di Pulau ini.. dan banyak juga rumah-rumah penduduk di sana... cukup besar sih pulau ini ketimbang Pulau Pari or Pulau Pramuka yang pernah TK kunjungi... Dan lucunya lagi 3 kali TK liburan ke pulau-pulau di kisaran Kepulauan Seribu ini, ketiga-tiganya beda group.. jadi setiap liburan pasti punya cerita yang berbeda-beda...

Sesampainya di Pulau Tidung.. kita langsung dibawa sama si guide ke penginapan alias rumah penduduk yang akan menjadi tempat kita bermalam selama di Pulau ini.. tapi di tengah jalan kita nemu tukang es goyang... dan ini orang-orang kota pada udik gitu.. langsung pada mau beli dulu...


Kenapa namanya es goyang?? Karena kalau mau beli kita harus goyang dulu? atau kalau kita beli si abangnya bakal goyang? Jawabannya TK sendiri gak tau.. konon sih katanya soalnya dalam pembuatan si Es ini gerobaknya harus di goyang-goyang... yah kira-kira gitu lah.. plis jangan bikin TK harus mikir...


Jujur TK sih gak asing sama es ini.. ini mah jajanan TK semasa kecil dulu.. maklum dulu TK kan kecilnya tinggal di kampung gitu.. jadi banyak yang jualan es beginian... dulu mah harga es ginian cuman gocap (Rp 50,-)!


Biasanya es goyang ini dicelupin ke coklat gitu.. tapi bukan coklat sebenernya.. ini sih coklat abal-abal.. hahahah dari coklat bubuk diencerin gitu.. yah harganya juga murah.. jadi gak mungkin donk pake coklat beneran.. tapi rasanya tetep enak kok.. tetep tradisional...


Es Goyang ini disponsori oleh Andick.. hehehe kita semua ditraktir si Andick.. Thank yah Dik!!!

Andrew & TK

Setelah Es Goyangnya habis kita borong.. kita melanjutkan perjalanan... 


Baca-baca peta dulu..

Peta Pulau Tidung

Di peta sih keliatannya simple dan gak bikin pusing... tapi percayalah.. Pulau Tidung ini menyesatkan.. TK beberapa kali nyasar.. jalan kecilnya banyak banget dan mirip-mirip semua.. jadi kalau ke pulau ini jangan sok tau yah.. harus bareng-bareng sama rombongan biar gak kesasar...

Setelah berjalan kaki sekitar 10 menit.. kita akhirnya sampai juga di sebuah rumah sederhana yang menjadi tempat kami bermalam... rumahnya lumayan enak kok.. yang penting sih bersih.. ada 3 kamar yang bisa menampung 9-12 orang lah kira kira (1 ranjang bisa buat 3-4 orang sih)... Dan sesampainya di rumah itu kita langsung disambut sama makan siang....

Menu makan siang kami...

Sehabis makan siang.. kita pada mulai bermalas-malasan lah.. sambil tetep ngobrol dan ketawa-ketawa... mungkin mereka gila.. hahahaha


Untuk pembagian tempat tidurnya... di kamar nomor 1 yang nyatu sama ruang tamu dan ruang TV ada Rendy, Mutia dan Andrew :

Rendy - Mutia - Andrew

Di kamar nomor dua : TK & James (itu ada si mutia ikutan nimbrung)

Di Kamar nomor tiga : Andick & Rou

Cuman sebentar aja kami istirahat.. lalu datanglah si bapak guide membawakan peralatan snorkling.. karena acara selanjutnya kita akan berenang-berenang bersama ikan-ikan... agak mainstream sih acaranya... tapi yah klo liburan di pulau acaranya pasti beginian..


"dipilih-dipilih~~~"


Oh yah.. ini semua sudah termasuk dalam paket loh... jadi kita gak perlu bayar apa-apa lagi.. semua sudah disiapkan.. rompi pelampung, flipper beserta google juga.. dan ada foto underwater juga... gak lupa kita juga disediakan alat transportasi pribadi.. SEPEDAH!!!



Dan di sini lah.. terjadi kejadian nyasar.. hahaha gara-gara TK, James dan Rou jalan duluan... terus kita kesasar gak tau nyampe kemana.. hahaha sampe akhirnya si Rendy, Andick dan Andrew nyariin kita.. hahahaha so inget yah! Jangan sok tau jalan! You Know Nothing Jon Snow!!!

Akhirnya kita sampe di dermaga utara pulau tidung.. dan di sana sudah ada perahu kayu yang menanti kami.. gak lama-lama nunggu kita berangkat deh...


Sebelum berangkat kami berfoto-foto dulu.. emang pada setan kamera semua nih!!!

Di atas perahu (Rou - TK - James)

James - Mutia - Andrew - Rendy

Rou & TK

"Mau kemana IBUK?!!!"

Mutia & James - Berasa TITANIC yah?!

Terus yah.. satu hal yang kalian belum ketahui tentang Andrew.. ternyata nih anak bisa mengemudikan perahu kayu loh... walau agak bikin deg-degan sih takut kapalnya nabrak karang or tebalik.. hahaha tapi ternyata gak kenapa-napa.. KOK DIA BISA SIH?! soalnya konon dulu dia pernah diasingkan ke Pedalaman Kalimantan... terus alat transportasinya cuman ada perahu beginian.. jadi dia belajar deh (sebagian besar ini cerita asumsi TK semata... gak usah terlalu dipercaya LOL)

Andrew yang lagi mengemudikan perahu ditemani para awak kapal.. (si Rou ngapain sih?!)


Siang itu langit sangat cerah.. cocok banget lah buat main di laut.. berasa lagi Summer Vacation...

Cowok-cowok Kece

Sebelum pada nyemplung ke laut

Akhirnya perahu kertas ku kan melaju pun berhenti di satu titik tempat snorkling... dan kami satu persatu mulai melompat ke air.. plung.. plung.. plung... kedengerannya kaya melodi di toilet.. LOL


di dalam laut....


Pemandangan lautnya sih biasa aja yah.. banyak koral-koral yang sudah mati... tapi ikannya masih lumayan banyak sih...


kita juga ngasih makan ikan gitu pake remah-remah roti...

itu yang disensor diabaikan saja.. hahaha


TK si Merman Tampan kalau snorkeling selalu gak mau pake google dan pelampung.. tujuannya biar bagus kalau di foto.. tapi kenyataannya foto-foto TK di pulau ini gak ada yang bagus.. kebanyakan gelap or nungging.. kecewa daaahh.. hahaha

Sejak TK berenang gak pake pelampung dan google.. akhirnya teman-teman yang lain pun ngikutin.. tujuannya apa? Biar fotonya bagus aja.. DASAR SETAN KAMERA SEMUA!!! BANCI FOTO KABEH!

James yang mau ikutan jadi merman juga

Andrew

Lagi ngasih makan ikan (perebutan minta di foto sebenernya mah!)

Lagi asik-asiknya berenang.. tiba-tiba laut bergelora... (BUSET BAHASA GUE DONK! LOL) hahahaha.. iyah maksudnya tiba-tiba laut jadi bergelombang gitu karena diatas permukaan angin bertiup cukup kencang dan mengombang ambingkan perahu kertas itu... 

"Ayo semua naik ke kapal!!!"

Jujur.. sore itu cukup bikin panik.. soalnya kami pada kebawa ombak gitu.. terombang-ambing dan terhempas begitu saja seperti yang kamu lakukan dulu kepadaku.. EAAAA~~~ (jadi curhat) dan parahnya hampir semua dari kami terbentur karang-karang dan akhirnya semua luka.... inilah hadiah cidera-mata dari pulau Tidung,.. 


Luka-luka kami.. dan si Rou Mabuk laut...

Walau kami semua sudah cidera.. tapi kami tidak begitu saja menyudahi acara kami di pulau ini.. kami lanjutkan dengan berlabuh di ujung dari pulau tidung.. di mana ada berdiri jembatan cinta...


Gak tau deh itu kenapa dibilang jembatan cinta.. rada alay sih namanya sebenernya.. kenapa gak jembatan jomblo or jembatan patah hati gitu.. kayanya lebih cocok deh namanya.. soalnya di jembatan ini banyak pengunjung rela-relanya terjun dari atas jembatan kaya orang patah hati gitu.. terus mu bunuh diri.. ngenes....

Jembatan cinta ini merupakan icon dari pulau Tidung.. para traveler yang ke pulau Tidung bakal gak SAH kalau belum mampir ke jembatan ini.. liat aja tuh udah kaya cendol pada numplek semua di jembatan itu.. belum aja yah itu jembatan runtuh.. seperti runtuhnya harapanku kepadamu.. eaaaaa~~~


Jembatan cinta ini memiliki panjang 800 meter yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil... klo gak salah di pulau tidung kecil isinya makam deh.. Nah terus mengenai mitos jembatan cinta ini.. konon kalau lagi PDKT sama pasangan kalian dan lewat jembatan ini.. bisa langsung jadian loh! or katanya kalau loncat berdua dari atas jembatan ini cinta mereka akan abadi sampai maut memisahkan.. YA IYALAH... klo loncat berdua terus pas sampe dibawah kebentur karang langsung END lah~~~ itu mah cinta kalian sepersekian detik sebelum kecebur lalu DIE~~

Tapi banyak loh yang loncat!!! padahal cukup tinggi juga nih jembatan.. kurang lebih 8 Meter dari permukaan laut.. keliatannya sih gak tinggi.. tapi percayalah.. saat bediri di puncak jembatan terus loncat ke laut.. itu rasanya "MATI GUE!!!" seperti mas-mas satu di bawah ini yang akhirnya loncat juga dari jembatan cinta.. dan loncatnya sendirian.. soalnya JOMBLO... wakakakakaka 

RASANYA NGENES MENNN~~~

Tapi sebenernya sebelum kita loncat-loncat ngenes di jembatan putus cinta itu.. kita sempet main water sport yang ada di pantai itu... mirip mirip sama di pulau-pulau lainnya... di Pulau ini juga menyediakan water sport seperti banana boat, Ringo (yang sering disebut soffa) juga ada Phantom (atau sering disebut kasur)

tuh si hantu laut itu dikenal dengan nama "Soffa" atau internasionalnya "Ringo"

dan sebelum kita main... kita foto-foto dulu donk (wajib)

TK - Andrew - James

Rou (masih mabuk laut) & Andick yang lagi 'jualan' LOL

TK - Mutia - James

Nah ini dia para pesertanya :

Andick - James - Mutia - TK - Andrew - Rendy


Kita akan nyobain yang namanya Phantom (kasur), walau pada awalnya cukup ragu sih.. soalnya agak serem juga ini mainan... jadi mainan ini berupa pelampung menyerupai matras yang di sekelilingnya ada pegangannya.. cara mainnya peserta akan tiduran tengkurap sambil pegangan ke tali pegangan yang ada.. lalu matras ini akan di tarik sama speed boat dengan kecepatan tinggi sampe matras ini bakal terlempar lempar diatas permukaan laut.. terus belum lagi kalau speed boatnya belok.. dipastikan para peserta bisa terlempar ke laut.. agak ekstreme sih.. tapi TK agak penasaran juga.. soalnya kalau banana boat dan Ringo TK pernah cobain., yang ini lum pernah cobain.. kebetulan ini anak-anak semua pada mau coba juga.. yawess... TARIK MANG~~~

lagi nunggu giliran...

Sekali jalan peserta yang bisa naik matras ini cuman 3 orang.. so pas deh kita ber 6 jadi dibagi 2 tim.. tim pertama Andrew, mutia dan Rendy dan tim kedua TK, James dan Andick...

ini sih pada numpang foto aja...

Dan ternyata seru banget sih ini mainan.. tim pertama pada kecebur ke laut tuh gara-gara gak kuat pegangan ke matrasnya... tapi pas tim TK sih kita semua gak ada yang ke lepas... walau udah hampir banget kita juga kelempar ke laut.. tapi kita saling menyemangati "HANG ON GUYSSS!!!" dan akhirnya kita pun tetap teguh berpegangan kepada matras ini.. SERU!

Sehabis main... (Tim 2 : Andick - TK - James)

Setelah itu baru deh kita pada loncat-loncat di jembatan cinta sampai langit mulai gelap.. kita semua kembali ke perahu dan jalan balik ke dermaga Utara Pulau Tidung untuk kembali ke penginapan...

Di jalan pulang.. semua basah.. semua luka.. semua gembira.. hahaha


SAMPE DEH...


Dan pas di dermaga... kita bukannya langsung pulang.. eh malah jajan dulu.. kebetulan di jalan pulang ada gerobak tukang batagor... pada makan dulu deh...


Batagor seporsi 8 rebu

nom nom nom


Habis itu sesampainya di rumah.. ganti-gantian deh pada mandi... sehabis mandi, udah wangi.. langsung makan malam.. makan malam juga sudah disediakan tepat waktu... menu makanannya yah standard.. tapi klo perut lapar apa juga enak...


Sehabis makan.. kita istirahat bentar.. tidur-tiduran.. ada yang ngegosip.. becanda-becanda.. sampai waktunya kita dijemput sama si bapak guide.. kita diajak ke daerah jembatan cinta lagi tengah malem.. kali ini pake sepeda.. buat BBQ-an.. padahal mah dah pada teler anak-anaknya... tapi jujur TK menikmati banget perjalanan ke lokasi BBQ naek sepeda rame-rame sama temen-temen ini.. mana jalanannya gelap.. gak ada lampu... tapi rasanya asik aja.. tenang.. ada suara jangkrik.. ada suara kodok... untuk gak ada suara si kunti... klo ga bisa bubarr...


Sesampainya di pinggir pantai (deket jembatan cinta), kita semua duduk beralaskan sendal dan mengelilingi api unggun yang dibuat si bapak guide buat bakar ikan...



Doi ngebakarin ikannya banyak banget bookk!!! gila padahal dah pada gak napsu gitu makan ikan.. malah pada maunya makan indomie yang ada di gubuk-gubuk di sepanjang jalan ke lokasi BBQan..


ini dia BBQan nya :

Sate cumi dan Ikan bakar

Kita akhirnya cuman makan sate cuminya.. dan satu ikan bakar aja.. sisanya kita suruh si Bapak bawa pulang aja.. hahaha soalnya kita pada gak doyan (banyak tingkah nih anak kota!) terus kita malah mampir ke gubuk-gubuk yang jualan indomie dan kelapa muda di dekat sana.. 


Langsung deh pesen es kelapa muda.. AJIB BANGET!




Kita juga beli otak-otak


Sehabis itu kita balik lagi ke penginapan lewat rute yang sama.. dan gak pake acara nyasap lagi.. dan malam itu saatnya acara bebas deh.. sebebas-bebasnya.. hahaha mau nonton bola.. mau tidur.. mau minum-minum.. or mau ngapain aja.. karena sesungguhnya acara di pulau sudah selesai.. malam itu tidurnya cukup nyenyak.. dan paginya bangun-bangun langsung dapat sarapan...


Setelah sarapan.. liburan kami pun selesai... kami kembali ke Dermaga.. dan pulang ke jakarta naik kapal yang ekspress lagi.. jadi gak ada kejadian mual-mual or sesak napas karena jadi cendol dengan kerumunan pengunjung lainnya..

Sekian cerita dari liburan TK yang cukup basi.. hahaha tapi sangat seru klo diingat-ingat lagi... Selagi masih muda harus sering-sering liburan sama temen-temen! soalnya nanti kalau sudah tua pasti gak akan bisa seseru ini.. so dont waste your time with doing nothing! GO TRAVELING!

Oke deh... Thanks for reading...

16 comments:

  1. waaah udah lama gak ke Tidung sekarang udah ada kapal yang ada tempat duduk nya. itu bayar berapa TK ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu harganya 70 ribu mas sekali jalan...

      Delete
  2. wihh seruuu yaa...perahunya itu emang lebih okee banget...waktu gua ke tidung juga naeknya kapal yang murah meriah dan seremmmmm kalo kena ombak gede..jadi kapok deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhaha iyah sekali aja cukup deh... Ga usah sering sering ke pulau yg sama.. Bosen yg ada mah

      Delete
  3. Gilaaa seru abis!! Aku blm kesampean nih ke tidung. Abis jauh bgt 2 jem naek kapal? Bisa mabok~~ btw namanya sama ya genk wacana LOL~

    Itu yg kena karang kok serem bgt sih TK, kebaret2 gt. Mana kena aer laut yg asin. Gak perih?

    Si andrew klo pake kacamata entah kenapa jd mirip kiki farel yak~ :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu 2 jam udah ekspress loh te.. Klo pake kapal yg kayu itu malah 3 jam an gt... Yuk kapan kita cabut! Rencanakan deh,,,

      Perih donk.. Tapi lebih perih pas mandi kena air tawar... Dan bbrp hari kemudian jadi gatel2

      Iyah yah baru ngeh klo pake kaca mata kaya kiki parel... Btw siapa kiki farel teh?! #lho

      Delete
  4. aduh kebetulan aku laper nih, kayanya itu ikan bakar si bapa enak deh walopun gosong, iyaa khann??? trus aku mau tanya donk TK, itu yang di sensor apan sih sbenernya? semakin di sensor semakin pengen tau aku, kalo gak -gak bisa bobo jadi tolong di jelaskan yah~ salam sahabat pena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak seenak itu sih cik.. Percayalah! Itu yg disensor sesuatu yg gak kepengen diliat lah.. Trust me.. Hahaha

      Delete
  5. bwakakaakakakka itu kenapa pake acara disensor segalaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tidak layak dipertontonkan ibuk... Itu ada bagian u lagi nungging pas snorkling... Wakakkaaka

      Delete
  6. keren juga kapalnya ya ada tempat karaoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti sih much better dari perahu tetangga.. Hahaha

      Delete
  7. hai tk, salam kenal. cobain ke pulau perak sama semak daun deh, tempatnya kece. dan masih alami. enaknya kalo ngecamp disana hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal Rina... Wah itu pulau2 di daerah mana yah? Harus camp yah? Menarik sih... Ada tour yg bs urusin semuanya gak? (Gak mau susah anaknya) hahahah thanks buat sarannya.. Bakal TK pertimbangkan

      Delete
  8. semak daun sama pulau perak masih kawasan kepulauan seribu tk, kebetulan ada kenalan temen2 bakpacker yang sering ngadain open trip ke sana, nanti tak mintai cp nya dia. rina.rosyidah@gmail.com itu email q, mungkin tk tertarik kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tertarik banget mba... boleh tuh klo memang ada paket2nya.. nanti TK ajak temen-temen kesana... thanks infonya yah mba

      Delete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...