Wednesday, August 8, 2012

Hakuna Matata Tattoo


"Hakuna matata.... What a wonderful phrase
Hakuna matata.... Ain't no passing craze

It means no worries for the rest of your days
It's a problem free philosophy... Hakuna matata"


Hayo... masih pada inget gak sama film Walt Disney yang satu ini (LION KING)? Klo masih pada inget pasti pada inget donk sama sebuah adegan dimana Simba, Pumba dan Timon nyanyi lagu "Hakuna Matata" ?... klo gak inget tuh diatas sepenggal liriknya...

Film Lion King tuh salah satu film favoritnya TK pas semasa SD... pertama kali nonton nih film tuh di rumah tetangga yang punya VCD player.. saat itu VCD player masih barang mewah banget dan jarang orang punya... terus si tetangga TK ini ngumpulin anak-anak buat nonton VCD bareng... tapi dikenakan biaya Rp 500,- per film (soalnya filmnya juga nyewa di tempat rental, saat itu harga rental per film Rp 4.000,-) Klo dipikir-pikir bisaan yah dia.. #straighface


Nah pas nonton tuh film TK bener-bener hanyut kedalam cerita kehidupan si singa yang bernama Simba ini... sampe-sampe pas papanya (mufasa) mati karena nolongin si Simba, TK dan anak-anak lainnya pada nangis... sedih banget soalnya... dan setelah kematian papanya si Simba kan diusir secara paksa (ditakut-takutin sama pamannya si Scar), terus sampe akhirnya ketemu Timon dan Pumba yang akhirnya jadi sahabat simba...

Lalu mereka tumbuh bersama seiring lagu Hakuna Matata~~~

Dulu sih lagu hakuna matata cuman sekedar lagu riang yang sangat enak didengerin... namanya juga anak-anak kan gak ngerti artinya apa juga... nah tapi lambat laun TK kan semakin suka sama Walt Disney.. dan tentu TK punya film ini.. dan udah gak tau berapa kali TK nonton nih film... sampe-sampe TK bisa memaknai arti Hakuna Matata...

Hakuna Matata sebenarnya adalah sebuah ucapan dalam bahasa Swahili (africa) yang artinya "Tidak Ada Masalah/Kekhawatiran" atau sama artinya dengan bahasa Inggris Amerika "No Problem" yang sama dengan "Don't worry, be happy".

Gak tau kenapa TK berasa klop banget sama filosofi dari "Hakuna Matata" ini... berasanya TK BANGET!!! Cuz TK sih punya komitmen untuk bisa menikmati hidup ini semaksimal mungkin (tentu yang positif yah!)... dan yang namanya hidup itu selalu ada masalah... bener gak? 2 minggu lalu baru aja TK kena masalah yang bikin TK down alias terpuruk.. tapi teringat dengan Motto ini.. TK pun berhasil bangkit lagi dan kembali ceria... "Cuz Life is too short to even care at all!!"...

Karena merasa semakin cocok dengan filosofi ini.. akhirnya TK bikin tattoo di tangan kanan!! Oh yah kebetulan Hakuna Matata ini ada simbolnya juga... klo pada lum tau.. nih kaya gini simbolnya :


Banyak yang bilang bentuknya aneh... ada yang bilang mirip Kunci "G" pada not balok musik... tapi TK sih gak peduli deh.. cuz TK kan lebih memaknai maknanya... dan menurut TK bentuknya cool-cool aja tuh... dan kenapa TK memilih tangan kanan... karena tangan kanan kan identik dengan hal-hal baik dan positif... Selain itu tangan kanan bisa dibilang tangan yang lebih banyak dipakai dalam bekerja.. Dengan adanya tattoo hakuna matata disana... TK berharap selalu ingat untuk menikmati segala sesuatu yang TK lakukan... dan tentu untuk mengingatkan TK juga apabila TK mendapat masalah... TK gak perlu khawatir dan take it easy aja... amin


"Kapan TK ditatonya?"

Jawabnya adalah kemarin malem... jadi masih fresh nih tattoonya...

Tattoo ini bisa dibilang tattoo pertama TK.. dan TK yakin akan ada tattoo2 berikutnya (karena sudah ada planing untuk nato lagi, tunggu aja ceritanya yah!)...

"Gimana... percaya gak?"

Hahahahahahaha....

Oke... kalau TKers sekalian gak percaya, TK maklumin... soalnya begitulah yang terjadi sama temen-temen TK... Mereka gak percaya kalau orang kaya TK sampe ditato.. padahal TK udah pasang foto tato ini dari kemaren malem... banyak yang ngira ini cuman temporary atau TK iseng gambar pake spidol... So Sorry.. kali ini TK gak becanda... TK beneran ditato... dan tatonya permanen yang artinya dibuat pake jarum...

Oke... sebagai buktinya TK kasih liat deh behind the scene dari pembuatan tattoo nya...

TK punya rencana nato Hakuna Matata tuh udah sejak lama... dan baru kesampean kemarin malem... Pas senen TK nyeletuk di kantor klo TK pengen tattoo... tadinya mau nato di bandung... tapi kan TK sampe sekarang gak ada kesempatan ke Bandung terus... Lalu terfikirlah untuk bikin tattoo di jakarta aja.. dan TK nanya ke temen kantor ada yang punya kenalan sama tukang tattoo gak... eh si David punya temen yang suka ditato dan dia tanyain deh biasanya dia nato dimana... dan TK dikasih deh kontak (Pin BB) si Iuz (sang seniman tattoo).

Senin sore itu TK langsung add pin nya dia terus mulai nanya-nanya tapi baru dibales malem... dan selasa pagi TK langsung bikin janji untuk bikin tattoo malemnya,... dan ternyata dia available... yah udah,, TK berangkat deh jam setengah 8 ke studio tattoonya di jalan Kemandoran 1 no 1 - Palmerah Barat... nama studionya "ANOMALI - Tattoo and Piercing"



Sebelum kesana TK tentu udah mandi... cuz TK tau kalau abis ditato pasti gak bisa mandi.. kan perih tuh... lagian gak boleh kena sabun dulu selama 2 minggu (udah nanya-nanya ke temen kantor yang punya tattoo juga - Jefri)..

Sesampainya di studio tattoo TK disambut hangat oleh orang-orang yang ada disana (teman-temannya si Iuz.. dan semua tatoan), kebetulan si Iuz lagi keluar dulu bentar.. jadi TK nunggu bentar sekitar 10 menit... lalu muncul deh si Iuz...


Sertifikat-sertifikat si Iuz (dia seniman tattoo yang bersertifikat kok!)

Terus TK kasih liat tattoo yang mau TK buat... Yah bisa dibilang konsultasi dulu... Ternyata bikin tattoo itu gak bisa sembarangan juga... cuz dari ukurannya aja ada perhitungannya dengan perbandingan postur badan... jadi misalnya kaya TK gini kan badannya gede, gak bakal cocok klo pake tattoo yang imut-imut... dan kemarin si tattoo diukur-ukur dulu berbanding tangan TK yang besar... dan menurut si Iuz sih lebih bagus klo dibuat gede... tapi TK gak mau... hahaha cuz TK udah buat perhitungan sendiri... TK udah ngukur-ngukur di kantor soalnya (namanya juga designer yah), terus konsultasi lainnya adalah dalam peletakannya... apa akan ditaro di bagian bawah tangan atau atas... dan menurut si Iuz yang bagus itu biar seimbang dibuat di tengah-tengah lengan... so TK sih setuju aja.. dan arah tattoonya juga penting... yah harus konsultasi dulu lah sama seniman tattoonya... karena pasti mereka lebih mengerti...

Oh yah...awalnya TK mau modifikasi bentuk simbol hakuna matatanya... or dibuat warna... tapi setelah konsultasi.. akhirnya pake bentuk simbol yang asli... cuz kata si Iuz klo simbol mending dibuat bentuk aslinya dan pake warna hitam bold.. cuz kita kan mungkin gak tau yah jika ada filosofi lainnya... tar klo dimodif2 malah artinya berubah kan jadi repot! bener gak?

Setelah deal.. baru deh kita mulai.... begini tahap-tahap pembuatannya :

1. Tracing Tattoo


Tahap yang pertama adalah.. simbol yang sudah di print di tracing (dijiplak) diatas kertas tracing yang mirip sama kertas karbon...


2. Pindahin Hasil Tracing ke TKP


Setelah simbol sudah ditracing, lalu pindahin deh ke tempat dimana tattoo itu akan dibuat... caranya.. Tangan TK pertama dibersihkan dulu (entah pake air steril atau alkohol)... setelah itu dikasih cairan lain mirip minyak terus si kertas logo itu ditempelin ke tangan TK... setelah ditekan-tekan... terus dicabut deh kertasnya... dan pola simbol Hakuna Matatanya udah pindah ke tangan TK...


3. Persiapkan Perlengkapannya

Sambil menunggu tangan TK kering... si Iuz menyiapkan perlengkapan tatoonya... dan tentu dia kasih liat ke TK... pertama dari jarum yang akan dipakai... Dia memastikan kalau jarum-jarumnya masih tersegel dan belum kadaluarsa (baru tau loh ada kadaluarsanya jarum ginian juga), tanggal kadaluarsanya tuh tahun 2013 dan 2014.. jadi masih aman...

Nih jarum yang akan dipakai... ada yang ujungnya cuman 1 jarum dan satu lagi ujungnya ada 6 jarum



Nih TK foto lebih dekat :


Jujur TK ngeri pas ngeliat tuh jarum yang panjangnya sekitar 15 cm.. apalagi liat yang ujungnya kaya garpu terus ujungnya ada 6 buah jarum... liat yang satu aja dah serem... tapi TK tetap berusaha tenang... biar gak keliatan cupu... hahahaha...

terus kita pindah ke ruangan tempat nato... di sana ada "kursi panas" tempat pasien ditusuk2 jarum... hahahaha...


Nah ini si Ius... (nama aslinya sih Julius) :


Dan ini peralatan-peralatan yang diperlukan dalam pembuatan sebuah tattoo :


Setelah semua udah siap... abru deh pembuatan tattoo dimulai... (tapi TK tetep bawa kamera!)



4. TUSUK TUSUK TUSUK

Pada tahapan ini... tangan TK akan ditusuk jarum ratusan kali bahkan bisa jadi ribuan! deg-degan juga sih... apalagi pas si Iuz mulai mensterilkan sarung tangannya...


SIAP!!!!

3.... 2... 1.......


Mulai deh tuh 6 jarum mulai melubangi kulit tangan TK... dan buat yang pengen tau rasanya kaya apa... RASANYA SAKIT!!! PERIH!!! dan di beberapa titik tertentu berasa kesetrum....  dan ada beberapa titik yang perih banget... mungkin karena kulit di bagian tempat TK buat tattoo itu lembut dan cukup sensitif yah... jadi perih gitu... tapi kata si Iuz sih yang paling sakit tuh tattoo di kepala o_o dan dia punya satu tattoo di kepala bagian kananya...


Lama kelamaan udah terbiasa sih sama sensasinya,... TK malah jadi keasyikan ngeliatin jarum-jarum yang nancep-nancep bergantian.. (horor yah bahasanya) hahahaha...Untungnya kulit TK mau diajak kerjasama... si tinta-tinta mudah terserap sama kulit TK... jadi bikin tattoonya gak gitu lama... cuma 1 jam lah kira-kira... dan gak berdarah-darah sih untungnya...

Si Iuz cerita klo ada yang di tattoo sampe berdarah-berdarah karena si pasiennya gak siap atau cemas... jadi agak repot gitu dalam pembuatnnya... klo TK sih untungnya lancar jaya...

Oh yah.. pas di tattoo, kulit TK diolesi vaselin dulu yang fungsinya biar si tinta gak nyebar kemana-mana...

Nih setelah 80% selesai...


Udah keliatan bentuknya dan abis itu tangan TK dibersihkan dulu pake air steril... dan dilanjutin lagi pake jarum yang satu doank.. yang fungsinya buat ngerapihin bentuk tattoonya, khususnya untuk bagian yang tajem-tajem... dan sekalian buat finishing...


Akhirnya tattoo pun selesai... dan tangan TK disemprotin Alkohol... dan rasanya PERIH BANGET!!!


SELESAI deh... 


Tapi sayangnya gak cuman sampe disana aja... cuz tangan TK sekarang harus diberi pengobatan... kan namanya di Tattoo tuh pasti luka.. jadi harus diberikan penanganan yang tepat...


5. PENGOBATAN

Pengobatan yang pertama adalah biarkan luka itu beberapa menit (sekitar 10 menit) biar darh putih nya keluar dulu... dan setelah keluar... tattoo pun dibersihkan kembali pake cairan pembersihnya (gak tau namanya apa, tapi kaya foam gitu)...

Sehabis itu si tatoo dikasih obat merah... terus di bungkus pake plastik wrap... biar si darah putih keluar lagi... ini juga dibiarkan selama 10 menit...


Sehabis 10 menit... plastik dibuka... dan tattoo dibersihkan kembali dan... selesai deh.... TK bisa pulang....

6. OLEH-OLEH

Sebagai oleh-oleh... TK pun dikasih jarum tattoo yang tadi dipakai buat bikin tattoo... hahaha mayan deh buat kenang-kenangan... or buat nusuk-nusuk tikus (mulai psiko)



7. WEJANGAN

Sebelum TK pulang si Iuz kasih TK beberapa wejangan dalam merawat si tattoo ini selama 2 minggu ke depan, mungkin bisa nambah wawasan TKers juga nih :
  1. Jangan kena sabun, kena air boleh.
  2. Jangan berenang, fitnes, dan olah raga lain.
  3. Jangan makan-makan telor, atau seafood. (kebetulan TK juga gi gak boleh makan kedua makanan ini karena dalam perawatan muka, jadi bisa sekalian deh)
  4. Jangan sering di pegang..
  5. Jangan terkena matahari langsung.
  6. Pake saleb sehari 3 kali. (ada saleb khusus... fotonya ada dibawah)
  7. Sebelum pake saleb, cuci tangan terlebih dahulu.
  8. Pake saleb tipis-tipis aja. (caranya di gosok2 aja pake jari sampe berminyak baru olesin ke tattoo)
  9. Jangan di garuk. (katanya sih tar bakal gatel)
Nah ini salebnya :


Sekian deh... cerita dari pembuatan tattoo "Hakuna Matata" ini... dan sekarang sih udah kering-kering aja tuh tattoo... dah gak berasa sakit juga... dan TK terfikir untuk bikin lagi dalam waktu dekat.. dan jadi pengen piercing juga di bibir or di alis... hahahahaha...

TK gak bohong yah!!! Jadi tolong percaya yah, ini bukan digambar pake spidol! :p

"Thanks buat Iuz yang dah bikinin nih tattoo!!
Next time lagi yah!"


Buat yang pengen tau atau tertarik ingin bikin tattoo juga, bisa langsung deh hubungin si Iuz... Masalah harganya juga bisa tanya-tanya langsung sama dia.. ini kontaknya :


Julius (Iuz)
089 8888 5591 / 021 5367 1534
Pin BB : 26088A74

FB : https://www.facebook.com/anomali.tatto 

Anomali Tattoo - Piercing
Jl. Kemandoran 1 No 1 - Palmerah Barat
Jakarta Selatan (deket kampus Widuri)

24 comments:

  1. Yeay enak nh , ko tk da cepat kali buat postingan lg, jd ad bahan bacaan deh. Pdahal td cuman cek cek bntar. Oh y yg itu aku rasa lucu kali d wkt ko tk blg " tk g bohong yah, jd harap percaya, bukan pake spidol ". Hahahah. Gmana y. Kek maksa gt. Plus lagi ada pose ultramannya ko tk, pdahal teman krja2 ko tk lg srius . Hahah.

    Juga btw aku akhr2 ini juga lg sering dngr hakuna matata nh, jd wkt liat judulnya itu, aku lgsg buka deh. Oh y, tatoo nya juga keren deh, mskpn aku rasa bsar kali n mengerikan deh pake tusuk2. Aku jdnya ingat film 200pounds beauty deh, ceweknya juga ad tatoo hakunamatata d pinggangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kebetulan ada kesempatan aja jadi bisa update blog lagi... padahal tadinya seminggu sekali baru bisa update.. hehehe.. dan klo dulu lagi tiap hari bisa update ^^

      hahahahahaha.. iyah abisnya pada banyak yang bilang itu bikin pake spidol... pada gak percaya gitu.. iyah oang-orang kantor pada lagi hectic sama kerjaannya.. jadi gak ada yang nyadar tuh TK foto2

      iyah di film itu juga si Hanna tatto hakuna matata di pinggangnya ^^

      Delete
  2. keren sih tatonya. tapi gua emang pada dasarnya bukan orang yang suka ama tato. :D

    kalo piercing, nah dulu gua pengen banget lho piercing di dagu. hehehe. tapi sayangnya gak kesampean. padahal udah pernah nanya2 segala. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sebenernya bukan tipe yg suka tattoo ko... dulu malah gak suka sama org bertato (mindset buatan orang tua klo orang bertato artinya gak bener)... tapi entah mengapa akhirnya mindset nya berubah setelah beranjak dewasa (ceileh) mungkin karena lingkungan nya seniman smua juga kali yah..

      klo piercing aku sbnernya masih takut sih... hahahahaha takut sakit... wew, di dagu? emang bisa yah? tapi keren juga yah... ada besi nancep di sana

      Delete
  3. Apa sih yang bikin gue gak percaya sama semua serita kamu, sudah jelas ada bukti fotonya.

    Tapi gue menyayangkan keputusan yang kamu buat, tapi bagaimana lagi itu kan tangan-tangan kamu sendiri jadi gak ada yang bisa ngelarang. Menurut gue sangat disayangkan sekali tangan/kulit yang putih dan halus di tatto kayak gitu. Yah...semeoga kedepannya kamu tidak menyesali apa yang sudah kamu perbuat. Kelak pasti kamu akan menyadari hal itu.

    Maaf ya tentang komen saya kali ini. Agak kontra gitu komennya. Semoga kamu baik-baik saja di sana. GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Arq... hahaha... iyah pasti skrg temen2 TK juga dah percaya klo liat foto-foto diatas... kan sebelumnya mereka ga liat foto pembuatannya... jadi pada meragukan gitu deh...

      hahahaha... tenang aja... gak akan menyesal.. udah mikir ratusan kali kok sebelum bikin nih tattoo... lagian kan tattoo ini artinya "gak usah khawatir" so TK gak perlu khawatir bakal nyesal apa engga nanti... ngapain dipikirin :p

      gak apa2 bro... santai aja lagi.. THanks yah!!
      Gbu too

      Delete
  4. hmmm... congratz for new tato

    anyway, binus sama widuri tuh beda kampus. *gak terima sebagai anak binus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha... ooops my bad... udah diganti wi :p thanks dah diingetin >_< kirain itu binus! hhahahaha

      Delete
  5. wahhh ...hasilnya untungnya bagusss jugaa yaaa....klo kagak mah,gak sebanding ahh sama sakitnya...hihhh serem emang liatin jarumnya...jiperrr juga tuhh ...brarti klo cewe2 ada yang ditato..hebat juga ya? bisa tahan sakitt...ihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mangkanya klo gagal pasti bakal bete abis... untungnya ini hasilnya perfect.... iyah hebat berarti tuh cewe2... hahahahahaha

      Delete
  6. waah congrats untuk 1st tatoo nya, katanya kalo udah sekali di tatoo bakal ketagihan yah? temenku aja tatoonya sampe banyak gitu.. Kalo aku sama kaya Arman, pada dasarnya gak suka di tatoo.. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah thanks mas.. ^^

      iya nih agak nagih juga.. hahahaha..

      Delete
  7. hahha.. keren bro TK.. :D

    kalo boleh tau habis berapa tuh tattoo?

    dari dulu pengen,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu total abis 570 udah sama salep nya

      Delete
  8. aaah Hakuna matata sebelumnya aku pernah liat di film korea ... bagus yaah maknanya ^_^

    ReplyDelete
  9. Hahaha... gokil lo sob... akhirnya kesampaian juga yah.... kalo gue sih, masih takut2 aja selain pikiran gue yang masih konservatif... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iyah.. akhirnya kesampean...

      Delete
  10. baru sempet mampir lg kemari..

    gw mau cerita, ada yg lucu nih.
    salam kenal dl ya TK!

    btw, ceritanya si Iuz ini udah lama nyangkut di contacts bbm, cm krn niatan blm bulat dan tekad blm ada. cm di otak gw, gw mikir kl sampe pgn buat tattoo gw bakal ke tempat si Iuz.

    alhasil, skitar sminggu sblm lebaran gw ud mikir nyari2 mau buat tatto apa..
    jadilah ngliat pengen buat ini symbol, karna tadinya nyasar di web luar waktu nyari bahasa hebrew, sanskrit.

    dan tiba2 nyasar ksini.
    di tempat si Iuz pula..

    agak lucu sih.setidaknya buat gw.. :p
    jadi gw punya tatto seragam persis, tp punya gw di upper back. ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai vera.. salam kenal juga...

      waaaaahh bisa gitu yah... hahahahaha happy to hear it...

      semoga dampak hakuna matata menyertaimu juga..

      Jujur sejak TK tattoo Hakuna Matata... hidup TK berasa enjoy banget.. segala sesuatu bawaannya relaks dan santai.. berasa gak pernah punya masalah serius... semoga kamu juga bisa ngerasain hal yang sama... hahaha

      FYI : temen temen kantor TK aja jadi pada kepikiran untuk tattoo hakuna matata juga biar idupnya enak.. hahahaha

      btw jadi kita punya tattoo kembar yah!!! bener-bener lahir dari ibu yang sama.. (baca. iuz)

      hahahaha

      Delete
  11. Keren, jadi kepikiran buat tatoo hakuna matata:D

    ReplyDelete
  12. Gw juga suka banget nih pilem... pilem anak2 terbaik nih!!!
    Tapi gw ga berani mentatto kek lo gitu.. wkwk.. tapi gw suka tato 'forgive' lo.. keren...

    ReplyDelete
  13. dari dulu pengen banget ditato,, tiap liat orang yang ditato, bawaannya iri,, walaupun tiap w jarum suntik, mood w langsung down,, :D

    ReplyDelete
  14. abis brapa duit tuh om aku jg mau c bikin tatto tp bingung tempatnya gx tau dan gx tau harganya berapa kata temen saya harga tergantung ukuran.......... kl tatto yg om bikin abis brapa duit?

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...