Sunday, March 22, 2015

Have Courage, Be Kind, AND ACTION!


Happy Sunday TKers.. tumben-tumbenan nih TK update blog hari minggu.. Yah gak ada alasan apa-apa sih.. kebetulan aja lagi pengen update sebelum kisahnya basi.. dan lagi pas-pasnya sama euforia Cinderella "Have Courage and Be Kind"... Gimana nih? Udah pada nonton filmnya lum? Suka gak? klo jawab gak suka... yah mungkin memang selera anda berbeda dari kebanyakan orang.. hehehe.. karena hampir semua teman dan orang yang TK kenal semua responnya suka sama film ini.. dan semua langsung pada nulis di status social medianya "Have Courage and Be Kind"... TK sih cuman bisa senyum aja melihat fenomena ini.. Seneng aja ngeliat orang-orang bisa belajar nilai-nilai yang baik dari sebuah film... Tapi inget yah.. terinspirasi hal-hal yang baik dari film amatlah bagus.. tapi jangan lupa dipraktekin yah.. karena kalau cuman terinspirasi dan gak ada action... terus buat apa??? Semua kepengen dong jadi Cinderella yang punya hati sangat baik... ???

Tampaknya kisah seperti Cinderella cuman ada di buku cerita or film yah?? Tapi ternyata kisah kebaikan sosok Cinderella terkadang ada di sekitar kita.. Kenapa TK ngomong seperti ini? Karena TK menemukan sosok Cinderella di salah satu teman CHOIR TK yang bernama Rugun Siahaan...

Rugun Siahaan a.k.a PO

Jumat sore, TK masih di kantor dan lagi maen HP.. gak sengaja TK liat postingan si Rugun yang dia share di Path pribadinya.. tapi TK awal ngeliatnya di Facebook (karena Path dan Facebook biasanya nge-link)... Sore itu dia share sebuah foto mobil yang ringsek... TK udah panik aja pas awal liat fotonya.. TK pikir ini kecelakaan dialami langsung oleh sahabat TK ini.. jadi dengan deg-degan TK mulai baca deh keterangan fotonya yang super panjang.. 


Akhir cerita TK cuman bisa terharu dan senyum.. TK bangga sama sahabat TK yang satu ini.. Dia bukan Cinderella.. Dia juga bukan Fairygodmother... tapi satu hal yang TK berani jamin.. Dia seorang pahlawan... well.. bukan artinya dia superheroes.. tapi dia punya mental dan sikap seperti seorang pahlawan.. TK bangga kenal sama si Rugun ini.. She's a lovely, funny, sweet and friendly girl... Dari awal TK kenal dia.. emang keliatan banget perempuan satu ini punya hati yang baik dan tulus.. Dia selalu terlihat ceria.. dan selalu kasih komentar-komentar yang baik.. 

Penasaran kan apa yang sudah Rugun lakukan? langsung deh baca sendiri tulisan yang dia share di pathnya (TK share ulang seiizin orangnya), so here it is :


Cerita sore hari.
Just wanna share my experience yesterday.
Setir melaju di jalan tol kb.jeruk - tangerang, tiba2 arus melambat karena saya tebak di depan pasti ada kecelakaan. Benar saja terlihat petugas sapu Jalan tol sedang mengalihkan arus. Ketika tiba giliranku untuk melewati mobil yg sedang kecelakaan, dengan speed 10km/jam mataku menangkap keseluruhan penampakan mobil Camry hitam yg ringsek hancur lebur dan SNAP! Mataku tertuju pada pengendara yg masih ada dalam mobil: dedek2 gemes cewek usia kuliahan terlihat tubuhnya gemetaran keras, muka shock, sambil berusaha nelpon. Dan tidak ada siapapun disana, hanya petugas sapu jalan tol yg mengatur lantas.
Aku pun menginjak gas karena ud dimarahin petugas karena sempat melambat lama. Depanku sudah exit Tangerang Serpong.
Tiba2 wajah shock dedek2 gemes itu terbayang lagi, dengan imajinasi berlebihan karena mobilnya melintang di tengah tol dikasih gambaran the worst thing could happen kalau dia tetap ada dalam mobil naas tersebut. Either mobil bocor bs meledak, or ada mobil ngebut lain yg ga bs kontrol yg bs nabrak mobil naas itu lagi, and :
"Hey Po! Why dont you help her?"
Aku pun meminggirkan kendaraanku, dan berlari ke mobil naas. Ku buka pintu mobil ringsek bagian penumpang depan mobil tsb, dan si dedek gemes melihatku dan teriak histeris dengan bahasa yg kumengerti: "please help me!" Aku pun dengan sigap menutup pintu kembali dan menghampiri dia, kubuka pintu mobil kemudi, dan dia kembali menangis histeris. Aku pun memeluknya. Tubuhnya masih gemetar hebat.
Me: "You are okay now. Kita keluar dari mobil ini ya. Bisa berdiri kan?"
Dia mengangguk sambil terus menangis. Aku pun menolongnya untuk berdiri, dan setelah dia keluar dari mobil, aku pun sibuk membersihkan serpihan kaca dari tubuhnya. Lalu kubawa dia ke dalam mobilku, dan semua barang2 berharga dari mobilnya kupindahkan juga ke mobilku.
60menit kemudian polisi dan papa dr dedek gemes usia 19tahun ini baru datang. Sepanjang menunggu dalam mobil, aku ajak dia berbicara terus-menerus utk menenangkan pikirannya, dan tangannya terus-menerus aku pegang, sesekali aku peluk, karena gemetaran tubuhnya tidak kunjung berhenti.
Sebelum berpisah, ketika masih di dalam mobilku, i told her :
"Felicia, inget2 apa yang terjadi hari ini, kamu mendapat kesempatan kedua. Your future gonna be a great one. Mobil sudah hancur, tapi kamu sedikitpun tidak ada luka. Hidup sungguh2 yah. God really give you a 2nd chance, for you to make something in ur future"
Dia pun memelukku dan kembali menangis. Dan kami pun berpisah, dia masuk ke mobil papa mamanya.
Well, speechless dengan miracle ini.

Ditulis oleh. Rugun Siahaan (20 Maret 2015)
===============================================================
Luar biasa banget kan? TK yakin masih ada orang-orang baik di dunia ini.. seperti contohnya si Rugun ini.. Even dia gak kenal sama si korban kecelakaan itu.. tapi dia mau bantuin.. padahal ada banyak alasan untuk dia melanjutkan perjalanannya dan mengacuhkan si korban kecelakaan itu... Di sanalah "Action" perlu dilakukan! Punya hati yang baik.. punya keberanian.. dan ada tindakan.. itu baru perfect!

TK juga yakin pasti gak mudah buat Rugun melakukan itu semua.. tapi klo kata mamanya Cinderella "Kebaikan memiliki power (kuasa, kekuatan) melebihi yang kita tau".. Jadi klo memang punya hati yang baik.. pasti akan ada keberanian dan akan ada kekuatan untuk bisa melakukan actionnya.. 

Pengalaman ini mengajarkan TK banyak hal... Tentang "have courage and be kind"... Dengan contoh praktek yang sesungguhnya.. well.. untuk jadi orang baik gak perlu nunggu moment ada mobil kecelakaan kok.. kita bisa mulai action dari hal-hal kecil di sekeliling kita.. seperti berikan senyuman tulus atau ucapkan kata-kata yang positif dan membangun kepada orang-orang di sekeliling kita.. TK yakin kalau hal ini bisa menjadi habit (kebiasaan), kalian akan hidup bahagia... karena ini adalah kunci rahasianya (kata mamanya Cinderella) :


Where there is kindness, there is goodness.
And where there is goodness, there is happiness.
Have courage, and be kind. 

and ACTION!!!

9 comments:

  1. Duh ikut merinding baca ceritanya apalagi liat mobilnya yang udah kaya gitu. Moga banyak di dunia ini jiwa2 yang peduli kaya mba Rugun ya

    ReplyDelete
  2. merinding bacanya... angkat 4 jempol buat orang 2 seperti Rugun yang mau menolong tanpa pamrih...

    ReplyDelete
  3. lihat judulnya langsung tahu ini kalimat yang di ucapkan ibunya Ella. Rugun keren disaat orang-orang tak peduli dia mau menolong perempuan yang sedang kena musibah itu.

    ReplyDelete
  4. waw dia berani sekali ya, dia ga mikirin apa yang akan terjadi sama mobil itu kalau mendekat ,,, kereen

    ReplyDelete
  5. terharu banget bacanya, tapi juga seneng. masih banyak orang orang baik dan peduli disekitar kita :)))

    ReplyDelete
  6. ck ck ck...salut buat si rugun ini yaa teka....

    ReplyDelete
  7. Kemana perginya nurani saat ini?

    ReplyDelete

Thanks yah TKers udah mau baca tulisan TK yang gak seberapa ini.. kalau TKers suka sama tulisan TK, kiranya rela meninggalkan sedikit komen di sini.. komen kalian lah yang membuat TK semangat untuk terus ngeblog...